6 Pilihan Bisnis Sampingan untuk Pekerja Kantoran

Benarkah ada bisnis sampingan untuk pekerja kantoran? Salah satu pertanyaan ini mungkin pernah terbersit dalam benak Anda. Jawabannya sebenarnya bergantung pada diri Anda sendiri, apakah Anda bisa menyediakan waktu di antara jam kerja Anda untuk melakukan pekerjaan lain atau tidak. Masalah manajemen waktu inilah yang seringkali membatasi pekerja kantoran, sehingga mereka kesulitan mencari pemasukan tambahan. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, coba pertimbangkan beberapa jenis pekerjaan sampingan berikut guna membantu menambah pemasukan Anda, namun tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Bisnis toko online

bisnis sampingan untuk pekerja kantoran

bisnis sampingan untuk pekerja kantoran

Bisnis toko online merupakan salah satu contoh bisnis sampingan untuk pekerja kantoran yang bisa Anda jalankan. Bisnis ini sangat mudah untuk dijalankan. Hanya saja, Anda perlu selektif dalam memilih produk yang hendak dijual. Produk seperti kosmetik dan fashion bisa jadi pertimbangan Anda, karena kedua produk ini biasanya laku keras.

Sementara itu untuk pemasaran produk Anda, Anda tidak harus menggunakan sebuah website toko online. Agar lebih menghemat waktu Anda, manfaatkanlah media sosial seperti instagram dan facebook untuk memasarkan produk yang Anda jual. Anda juga bisa mendaftar di situs situs jual beli seperti Tokopedia, Shopee dan Elevenia, sehingga Anda bisa menghemat biaya pembuatan website dan sewa hosting serta domain. Selain itu, ketiga situs jual beli online tersebut juga menawarkan layanan subsidi ongkir, sehingga bisa meningkatkan minat pembeli untuk berbelanja produk di toko Anda.

Bisnis jasa penerjemahan

bisnis sampingan untuk pekerja kantoran

bisnis sampingan untuk pekerja kantoran

Anda punya kemampuan bahasa asing di atas rata rata? Jika ya, manfaatkan kemampuan Anda tersebut untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Salah satunya dengan membuka jasa penerjemahan. Sebelum memulai usaha, lakukan riset terlebih dahulu mengenai rata rata tarif penerjemahan dari penyedia jasa penerjemahan lain. Ini bisa Anda jadikan patokan sehingga Anda bisa menawarkan tarif penerjemahan yang bervariasi berdasarkan tipe layanan. Misalnya untuk jasa terjemahan kilat, Anda bisa menetapkan tarif lebih mahal dari terjemahan reguler. Anda juga bisa memberikan tarif khusus untuk pelajar dan mahasiswa, sehingga jumlah pelanggan akan terus meningkat.

Bisnis jasa penulisan artikel

Bisnis sampingan untuk pekerja kantoran yang juga bisa Anda pertimbangkan adalah bisnis jasa penulisan artikel. Bisnis yang satu ini cocok dijalankan bagi Anda yang suka menulis. Sama halnya dengan jasa penerjemahan, Anda bisa menawarkan tarif jasa penulisan yang bervariasi. Ini berlaku jika Anda berencana membuka jasa penulisan sendiri. Namun agar lebih praktis, Anda bisa mencari agen penyedia jasa penulisan artikel yang kebetulan sedang membuka lowongan penulis lepas. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui hobi menulis Anda tanpa harus memikirkan masalah pembuatan website, sewa hosting dan pemasaran.

Bisnis kuliner

bisnis sampingan kuliner

bisnis sampingan kuliner

Siapa bilang bisnis kuliner tidak bisa dijalankan oleh pekerja kantoran? Beberapa pekerja kantoran justru ada yang sukses menjalankan bisnis kuliner. Hanya saja memang diperlukan manajemen waktu yang bagus serta kejelian saat menentukan makanan apa yang akan dijual. Nah jika Anda tertarik untuk mencoba peruntungan di bisnis ini, coba lakukan sedikit inovasi pada makanan yang hendak dijual. Inovasi bisa dilakukan pada penampilan makanan atau bisa dengan sedikit memoles namanya sehingga diharapkan mampu menarik minat calon pembeli.

Bisnis percetakan

bisnis sampingan untuk pekerja kantoran

bisnis sampingan untuk pekerja kantoran

Bisnis sampingan untuk pekerja kantoran selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah bisnis percetakan. Bisnis percetakan yang dimaksud disini adalah jasa edit dan cetak foto. Bisnis sangat cocok dijalankan jika Anda memiliki keahlian desain grafis yang lumayan baik. Anda bisa mulai menawarkan jasa tersebut pada teman satu kantor, tetangga dan teman dekat Anda, sehingga mereka tidak perlu lagi mencetak foto ke studio foto. Bisnis cetak foto ini biasanya bersifat musiman, sehingga Anda bisa mengkondisikan waktu kerja Anda ketika permintaan cetak foto mulai meningkat.

Bisnis jasa make up wisuda

Punya bakat merias wajah? Coba manfaatkan bakat Anda tersebut untuk menghasilkan uang tambahan. Apalagi biaya untuk merias wajah biasanya cukup lumayan. Bayangkan berapa penghasilan yang bisa Anda peroleh jika dalam sehari ada 5 orang yang memerlukan jasa riasan Anda. Sayangnya, bisnis yang satu ini tergolong bisnis musiman. Biasanya permintaan akan meningkat saat musim wisuda dan tujuh belasan. Kendati demikian, tidak ada salahnya mencoba peruntungan di bisnis ini dan menjadikannya salah satu pilihan bisnis sampingan untuk pekerja kantoran.

Kendala saat menjalankan bisnis sampingan

bisnis sampingan untuk pekerja kantoran

bisnis sampingan untuk pekerja kantoran

Menjalankan bisnis sampingan untuk pekerja kantoran memang bukanlah hal yang tidak mungkin. Hanya saja seringkali ada beberapa kendala yang membuat hasil bisnis sampingan jadi kurang maksimal. Kendala yang paling sering ditemui adalah adanya pesaing. Kendala ini bisa Anda atasi dengan memberikan sedikit inovasi pada produk yang Anda jual. Misalnya Anda tertarik menjalankan bisnis kedai nasi goreng. Lakukan sedikit inovasi dengan membuat nasi goreng yang berbeda untuk meningkatkan daya saing. Resep nasi goreng yang bisa Anda coba tawarkan adalah nasi goreng sambal ijo yang kemungkinan masih minim pesaing di tempat Anda.

Tips manajemen waktu

Selain masalah persaingan, bisnis sampingan yang dilakukan pekerja kantoran juga seringkali terkendala waktu. Anda harus bisa membagi waktu antara pekerjaan utama dengan pekerjaan sampingan Anda. Sekilas memang tidak sulit untuk melakukan manajemen waktu. Beberapa bisnis seperti jasa penulisan artikel dan penerjemahan mungkin masih bisa dilakukan di sela sela waktu Anda bekerja. Hal ini dikarenakan kedua bisnis sampingan tersebut tidak terikat tempat. Namun bagaimana halnya dengan bisnis kuliner dan bisnis lainnya yang memerlukan perhatian lebih dari Anda?

 

Cara terbaik untuk membagi waktu Anda antara pekerjaan utama dan bisnis sampingan ialah dengan merekrut karyawan. Anda bisa meminta bantuan teman atau saudara yang kebetulan belum mendapat pekerjaan untuk menjalankan bisnis Anda. Jika perlu, berikan pelatihan pada calon karyawan Anda tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mempercayakan bisnis Anda padanya selama Anda bekerja. Atau Anda bisa menerapkan sistem shift. Jadi karyawan tersebut akan mengambil alih tugas Anda hanya selama jam kerja saja. Selebihnya Anda yang akan mengambil alih.

Dengan sistem shift tersebut diharapkan bisnis sampingan Anda bisa tetap berjalan. Adanya karyawan juga nantinya akan membantu Anda tatkala ada urusan penting di kantor yang tidak bisa Anda tinggalkan. Cara ini tentunya akan lebih efektif. Bayangkan saja jika tidak ada pengganti Anda. Bisnis sampingan tentunya tidak akan bisa berjalan dengan baik.

 

Menjalankan bisnis sampingan memang bukan perkara mudah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar nantinya bisnis yang dijalankan tidak sampai mengganggu pekerjaan utama. Selain itu juga diperlukan komitmen dari Anda agar keduanya bisa sama sama menghasilkan keuntungan. Salah satunya dengan memilih jenis bisnis yang sesuai dengan bakat atau minat Anda. Selain itu, masalah manajemen waktu juga perlu dipertimbangkan. Pilihlah bisnis sampingan yang praktis. Untuk mempermudah Anda memilih bisnis yang akan dijalankan, keenam bisnis sampingan untuk pekerja kantoran tersebut bisa Anda jadikan bahan pertimbangan.

 

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bisnis sampingan sambil kerja kantoran -bisnis orang kantoran -cara bisnis sampingan -pilihan bisnis -sampingan yang cocok untuk pekerja -usaha bisnis untuk pekerja kantoran -

Tags: apa saja bisnis sampingan untuk pekerja kantoran bisnis sampingan untuk pekerja kantoran bisnis sampingan untuk pekerja kantoran modal kecil bisnis sampingan untuk pekerja kantoran terbaik bisnis sampingan untuk pekerja kantoran terbaru bisnis sampingan untuk pekerja kantoran terupdate jenis bisnis sampingan untuk pekerja kantoran macam bisnis sampingan untuk pekerja kantoran

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Pilihan Bisnis Sampingan untuk Pekerja Kantoran"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan