6 Fungsi Manajemen Keuangan UMKM

Manajemen keuangan UMKM – Ketika menjalankan bisnis, uang adalah hal yang penting dalam menjalankan roda bisnis. Oleh sebab itu penting sekali bagi setiap bisnis yang dijalankan untuk mengatur keuangan dengan baik dan tepat. Jika keuangan tidak diatur dengan baik akibatnya roda operasional bisnis akan menjadi terganggu. Hal yang harus dihindari ketika berbisnis adalah jangan sampai pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan sehingga keuangan dalam perusahan menjadi minus. Manajemen keuangan yang salah dan tidak tepat sering dilakukan oleh UMKM. UMKM adalah bisnis dengan skala kecil menengah yang mana produksinya belum besar. Ketika menggeluti bisnis UMKM ini penting sekali untuk melakukan manajemen keuangan yang tepat. Simak fungsi dari manajemen keuangan UMKM yang penting untuk diketahui:

Rencana Keuangan Lebih Jelas

Rencana Keuangan

Rencana Keuangan

Fungsi manajemen keuangan UMKM yang pertama adalah membuat rencana keuangan lebih jelas. Rencana keuangan ini tidak hanya dilakukan di awal menggeluti bisnis, namun ketika bisnis berkembang pun penting sekali untuk selalu memiliki rencana keuangan yang tepat. Tanpa memiliki rencana keuangan, pengeluaran bisnis UMKM menjadi kurang efisien. Dalam mengatur rencana keuangan ini menentukan pemasukan dan juga pengeluaran yang terjadi beberapa waktu ke depan. Rencana keuangan ini bisa memberikan gambaran bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan profit atau keuntungan yang lebih banyak.

Ketahui Besarnya Utang

besarnya hutang

besarnya hutang

Manajemen keuangan UMKM memiliki fungsi untuk mengetahui besarnya utang yang dimiliki oleh bisnis UMKM. Pebisnis UMKM bisa mengetahui kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan dan berapa besar utang yang harus ditanggung oleh perusahaan. Dengan mengetahui jumlah utang ini bermanfaat untuk pengambilan keputusan dalam mengembangkan perusahaan ke depannya. Dengan mengetahui kekayaan yang dimiliki oleh UMKM Anda akan tahu untuk mengembangkan bisnis tersebut ke depannya dengan cara mencari pinjaman atau dengan mengelola dana yang sudah ada di dalam UMKM. Ketika Anda sudah bisa mengelola keuangan dengan baik, dana yang sudah dimiliki akan dimaksimalkan untuk peningkatan dalam proses produksi.

Kesalahan Penggunaan Dana Dapat Dihindari

Fungsi manajemen keuangan yang ada di UMKM berguna untuk menghindari kesalahan dalam menggunakan dana yang ada. Banyak pebisnis yang menjalankan usaha UMKM tidak melakukan pemeriksaan keuangan atau audit, hal itu dikarenakan sudah saling percaya atau berbasis kekeluargaan. Padahal audit keuangan ini sangat diperlukan terutama di dalam bisnis UMKM yang mana untuk mengetahui adakah penyelewengan dana yang di salah gunakan. Sebagai contohnya adalah mencocokkan jumlah pemasukan, pengeluaran dengan dana yang ada di dalam kas UMKM ini.

Mengetahui Biaya Operasional

biaya operasional

biaya operasional

Fungsi manajemen dari keuangan ini adalah mengetahui biaya operasional. Dengan mengetahui biaya operasional tersebut Anda bisa tahu apakah biaya operasional selama ini membengkak atau masih dalam tahap aman.  Memaksimalkan performa dari perusahaan atau bisnis bisa dengan menekan biaya operasional sebab biaya yang terus membengkak tanpa diimbangi dengan peningkatan kinerja akan membuat performa UMKM menjadi kurang maksimal.

Mengendalikan Keuangan

Fungsi dasar dari manajemen keuangan adalah mengendalikan keuangan di dalam bisnis UMKM tersebut. Usaha kecil, menengah ataupun perusahaan yang mapan jika tidak bisa mengendalikan keuangan akan berisiko untuk mengalami kebangkrutan. Oleh sebab itu dengan adanya manajemen keuangan yang bagus diharapkan keuangan bisnis UMKM menjadi lebih terkendali. Sebanyak apapun pemasukan yang didapatkan oleh perusahaan jika pengeluaran tidak bisa dikendalikan maka keuangan bisnis akan tetap menjadi terbengkalai.

pengendalian keuangan

pengendalian keuangan

Mengendalikan keuangan juga sangat penting ketika terjadi perubahan di dalam bisnis UMKM Anda. Misalnya saja adalah bahan baku yang biasanya Anda gunakan untuk memproduksi produk UMKM habis, maka Anda harus mengeluarkan uang atau dana yang lebih banyak untuk mencari bahan penggantinya karena harganya lebih mahal. Jika hal itu terjadi Anda harus bisa mengendalikan keuangan di dalam UMKM terutama ketika perubahan tersebut terjadi.

Pengawasan Biaya

Fungsi dari manajemen keuangan selanjutnya adalah mengawasi biaya yang ada. Pengawasan biaya digunakan sebagai penentu apa yang telah dicapai. Pengawasan ini disertai dengan evaluasi dan tindakan korektif agar hasil yang diinginkan sesuai dengan rencana. Pengawasan ini tidak hanya memiliki arti melihat dan mengawasi saja, namun juga melampirkan hasil dari pengawasan selama ini, memperbaiki, meluruskan ketika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Demikianlah fungsi manajemen keuangan UMKM yang perlu untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

6 fungsi manajemen -Keuangan umkm -manajemen keuangan umkm -Apakah bisnis berskala kecil perlu juga untuk mempraktekan fungsi keuangan? -fungsi manajemen keuangan usaha properti -pengendalian manajemen keuangan umkm -perlukah manajemen keuangan dalam umkm -umkm cara dan fungsi -

Tags: cara Manajemen keuangan UMKM Manajemen keuangan UMKM Manajemen keuangan UMKM 2017 Manajemen keuangan UMKM 2018 tips Manajemen keuangan UMKM

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Fungsi Manajemen Keuangan UMKM"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan