7 Cara Memulai Bisnis Rumah Makan Padang Agar Ramai

Ads

Bisnis rumah makan Padang – Jika dilihat restoran Minang atau rumah makan Padang selalu ramai pengunjung. Rumah makan ini sudah ada sejak beberapa puluh tahun yang lalu namun sampai saat ini masih eksis bahkan semakin banyak yang menggeluti bisnis ini. Rasa dari masakan padang ini sangat khas sehingga membuat konsumen ketagihan. Melihat peluang ini, rumah makan Padang akan begitu potensial jika digeluti. Bagi yang ingin memulai bisnis rumah makan Padang simak triknya agar ramai oleh pengunjung berikut ini:

 Rumah Makan Padang

Rumah Makan Padang

Menganalisa Pesaing

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menganalisa pesaing. Fungsinya adalah untuk memperkecil persaingan. Maksudnya adalah jika di sepanjang jalan tersebut sudah ada banyak rumah makan Padang bisa dengan mencari lokasi lain yang strategis namun persaingannya kecil. Untuk bisa menganalisa pesaing ini bisa dilakukan dengan melakukan survei di lokasi yang ingin dijadikan sebagai lahan bisnis. Jika di lokasi tersebut hanya ada satu atau dua pesaing atau tidak ada sama sekali maka bisa mendirikan bisnis di sana.

Menu Masakan Padang Paling Favorit

Jika ingin memulai bisnis rumah makan padang, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengevaluasi menu apa saja yang menjadi favorit di rumah makan Padang. Rumah makan Padang ini menu dasarnya adalah nasi, sayur nangka, rebusan daun singkong, sambal. Selain itu ada berbagai macam aneka lauk-pauk, dan yang khas adalah rendang. Semakin lengkap lauk yang disediakan maka akan semakin bagus untuk bisnis tersebut. Untuk bisa mengetahui menu makanan apa yang paking disukai oleh konsumen bisa dengan survei langsung ke rumah makan padang yang sudah ternama atau bisa juga dengan memberikan kuesioner kepada masyarakat yang suka makan ke rumah makan padang. Kuesioner tersebut meliputi menu apa yang mereka sukai dan harapan apa yang mereka inginkan dari sebuah rumah makan padang.

Peralatan

Memulai bisnis rumah makan padang bisa dengan cara menyiapkan berbagai macam peralatan yang diperlukan. Untuk menyiapkan berbagai macam peralatan ini dibutuhkan analisis biaya yang tepat. Berikut ini adalah rincian modal yang harus dikeluarkan untuk membeli peralatan:

  1. Etalase sebanyak 1 buah dengan harga Rp5.000.000
  2. Meja dan kursi Rp8.000.000
  3. Peralatan untuk memasak sebesar Rp5.000.000
  4. Peralatan khusus makanan Rp3.000.000
  5. Perlengkapan lainnya seperti tempat sampah, sendok, tempat tisu, kipas angin Rp2.000.000
  6. Papan nama Rp1.000.000

Dari rincian biaya di atas biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli peralatan rumah makan Padang sebesar Rp24.000.000. Itu baru untuk modal awal saja. Sedangkan masih ada biaya lainnya yang harus ditanggung misalnya gaji untuk karyawan, biaya untuk operasional setiap bulannya dan lain-lain.

Perizinan

Setelah menemukan lokasi yang tepat untuk mendirikan bisnis tersebut, harus mengurus perizinan. Perizinan ini akan membuat bisnis menjadi legal dan menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan. Untuk mengurus perizinan ini pun harus mengeluarkan biaya minimal yang harus disiapkan mulai dari Rp1.000.000 dan bisa lebih.

Promosi

Bisnis yang berkembang adalah yang dikenalkan kepada masyarakat. Cara untuk mengenalkannya adalah dengan promosi dan melakukan grand opening. Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk promosi mulai dari memasang baliho, spanduk, brosur atau melalui sosial media. Promosi melalui sosial media bisa menggunakan Facebook atau Instagram. Beberapa menu yang ada di rumah makan Padang yang didirikan bisa di upload ke Instagram atau Facebook agar banyak yang tertarik dan penasaran dengan cita rasa menu tersebut.

Harga yang Kompetitif

Hal yang membuat banyak masyarakat suka makan di rumah makan Padang dikarenakan harganya yang murah. Oleh sebab itu jika ingin membuka bisnis ini bisa dengan cara memberikan harga yang bersaing. Harga di rumah makan padang kebanyakan di mulai dari Rp5.000 sampai dengan Rp10.000, sehingga jika memasang harga terlalu mahal akan membuat konsumen tidak mau membeli lagi.

Sistem Penggajian

Jika bisnis rumah makan Minang tersebut sudah berkembang dengan pesat, dibutuhkan pengetahuan yang tepat untuk sistem penggajian di rumah makan Padang tersebut. Jangan hanya faktor eksternal saja yang harus diperhatikan namun dari segi internalnya juga. Sistem penggajian di rumah makan Padang adalah main mato yang mana diyakini bisa membuat pengembangan usaha menjadi maksimal. Mato adalah laba yang bisa diterima di luar gaji pokok sehingga jika banyak laba didapat maka matonya semakin banyak.

iklan

Demikianlah beberapa cara atau trik memulai bisnis rumah makan padang yang penting diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

usaha nasi padang -usaha madakan padang susahkah? -usaha rm padang -usaha rumah makan padang -cara mengelola usaha warung nasi padang -yang diinginkan konsumen dari rumah makan padang -cara membuat pajangan nasi padang -Cara buka warung nasi -brapa dana mengmbil mbil travel supaya rmh mkn kmi ramai -bisnis rumah makan -

Tags: Bisnis rumah makan Padang Bisnis rumah makan Padang 2018 Bisnis rumah makan Padang murah Bisnis rumah makan Padang sederhana rincian Bisnis rumah makan Padang

Posting Terkait "7 Cara Memulai Bisnis Rumah Makan Padang Agar Ramai"

5 Tips Berbisnis Orang Cina Paling Sukses yang Perlu Anda Contoh
Tips berbisnis orang cina paling sukses –
3 Penyebab Usaha Bangkrut dan Cara Mengatasinya Ini Perlu Dipertimbangkan
Penyebab usaha bangkrut dan cara mengatasinya –
4 Contoh Ide Usaha Pinggir Jalan Paling Laris Manis
Ide usaha pinggir jalan paling laris –
4 Jenis Usaha yang Cocok Untuk Lulusan SMP
Usaha yang cocok untuk lulusan SMP –

Tinggalkan pesan "7 Cara Memulai Bisnis Rumah Makan Padang Agar Ramai"