5 Ide untuk Memulai Usaha Souvenir Rumahan yang Kreatif dan Unik

Memulai usaha souvenir rumahan – Souvenir atau cinderamata adalah sebuah benda yang dianggap dapat menjadi simbol kenangan atau pengingat atas sebuah kejadian atau peristiwa tertentu. Mulanya, souvenir adalah sebuah kerajinan tangan yang terbuat dari benda-benda kurang bernilai yang kemudian diubah menjadi sebuah produk yang menarik. Kerajinan tangan tersebut biasanya diperjual-belikan di tempat wisata.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, souvenir tidak lagi digunakan terbatas pada cinderamata di daerah wisata, melainkan di sebuah kegiatan atau perayaan tertentu yang diproduksi secara massal. Berikut adalah beberapa ide yang dapat Anda terapkan untuk memulai usaha souvenir rumahan.

1.  Aksesoris dan Perhiasan

Souvenir atau cinderamata yang kerap kali dijadikan buah tangan seusai mengunjungi sebuah tempat wisata adalah aksesoris atau perhiasan. Aksesoris yang biasa ditemui biasanya adalah gelang, kalung, gantungan kunci, pin, kuncir rambut, jam tangan, cincin, dan lain sebagainya. Cinderamata demikian dapat dibuat dengan menggunakan berbagai bahan seperti, kain perca, kayu, rotan, karet, manik, maupun kerang yang dimodifikasi secantik dan seunik mungkin. Tidak hanya untuk wanita, aksesoris maupun perhiasan dapat digunakan untuk pria.

Cinderamata ini banyak dipilih karena selain murah, juga tidak memakan banyak tempat ketika harus membawanya kembali seusai liburan. Selain itu, aksesoris dan perhiasan juga dapat dikenakan untuk menunjang penampilan. Untuk memulai bisnis ini, Anda juga tidak perlu memerlukan modal yang banyak. Anda dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar dan menyulapnya menjadi sebuah benda yang cantik dan memiliki nilai jual.

2. Lilin Aromaterapi

Ide usaha souvenir rumahan selanjutnya yang dapat Anda pilih adalah bisnis souvenir lilin aromaterapi. Lilin aromaterapi sendiri adalah sejenis lilin khusus yang memiliki aroma menyejukkan dan menenangkan yang terbuat dari minyak esensial. Aroma dari lilin aromaterapi diklaim dapat membuat rileks badan dan pikiran orang-orang yang menghirupnya.

Biasanya, lilin aromaterapi banyak dipilih sebagai salah satu souvenir atau cinderamata dalam sebuah pesta pernikahan. Untuk membuat sebuah lilin aromaterapi, Anda dapat menggunakan bahan lilin alami seperti palm wax, beeswax, ataupun soy wax. Racikan tersebut kemudian dapat Anda tempatkan pada sebuah gelas lilin dengan desain yang menarik agar terlihat lebih cantik. Anda juga dapat menambahkan ornamen seperti bunga, dedaunan, dan lainnya untuk menambah keindahan dari lilin aromaterapi.

3.  Kaus

Kaus adalah salah satu jenis souvenir atau cinderamata yang kerap kali ditemukan di tempat-tempat wisata. Biasanya, kaus akan disablon dengan tulisan atau gambar yang menunjukkan identitas dari tempat wisata tersebut. Selain dapat mengingatkan dengan jelas tempat yang kita tuju, kaus banyak dipilih sebagai cinderamata karena dapat dikenakan dan menunjang penampilan.

Tidak hanya tempat wisata, saat ini, kaus juga banyak digunakan sebagai souvenir ketika mengadakan sebuah event atau kegiatan tertentu. Dalam momen tersebut, kaus digunakan untuk menyeragamkan penampilan, mengenalkan pelaksana kegiatan, ataupun menunjukkan jenis acara yang sedang dilakukan. Jika Anda berminat untuk membuat bisnis ini, pastikan Anda memilih jenis bahan yang nyaman untuk dikenakan, namun dengan harga yang tidak terlalu mahal.

4.            Kerajinan Tangan Tradisional

Setiap daerah biasanya memiliki ciri khusus yang sekaligus menjadi identitas tempat tersebut. Salah satunya adalah kerajinan tangan. Setiap daerah umumnya memiliki kerajinan tangan khas yang berbeda. Misalnya, Jepara dengan ukiran kayu; Sumba, Baduy, maupun Toraja dengan tenun; Batak, Medan dengan Ulos, Yogya dengan kerajinan perak, Solo dengan kendi gerabah, Bali dengan manik-manik, dan lain sebagainya.

Meskipun biasanya harganya terbilang cukup mahal, kerajinan masih banyak diminati oleh wisatawan. Kerajinan-kerajinan tersebut biasanya banyak dipilih sebagai cinderamata karena kekhasannya yang mampu mengingatkan wisatawan akan tempat tersebut. Tidak jarang, kerajinan tersebut dijadikan koleksi. Akan tetapi, untuk memulai bisnis souvenir kerajinan tangan Anda memerlukan modal berupa keahlian.

5.            Jasa Melukis

Souvenir yang dapat menjadi ide bisnis rumahan-mu selanjutnya adalah lukisan. Apabila Anda memiliki kemampuan lebih dalam melukis, Anda dapat memanfaatkan keahlian tersebut untuk memulai sebuah bisnis rumahan. Untuk membuatnya menarik, Anda dapat mengkolaborasikannya dengan banyak media misalnya, cangkir, piring, tas, dan lain sebagainya. Anda juga dapat menerima jasa custom untuk membuatnya lebih menarik.

Souvenir dengan lukisan, biasanya banyak diminati karena terkesan lebih otentik dan estetik. Biasanya, souvenir semacam ini memiliki harga yang cenderung tinggi. Bukan tanpa alasan, pasalnya untuk menciptakan sebuah lukisan yang baik, diperlukan sebuah kemampuan dan keterampilan lukisan yang baik pula. Belum lagi, untuk membuat satu lukisan biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca juga : 9 Ide Usaha Rumah Makan Anti Mainstream Wajib Dicoba

Demikianlah beberapa ide yang dapat Anda terapkan untuk memulai usaha souvenir rumahan. Pastikan produk bisnis yang Anda miliki adalah produk yang unik dan sesuai pangsa pasar. Selain itu, pemasaran serta pelayanan yang ramah dan cepat adalah salah satu sebuah kunci agar bisnis dapat berkembang dengan baik.

Загрузка...

Tags: ide Memulai usaha souvenir rumahan Memulai usaha souvenir rumahan

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar