3 Peluang Usaha Menyambut Ramadhan 2019 Paling Potensial

Peluang usaha menyambut ramadhan – Tidak terasa ramadhan akan datang sebentar lagi yang mana akan datang pada bulan Mei 2019. Bulan yang penuh dengan kesucian, membawa banyak barokah dan pahala tersebut amat dinanti-nantikan oleh umat muslim. Selain membahas tentang keutamaan bulan ramadhan, ada hal menarik lainnya yang menarik untuk dibahas yaitu peluang usaha potensial di bulan ramadhan. Peluang usaha tersebut akan menguntungkan karena kebiasaan masyarakat yang berubah. Jika sebelum puasa masyarakat bebas mau makan kapan pun dan dimana pun namun tidak dengan saat ramadhan ini dimana mereka hanya akan makan di dua waktu saat maghrib dan juga saat sahur saja. Oleh sebab itu peluang tersebut hampir sebagian berhubungan dengan kuliner baik itu makanan, minuman, dessert, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang ingin berbisnis, simak beberapa peluang usaha menyambut ramadhan yang bisa Anda geluti:

Es Kepal Rasa Buah

Es Kepal Rasa Buah

Peluang usaha menyambut ramadhan yang pertama adalah es kepal rasa buah. Jika dulunya es kepal lebih ke rasa susu kini bisa diganti dengan buah yang rasanya yang menyegarkan. Saat buka puasa akan banyak yang mencari minuman segar untuk berbuka puasa. Dibandingkan dengan mengonsumsi makanan, orang akan lebih suka mengonsumsi yang segar dan menyegarkan terlebih dahulu. Untuk membuka bisnis ini tidak diperlukan modal yang terlalu besar, sehingga cocok bagi Anda yang menginginkan usaha dengan modal yang kecil bisa menggeluti bisnis ini. Simak rincian modal yang harus Anda keluarkan untuk menggeluti bisnis es kepal berikut ini:

Nama Barang Jumlah Biaya
Mesin serut es 1 Rp450,000
Blender 1 Rp300,000
SKM 5 Kaleng Rp30,000
Es batu   Rp300,000
Buah-buahan   Rp500,000
Cup   Rp25,000
Aneka toping   Rp50,000
TOTAL Rp1,655,000

 

Semakin variatif buah-buahan yang akan digunakan untuk es kepal ini maka modal yang dikeluarkan semakin besar. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus menyewa tempat di stand pasar ramadhan yang bisanya didirikan secara dadakan saat bulan puasa. Pilihlah pasar ramadhan yang selalu ramai setiap harinya. Untuk besaran sewa tersebut tergantung dengan kebijakan masing-masing tempat sehingga agar modal tidak membengkak Anda bisa bertanya kepada pihak yang bersangkutan jauh-jauh hari sebelumnya. Pastikan jika sewa selama 30 hari selama bulan ramadhan bisa Anda jangkau dan sesuai dengan kondisi finansial Anda.

Salad Buah

Salad Buah

Salad Buah

Siapa yang tidak suka dengan salad buah. Buah segar dipadukan dengan saus mayonnaise dan juga susu UHT yang lumer membuat siapapun menyukainya. Ditambah lagi dengan toping keju, buah, dan cokelat membuat rasanya semakin lezat. Pada bulan ramadhan permintaan akan salad buah ini dipercaya mengalami peningkatan. Perpaduan rasa buah-buahan yang beragam terbukti mampu mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa. Salad buah tersebut juga dapat mengenyangkan namun dalam tidak berlebihan, sehingga tidak akan membuat malas untuk melakukan sholat tarawih.

Untuk bisa menggeluti bisnis ini Anda tidak memerlukan biaya atau modal yang besar. Berikut ini adalah rincian biaya yang patut untuk Anda perhatikan jika ingin membuka bisnis salad buah:

Nama Barang Jumlah Biaya
Buah-buahan   Rp100,000
Bahan saus   Rp200,000
Cup   Rp50,000
Gula pasir 1,5 kg Rp20,000
Keju   Rp50,000
Cokelat   Rp20,000
Box pendingin Styrofoam  2 Rp50,000
TOTAL Rp490,000

Untuk alat-alat dasar seperti pisau untuk memotong dan mengupas buah, Anda bisa memanfaatkan alat dapur yang ada di rumah. Begitu pula dengan pemarut keju, talenan, panci untuk membuat saus, dan lain sebagainya. Jika semuanya harus membeli modal yang harus Anda keluarkan akan semakin besar. Untuk pemula jangan mengeluarkan modal yang besar terlebih dahulu, barulah jika bisnis semakin berkembang Anda bisa membeli peralatan tambahan.

Catering Anak

Peluang usaha menyambut ramadhan yang potensial digeluti selanjutnya adalah catering anak. Mengapa catering anak ini potensial? Alasannya adalah masih banyak orang tua yang merasa kesulitan untuk mengajarkan anak berpuasa, padahal berpuasa bagi setiap muslim adalah wajib hukumnya. Modal yang Anda keluarkan pun tidak terlalu besar. Semakin kreatif Anda dalam membuat menu makan semakin laris catering Anda. Sampai saat ini pun belum banyak pesaing yang menjual dan melayani catering anak ini.

Katering anak

Tips bagi Anda yang akan menggeluti bisnis ini Anda bisa melakukan research dan menganalisa permintaan pasar, makanan apa yang disukai oleh anak, kemudian Anda bisa mengubahnya menjadi makanan yang bergizi dan dengan cita rasa yang enak. Misalnya saja Anda membuat catering nasi goreng dengan dicetak seperti bento, kemudian Anda bisa menghiasnya dengan bakso, sosis, nugget atau telur yang digemari oleh anak-anak. Anda juga harus bisa mengombinasikan nutrisi dan juga gizi dalam catering makanan tersebut sehingga anak tidak akan kekurangan nutrisi meski sedang berpuasa. Tidak hanya itu saja, bahan makanan non MSG dan juga homemade akan memiliki nilai plus. Misalnya Anda membuat sosis, nugget, dan juga bakso homemade dengan begitu akan jauh lebih sehat dan juga higienis.

Demikianlah beberapa peluang usaha menyambut ramadhan yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: daftar Peluang usaha menyambut ramadhan Peluang usaha menyambut ramadhan

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar