5 Ide Bisnis UKM Yang Potensial

Ide bisnis UKM yang potensial sangat diperlukan bagi para pengusaha yang ingin menggeluti dunia usaha baik sebagai pemula atau memiliki keterbatasan modal agar mampu bersaing di pasar ekonomi yang semakin sulit seperti sekarang ini. UKM / Usaha Kecil Menengah memiliki peranan penting dalam roda perekonomian di negera kita. Jenis usaha ini ternyata telah menyumbang pada pendapatan negara dan membuka peluang kerja bagi masyarakat Indonesia lainnya.

Banyak tantangan yang akan menghadang para pebisnis ini, salah satunya adalah bingung harus memulai usaha apa dan bagaimana cara melakukannya. Bagi Anda yang sangat serius ingin menjadi pengusaha, cobalah mulai dari yang kecil, modal kecil dan risiko kecil. Untuk memudahkan Anda, berikut ini saya pilihkan beberapa ide bisnis UKM yang potensial.

Baca juga: 3 Cara Mendapatkan Ide Bisnis Startup Yang Potensial

ide-bisnis-ukm-yang-potensial

Ide Bisnis UKM Yang Sangat Potensial Untuk Dikembangkan

1. Bisnis Kuliner

Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia oleh karena itu kebutuhan akan makanan akan selalu ada sepanjang masih ada manusia di bumi ini. Peluang usaha ini patutlah Anda pilih sebagai ide bisnis UKM yang potensial. Coba Anda lihat dan perhatikan sekitar Anda, bagaimana sebuah makanan, minuman ataupun jajanan menjadi booming dalam waktu sebentar. Asalkan Anda berani berkreasi dan didukung dengan cara pemasaran yang bagus, bisnis kuliner Anda pun akan berkembang sangat pesat.

Bila Anda tertarik dengan ide bisnis UKM ini namun memiliki modal yang minim atau tak memiliki pengetahuan yang cukup bagaimana cara memulai bisnis ini maka Anda dapat memulai usaha dengan sistem waralaba. Banyak sekali bisnis kuliner yang ada di Indonesia maupun yang berasal dari mancanegara yang kemudian di-franchise-kan.

Baca: 8 Tips Jitu Memilih Bisnis Waralaba / Franchise Yang Menguntungkan

2. Bidang Fashion

Ide bisnis UKM yang potensial berikutnya adalah bidang fashion atau pakaian. Seperti halnya bisnis kuliner, fashion pun termasuk kebutuhan primer manusia walaupun dalam perkembangannya orang lebih memilih fashion yang mengikuti tren mode untuk menunjang penampilannya. Orang pun tak sungkan merogoh koceknya hanya untuk menggunakan busana terbaru dari merek favoritnya.

Salah satu keuntungan dari ide bisnis UKM di bidang fashion adalah Anda dapat memulai usaha dengan menjadi agen reseller atau dropship sehingga tidak memerlukan modal yang terlalu besar namun keuntungannya tetap menggiurkan.

3. Bidang Otomotif

Kebutuhan akan kendaraan seperti motor dan mobil terus meningkat dari tahun ke tahun. Mereka tak hanya membeli untuk memenuhi kebutuhan transportasi namun pula untuk memenuhi gaya hidup. Anda tak perlu heran bila banyak diantara masyarakat yang hobi gonta ganti kendaraan hanya untuk gengsi semata. Oleh karena itu ide bisnis UKM di bidang otomotif sangat potensial untuk dikembangkan.

Bila membuka tempat penjualan kendaraan tak memungkinkan, maka Anda masih dapat memanfaatkan peluang ini dengan menyediakan aneka spare part atau jasa modifikasi kendaraan.

4. Bidang Pendidikan

Setiap orang tua selalu berusaha untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya agar mampu bersaing dalam meraih kesuksesan dan kemakmuran pada saat dewasa kelak. Maka tak heran bila para orang tua pun berlomba-lomba untuk memasukkan anaknya di lembaga-lembaga pendidikan seperti Bahasa Inggris, les piano, dsb. Pendidikan pun merupakan modal utama untuk menyiapkan generasi gemilang untuk membawa kemajuan pada bangsa ini. Oleh karena itu ide bisnis UKM di bidang pendidikan masih sangat potensial.

Anda tertarik dengan ide bisnis UKM di bidang pendidikan ini? Banyak kok lembaga-lembaga pendidikan yang membuka kerja sama dalam bentuk waralaba.

5. Bidang Agrobisnis

Indonesia adalah negeri yang subur sehingga potensi agrobisnis masih sangat menguntungkan. Namun sayangnya sekarang ini jarang sekali orang yang tertarik untuk bertani ataupun beternak dengan berbagai alasan misalnya kurang menarik dsb. Padahal banyak loh para pebisnis sukses yang bergerak di bidang ini.

Ide bisnis UKM di bidang agrobisnis akan terus berkembang apalagi ditunjang dengan fakta semakin hari semakin sedikit saja lahan pertanian padahal kebutuhan akan pangan akan terus meningkat seiring dengan pertambahan penduduk.

Ide bisnis UKM dari bidang agrobisnis sekarang ini misalnya adalah sistem bagi hasil untuk perkayuan, atau penyediaan bahan pangan organic yang semakin diminati.

Itulah 5 ide bisnis UKM yang potensial yang dapat Anda kembangkan. Sebetulnya masih banyak peluang usaha lainnya, silahkan Anda baca di ukmdepok.co.id untuk mendapatkan inspirasi mengenai UKM-UKM yang ada di Depok khususnya dan Indonesia pada umumnya. Untuk menunjang bisnis Anda, buatlah sistem pemasaran yang menggunakan bantuan media internet. Semoga bermanfaat …

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bisnis ukm -apa saya bisnis ukm -cara membuat ukm spare part kendaraan -dana investasi ukm -ide bisnis ukm untuk pemula -infes umkm -investasi bisnis ukm -UMKM dan tanam saham -umkm ide -

Tags: Cara Bisnis Ide Bisnis Online Ide Bisnis Startup Startup Bisnis

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "5 Ide Bisnis UKM Yang Potensial"

5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

Tinggalkan Balasan