Ini Dia Plus Minus Bisnis MLM yang Wajib Anda Tahu

Anda sedang berencana menjalankan bisnis MLM? Jika ya, ada baiknya Anda mengenali terlebih dulu plus minus bisnis MLM sebelum bergabung dengan salah satunya. Hal ini sangat penting mengingat tidak semua orang bisa sukses menjalankan bisnis ini. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan seseorang dalam menjalankan bisnis MLM. Sebelum membahas lebih lanjut, Anda bisa menyimak ulasan kami berikut terkait bisnis MLM.

Mengenal bisnis MLM

Bisnis MLM bukanlah bisnis baru. Sebelum pengguna internet menjamur, bisnis multi level marketing ini sebenarnya sudah ada. Ia menggunakan media semacam seminar untuk menggaet anggota baru. Memang banyak anggota yang sukses menjalankan bisnis MLM tersebut. Namun tidak sedikit pula yang gagal. Kendati demikian, masih ada saja yang tergiur untuk mencoba menjalankan bisnis tersebut. Apalagi dengan semakin banyaknya bisnis MLM yang bermunculan.

bisnis MLM

bisnis MLM

Bisnis MLM sendiri merupakan bisnis berbasis jaringan. Cara kerjanya yaitu dengan mewajibkan para membernya untuk merekrut member baru. Selain merekrut member baru, para member juga diwajibkan membeli produk. Biasanya pembelian produk akan diakumulasi dalam bentuk poin. Semakin banyak poin yang terkumpul, maka akan semakin cepat pula para member untuk mencapai level berikutnya. Ini menjadi salah satu plus minus bisnis MLM yang perlu Anda ketahui.

Dalam bisnis MLM dikenal adanya tingkatan atau level bisnis. Masing masing level biasanya tersedia reward. Untuk mencapai masing masing level, para member diwajibkan untuk tutup poin dengan cara meningkatkan pembelian produk. Ini menjadi salah satu ciri khas sekaligus plus minus bisnis MLM. Jika pembelian produk tidak dilakukan, member akan tetap berada di level yang sama. Berikut untuk lebih jelasnya mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis MLM.

Kekurangan bisnis MLM

bisnis-mlm-plus-minus

bisnis-mlm-plus-minus

Bagi member yang aktif dengan jumlah jaringan yang besar, maka bisnis MLM bisa jadi ladang emas baginya. Ia akan lebih naik level dan mendapatkan beragam keuntungan selain keuntungan dari penjualan produk. Namun untuk mencapai kedua hal tersebut tidaklah mudah. Diperlukan perjuangan panjang sebelum akhirnya bisa mencapai level yang diinginkan. Jadi hanya pekerja keras yang bisa merasakan kenikmatan dari bisnis MLM. Namun terkadang kerja keras saja tidak cukup. Diperlukan faktor keberuntungan juga untuk bisa sukses di bisnis MLM. Kenyataan inilah yang seringkali disebut sebagai plus minus bisnis MLM. Berikut kekurangan lainnya dari bisnis MLM.

– Produknya mahal

Salah satu kekurangan bisnis MLM ialah harga produknya yang relatif tinggi. Hal ini membuat produk MLM jadi tidak terjangkau untuk semua kalangan. Dengan harga yang cukup tinggi, bukanlah hal yang mudah untuk bisa menjual produk MLM pada calon pembeli.

– Bonus hanya untuk upline

Salah satu plus minus bisnis MLM yang seringkali sangat disayangkan ialah mengenai penerima bonus. Bonus hanya bisa diraih oleh mereka yang bergabung terlebih dulu. Jadi jika Anda tertarik menjalankan bisnis MLM, pertimbangkan bisnis MLM yang jumlah membernya belum terlalu banyak. Ini dilakukan agar semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapat member baru.

– Bisnis tidak bertahan lama

Bisnis MLM memang seringkali memberikan bonus yang menggiurkan mulai dari sejumlah uang sampai bonus jalan jalan keluar negeri. Bonus inilah yang seringkali membuat banyak orang tertarik untuk terjun ke bisnis MLM. Apakah Anda juga termasuk salah satunya? Jika ya, ada baiknya jika Anda melakukan pertimbangan mengenai berapa lama kira kira bisnis MLM yang sedang Anda jalankan mampu bertahan. Hal ini sangat penting mengingat bisnis MLM biasanya tidak bertahan lama.

– Proses pendaftaran seringkali memaksa

Pernah merasa terpaksa saat bergabung di bisnis MLM? Hal ini seringkali terjadi dan merupakan salah satu plus minus bisnis MLM yang juga perlu Anda pertimbangkan. Para pebisnis MLM biasanya akan melakukan prospek kepada calon member sampai beberapa kali. Dari beberapa kali prospek tersebut, tentunya ada beberapa member baru yang akhirnya bergabung karena merasa ‘dipaksa’ oleh upline. Nah jika awal bergabung saja sudah merasa terpaksa, bagaimana member bisa enjoy menjalankan bisnisnya.

Kelebihan bisnis MLM

Bisnis MLM memang tak sepenuhnya sempurna. Namun bukan berarti Anda tidak diperkenankan untuk mencoba peruntungan di bisnis ini. Jika Anda tipe orang yang suka bekerja keras, bisa jadi bisnis berbasis jaringan ini cocok untuk Anda. Apalagi ada beberapa kelebihan bisnis MLM yang bisa Anda pertimbangkan. Jika dibandingkan harus memulai bisnis lain dari nol, Anda bisa mencoba bisnis MLM yang segala sesuatunya sudah tersedia. Berikut beberapa kelebihan bisnis MLM yang perlu Anda ketahui.

– Produknya unik

Salah satu kelebihan bisnis MLM adalah produknya yang unik. Biasanya produk yang ditawarkan berupa produk kecantikan dan kesehatan herbal. Saat ini bahkan produk yang dijual semakin bervariasi, seperti misalnya barang elektronik dan perlengkapan rumah tangga.

– Registrasinya mudah

Untuk mulai menjalankan bisnis MLM bukanlah suatu hal yang sulit. Hal ini berkat kemudahan proses registrasinya. Calon member bisa langsung terdaftar menjadi member hanya dengan berbekal kartu identitas dan sejumlah biaya pendaftaran. Cukup simple, bukan jika dibandingkan dengan bisnis konvensional yang segala sesuatunya harus Anda persiapkan sendiri?

– Ada pelatihan gratis

Jangan takut untuk menjalankan bisnis MLM, karena nantinya Anda akan dibimbing sampai bisa. Bimbingan biasanya diberikan dalam bentuk pelatihan. Pembicaranya sendiri adalah upline Anda atau member lain yang sudah sukses. Mereka umumnya agar berbagi pengalaman mereka selama menjalankan bisnis MLM. Tips dan trik melakukan prospek member baru juga biasanya mereka bagikan dalam sesi pelatihan ini, termasuk bagaimana cara memasarkan produk.

– Mudah dijalankan

Jika dibandingkan dengan bisnis konvensional, bisnis MLM lebih mudah dijalankan. Anda hanya perlu memasarkan produk dan merekrut anggota baru. Berbeda halnya dengan bisnis konvensional yang lebih rumit. Misalnya Anda berencana membuka usaha nasi goreng. Nah untuk memulainya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan mulai dari perlengkapan, resep nasi goreng yang enak sampai lokasi yang strategis. Di bisnis MLM, Anda tidak perlu melakukan persiapan tersebut karena produk sudah tersedia.

– Bersifat umum

Bisnis MLM lebih bersifat terbuka registrasinya. Pendaftaran terbuka untuk siapa saja, asalkan mau bekerja keras dan terus belajar. Berbeda halnya dengan bisnis konvensional dimana hanya orang orang bermodal saja yang bisa memulainya. Karenanya bisnis MLM ini bisa jadi pertimbangan Anda untuk memulai bisnis dengan modal kecil. Apalagi biaya yang dibayarkan juga hanya sekali dan berlaku seumur hidup. Bahkan ada juga bisnis MLM yang bisa diwariskan.

Bisnis MLM memang sangat menggiurkan. Namun sebelum memutuskan untuk terjun di bisnis ini, alangkah baiknya jika Anda mempertimbangkan plus minus bisnis MLM yang sudah dijabarkan diatas. Dengan begitu, Anda diharapkan Anda tidak salah dalam memilih jenis bisnis yang akan dijalankan dan ditekuni.

 

 

 

 

 

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

kelemahan bisnis mlm -kekurangan mlm -kekurangan bisnis MLm -kelebihan dan kekurangan mlm -plus minus bisnis mlm -kerugian mlm -kerugian bisnis mlm -kelebihan dan kekurangan bisnis mlm -kelebihan bisnis mlm -plus minus mlm -

Tags: apa saja plus minus bisnis MLM plus minus bisnis MLM plus minus bisnis MLM melia plus minus bisnis MLM modal kecil plus minus bisnis MLM tanpa modal plus minus bisnis MLM yang harus kamu tahu

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Ini Dia Plus Minus Bisnis MLM yang Wajib Anda Tahu"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan