5 Hambatan Bisnis Makanan yang Sering Terjadi

Hambatan bisnis makanan – Makanan adalah salah satu bisnis yang menjanjikan karena menjadi kebutuhan bagi setiap manusia yang ada di muka bumi ini. Meski menjanjikan namun ada beberapa hambatan yang harus Anda hadapi ketika menekuni bisnis ini.  Indonesia memiliki banyak sekali wisata kuliner yang layak untuk dicoba, baik itu menyajikan menu lokal maupun menu internasional. Semua menu tersebut akan laris manis di pasaran. Dengan hadirnya media sosial seperti Instagram, banyak sekali bisnis kuliner yang instagramable.  Bisnis makanan tersebut akan mengalami berbagai macam hambatan, sehingga Anda harus menemukan solusi yang tepat agar bisnis makanan bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa hambatan bisnis makanan yang harus Anda waspadai beserta dengan solusinya:

Isu yang Merugikan Bisnis

bisnis makanan

bisnis makanan

Berbisnis makanan selalu ada persaingan bisnis dari pesaing Anda. Persaingan tersebut bisa yang sifatnya negatif namun ada juga yang sifatnya positif. Hambatan yang harus Anda hadapi ketika berbisnis makanan atau kuliner adalah isu negatif yang bisa menyerang bisnis kapan saja. Jika Anda berbisnis bakso, maka isu negatif yang sering terdengar adalah bakso Anda menggunakan daging oplosan dan ada boraknya, sedangkan jika Anda berjualan mie ayam maka isu negatif yang bisa menimpa bisnis adalah menggunakan mie berformalin. Jika bisnis Anda laris maka isu negatif yang bisa menimpa adalah gosipnya yang menggunakan pesugihan. Anda harus siap dalam menghadapi berbagai macam isu tersebut.

Jangan hanya siap menghadapi isu, namun Anda harus memiliki cara yang tepat untuk menghadapi berbagai macam isu tersebut. Untuk bisa menghadapi isu tentang kualitas produk makanan, Anda bisa bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat untuk mengeluarkan surat atau pengakuan jika bisnis Anda tersebut menggunakan bahan yang berkualitas dan pastinya halal.

Proses Pengiriman Luar Kota

Pengiriman makanan Luar Kota

Pengiriman makanan Luar Kota

Salah satu hambatan bisnis makanan yang sering terjadi adalah kendala ketika pengiriman ke luar kota dilakukan. Hal tersebut dikarenakan makanan memiliki masa atau jangka waktu yang lumayan singkat. Sehingga jika dikirim ke luar kota besar kemungkinan makanan tersebut akan basi terutama jika tidak diperlakukan dengan baik selama pengiriman. Untuk mengatasi hambatan ini Anda bisa menggunakan jasa pengiriman express, meskipun lebih mahal dibandingkan dengan pengiriman yang reguler namun kualitas produk sampai di tempat yang dituju akan tetap bagus.

Harga Bahan Baku Naik

Bisnis makanan membutuhkan bahan baku yang berkualitas. Ada kalanya bahan baku tersebut mengalami peningkatan harga. Sebagai contohnya adalah Anda membuka bisnis berhubungan dengan olahan daging ayam. Harga daging ayam tersebut sangat fluktuatif sehingga di saat-saat tertentu akan mengalami peningkatan. Untuk mengatasi bahan baku yang mengalami peningkatan ini Anda bisa memberikan tax and service sebesar 10% dari total harga makanan yang dibeli oleh konsumen. Jangan meningkatkan harga produk sebab akan sangat merepotkan sekali selain mengubah harga di list menu dan banner, dan konsumen akan menjadi kabur. Katakanlah tax and service tersebut diberlakukan ketika harga daging ayam mengalami peningkatan. Ketika harga bahan baku sudah normal Anda bisa menghilangkan tax and service tersebut.

Kenaikan BBM

Kenaikan BBM

Kenaikan BBM

Hambatan bisnis makanan yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah kenaikan BBM. Kenaikan BBM serta tarif listrik tersebut bisa menyebabkan biaya operasional bisnis makanan menjadi membengkak. Hal itu dikarenakan kenaikan BBM akan dirasakan di dalam berbagai aspek salah satunya dalam makanan. Bahan makanan akan banyak yang meningkat ketika kenaikan BBM ini terjadi.

Hambatan Internal

Hambatan selanjutnya berasal dari internal bisnis itu sendiri. Banyak satu per satu pelaku bisnis mulai berguguran sebab tidak ada yang bisa menghadapi kendala di dalam lini internal di dalam bisnis tersebut. Sebagai contohnya adalah unit produksi tidak bisa memenuhi permintaan pasar dikarenakan kapasitas produksi yang tidak memadai, bagian SDM yang sering bermasalah adalah turn over di bagian kepegawaian. Sedangkan di bagian finance masalah kerap terjadi di pembiayaan pembelian aset dan untuk mengembangkan bisnis, dan yang terakhir adalah pemasaran yang berhubungan dengan turunnya permintaan pasar terhadap produk atau jasa yang dihasilkan.

Hambatan bisnis makanan

Hambatan bisnis makanan

Setiap bisnis yang didirikan memiliki hambatan dan rintangannya masing-masing. Yang sudah memiliki mental seorang pebisnis pasti bisa melewati semua rintangan dan hambatan tersebut. Oleh sebab itu tekad dan niat yang kuat sangat dibutuhkan ketika berbisnis makanan ataupun bisnis yang lainnya. Melalui tekad dan niat yang kuat hambatan bisnis makanan dan hambatan pada jenis bisnis yang lainnya akan bisa dilalui dengan baik dan lancar.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

hambatan dalam usaha makanan -tantangan dan solusi makanan khas daerah -kendala wirausahawan pengolahan makana -kendala dalam usaha kuliner -Tantangan yang di hadapi dalam usaha makanan -permasalahan bisnis kuliner -kendala dalam berjualan makanan -tantangan yg dihadapi ketika menekuni sebuah bisnis makanan pengolahan -https://carainvestasibisnis com/5-hambatan-bisnis-makanan-yang-sering-terjadi/ -apa yang menjadi tantangan pelaku usaha makanan tradisional -

Tags: apa saja Hambatan bisnis makanan Hambatan bisnis makanan review Hambatan bisnis makanan

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Hambatan Bisnis Makanan yang Sering Terjadi"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan