6 Tips Membuat Bisnis Unik yang Wajib Diketahui Pebisnis Pemula

Bagaimana tips membuat bisnis unik? Pertanyaan seperti ini biasanya muncul ketika seorang pebisnis mulai mendapatkan pesaing. Ia akan mulai berpikir cara agar produk bisnisnya kembali menjadi pilihan banyak orang kendati banyak pesaing di bisnis serupa. Ada beragam cara yang bisa dilakukan dan alangkah baiknya jika tips untuk membuat bisnis menjadi lebih unik ini dilakukan di awal. Berikut beberapa tips yang perlu dilakukan.

Mencari ide bisnis baru

Agar bisnis Anda minim pesaing, ada baiknya untuk mencari bisnis yang belum pernah ada. Atau bisa juga dengan mencari tipe bisnis yang jumlah pesaingnya masih minim. Salah satu contoh bisnis yang meraih untung besar dengan jumlah pesaing yang masih minim adalah bisnis tela tela. Bisnis ini bahkan sempat booming beberapa tahun terakhir dan menjadi bisnis franchise yang bisa dijumpai di hampir setiap kota. Agar nantinya bisnis Anda juga bisa meraih keuntungan yang cukup lumayan, coba pertimbangkan tips membuat bisnis unik yang satu ini.

 bisnis tela tela

bisnis tela tela

Selain bisnis tela tela, ada juga bisnis fashion yang meraih untung besar karena produknya yang unik. Anda tentunya sudah tidak asing dengan merek tas lokal Webe. Kendati buatan produsen lokal, tas fashion ini bisa diminati banyak orang. Bahkan pelanggannya juga datang dari luar negeri. Penasaran mengapa produk dalam negeri yang satu ini bisa laku keras? Daya tariknya terletak pada bahan baku tas yang berasal dari eceng gondok. Dengan bahan baku yang berasal dari alam tersebut, tas Webe jadi diminati karena dinilai lebih ramah lingkungan.

Ide bisnis baru juga bisa diperoleh dengan memperluas konsumen atau pengguna produk. Selama ini, pengguna hanya terbatas pada manusia. Bagaimana dengan hewan, khususnya binatang piaraan? Dengan memanfaatkan kecintaan pemilik terhadap binatang peliharaannya, Anda ternyata juga bisa meraup keuntungan, lho. Sebut saja beberapa produk aksesoris binatang piaraan mulai dari kalung sampai baju. Bahkan ada juga salon khusus binatang piaraan. Nah dari sini Anda bisa mencoba untuk mencari ide bisnis baru dengan memperluas jenis konsumen atau pengguna produk.

Inovasi bisnis yang sudah ada

Mencari ide bisnis baru ternyata tidak selalu mudah untuk dilakukan. Namun jangan patah semangat. Jika ide bisnis baru belum juga Anda temukan, coba pertimbangkan untuk melakukan inovasi terhadap bisnis yang sudah ada. Salah satu contoh inovasi bisnis yang berasal dari bisnis yang sudah ada sebelumnya adalah pempek kapal selam. Bisnis kuliner asli Palembang ini sudah banyak dijalankan. Nah guna meminimalisir tingkat persaingan sekaligus meningkatkan daya tarik produk, muncullah ide pempek kapal selam tersebut. Terbukti dengan sedikit inovasi terhadap bentuk dan bahan isiannya, pempek kapal selam jadi laris manis.

tips membuat bisnis unik

tips membuat bisnis unik

Contoh inovasi bisnis lainnya juga termasuk bisnis mukena Bali. Bisnis perlengkapan ibadah ini mencoba memberikan variasi pada mukena yang ada. Jika biasanya mukena berwarna putih, dengan adanya mukena Bali Anda bisa memiliki mukena berwarna warni. Bisnis ini juga selalu diminati pembeli setiap kali momen ramadhan dan lebaran tiba. Nah contoh inovasi bisnis tersebut bisa Anda tiru untuk selanjutnya diaplikasi pada bisnis Anda.

Strategi pemasaran yang berbeda

Tips membuat bisnis unik ternyata tidak hanya terbatas pada pencarian ide bisnis baru dan inovasi yang dilakukan. Anda juga bisa melakukan inovasi dari segi pemasarannya. Lakukan strategi pemasaran yang berbeda dengan tujuan meningkatkan minat calon pembeli. Salah satu contoh strategi pemasaran produk yang cukup berhasil meningkatkan penjualan produk adalah strategi pemasaran keripik Maicih.

strategi pemasaran keripik Maicih

strategi pemasaran keripik Maicih

Umumnya, keripik dijual di pasar atau di toko toko kecil. Namun tidak demikian halnya dengan keripik Maicih. Dimas Gunawan sebagai pelopor makanan pedas ini sukses membuat keripik Maicih menjadi sebuah produk premium dengan menggunakan strategi pemasaran yang berbeda. Ia memasarkan produknya tersebut melalui Twitter berupa twit yang berisi informasi mengenai agen Maicih. Agen menggunakan media mobil pribadi sebagai alat pemasaran. Cara ini terbukti efektif membuat banyak orang penasaran dan akhirnya tertarik untuk membeli produk keripik pedas yang dijual. Anda juga bisa melakukan hal yang sama untuk memasarkan produk bisnis Anda, sehingga diharapkan bisa bersaing dengan produk lainnya.

Selain keripik Maicih, coba perhatikan strategi pemasaran yang dilakukan penjual bakwan keliling. Mereka memiliki ciri khas tersendiri berkat penggunaan bebunyian yang berasal dari bambu kecil yang dipukul. Suara yang dihasilkan kemudian menjadi identik dengan penjual bakwan keliling. Dengan menggunakan bebunyian khas tersebut, pembeli jadi lebih mudah mengetahui keberadaan penjual bakwan.  Nah strategi pemasaran sederhana dari penjual bakwan ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu tips membuat bisnis unik.

Jaga kualitas

Tips membuat bisnis unik ternyata tidak hanya terbatas pada jenis produk dan bagaimana ia dipasarkan. Agar produk bisnis Anda lebih diminati, jagalah kualitasnya. Dengan kualitas yang baik, produk Anda tentu bisa menarik lebih banyak pembeli dibandingkan produk pesaing. Apalagi jika Anda berencana menjalankan bisnis kuliner. Di bisnis kuliner, ada satu hal yang seringkali jadi patokan pembeli, yaitu soal rasa. Sebagus apapun tampilan masakan yang Anda jual, jika rasanya kurang nikmat, maka makanan tersebut tidak akan diminati. Jadi jangan hanya fokus pada tampilan makanan, melainkan juga pertimbangkan soal rasa makanan tersebut.

bisnis kuliner

bisnis kuliner

Terkait rasa makanan, ada salah satu bisnis kuliner yang minim pesaing, yaitu bisnis rumah makan nasi padang. Coba perhatikan pemilik rumah makan nasi padang di kota tempat tinggal Anda. Sudah bisa dipastikan pemiliknya adalah orang Padang asli. Bisnis ini minim pesaing, karena sangat sulit untuk menyamai cita rasa khas nasi padang yang dijual. Hal ini bisa Anda terapkan pada bisnis kuliner Anda nanti, sehingga saat ada pesaing pun, pelanggan tetap akan membeli di tempat Anda berkat kekhasan rasa masakan yang dijual.

Jalin komunikasi dengan pelanggan

Komunikasi dengan pelanggan sangatlah penting dilakukan. Melalui komunikasi ini Anda bisa mengetahui kekurangan produk Anda di mata pelanggan. Cobalah untuk selalu melakukan komunikasi dengan pelanggan. Anda bisa memulainya dengan menanyakan mengenai pendapat mereka setelah membeli produk Anda. Jika perlu mintalah masukan, sehingga kefepannya Anda bisa menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Cara ini juga termasuk tips membuat bisnis unik, lho.

Pelajari produk pesaing

Anda punya pesaing bisnis? Jangan lantas menganggap persaingan yang ada sebagai ajang untuk saling menjatuhkan. Namun manfaatkan adanya pesaing untuk mempelajari kelebihan produk mereka. Coba cari tahu apa saja kelebihan produk pesaing. Dengan mengetahui kelebihannya, Anda bisa mencoba meningkatkan produk Anda berdasarkan kelebihan produk pesaing Anda tersebut.

Persaingan dalam sebuah bisnis memang akan selalu ada. Namun jangan berputus asa dengan adanya pesaing tersebut. Manfaatkan persaingan yang ada untuk bisa menghasilkan produk yang berbeda dan lebih bernilai dari pesaing Anda. Aplikasikan juga keenam tips membuat bisnis unik di atas saat memulai bisnis. Dengan begitu diharapkan bisnis Anda semakin berpeluang untuk memperoleh keuntungan sesuai dengan yang diharapkan.

 

 

 

 

 

 

Загрузка...

Tags: bagaimana membuat bisnis unik cara membuat bisnis unik modal membuat bisnis unik tips membuat bisnis unik trik membuat bisnis unik tutorial membuat bisnis unik

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Tips Membuat Bisnis Unik yang Wajib Diketahui Pebisnis Pemula"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan