Berpeluang Tinggi! Ini Dia 5 Ide Bisnis Ban Bekas Mobil

Bisnis ban bekas mobil – Bisnis adalah sebuah kegiatan menghasilkan dan menjual abarang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Dewasa ini, bisnis banyak dipilih oleh masyarakat sebagai salah satu cara untuk mendapatkan pundi-pundi pendapatan. Memulai bisnis dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar Anda. Selain mudah didapat, pemanfaatan barang bekas dapat mengurangi biaya modal yang Anda butuhkan sekaligus mengurangi jumlah limbah yang ada dilingkungan.

Salah satu barang bekas yang dapat Anda manfaatkan adalah ban bekas mobil. Selain banyak ditemukan, ban bekas mobil sering dianggap sebagai limbah yang sulit untuk diproses. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan ban bekas mobil menjadi sebuah bisnis yang baru. Berikut adalah referensi berbagai bisnis ban bekas mobil dengan keuntungan fantastis yang dapat Anda coba.

1.  Bisnis Serbuk Karet

Serbuk karet adalah salah satu bisnis yang dapat Anda kembangkan dengan memanfaatkan ban bekas mobil. Bisnis serbuk karet sebenarnya sudah mulai banyak digeluti. Akan tetapi, kebutuhan industri akan serbuk karet yang cukup besar membuat bisnis ini menjadi cukup menjanjikan. Serbuk karet sendiri banyak dibutuhkan oleh beberapa industri untuk membuat beragam produk seperti, bola, sarung tangan, lapangan futsal, karpet, sepatu, dan lain sebagainya.

Meskipun masuk dalam kategori serbuk karet kualitas dua, serbuk karet dari ban bekas nyatanya lebih banyak dipilih oleh industri. Hal tersebut dikarenakan harga serbuk karet dari ban bekas mobil yang cenderung lebih murah. Serbuk karet original sendiri yang memiliki rentang harga antara 7 ribu rupiah hingga 40 ribu rupiah per kilo. Harga tersebut terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan harga serbuk karet dari ban bekas yang hanya memiliki kisaran antara 3 ribu hingga 5 ribu rupiah per kilonya. Jadi, tidak heran jika bisnis ini memiliki peluang yang begitu besar. Belum lagi, kesediaan limbah ban bekas mobil saat ini juga cenderung lebih mudah untuk didapatkan.

2.  Bisnis Perabotan Sehari-Hari

Selain serbuk karet, ban bekas mobil juga dapat disulap menjadi kerajinan tangan seperti perabotan sehari-hari. Macam perabotan yang dapat Anda buat dengan menggunakan ban bekas mobil misalnya, kursi, tempat sampah, meja, dan lain sebagainya. Bisnis jenis ini tentunya menuntut Anda untuk dapat berpikir kreatif dalam menciptakan perabotan baru yang unik dan nyentrik dengan menggunakan ban bekas mobil. Meskipun proses pembuatannya terbilang cukup rumit, hasil kerajinan tangan dari ban bekas mobil ini juga memiliki harga yang cukup fantastis.

3. Bisnis Sofa

Bisnis selanjutnya yang dapat Anda kembangkan dengan memanfaatkan ban bekas mobil adalah bisnis sofa. Sofa adalah salah satu perabot rumah tangga yang hampir selalu ada di setiap rumah. Perabot yang biasanya terbuat dari busa dan kayu ini umumnya diletakkan di ruang tamu dan digunakan sebagai tempat untuk duduk. Selain kayu dan busa, ternyata Anda juga dapat membuat sofa dari ban bekas mobil. Pembuatan sofa dari ban bekas mobil dapat Anda lakukan dengan memadukannya bersama kulit jok sisa order. Kedua bahan tersebut nantinya dapat Anda modifikasi sedemikian rupa agar menjadi sebuah sofa yang cantik.

4. Bisnis Aksesoris Tampilan

Bisnis lainnya yang dapat Anda mulai dengan menggunakan ban bekas mobil adalah aksesoris. Ya, salah satu item yang kerap kali digunakan untuk menunjang penampilan tersebut dapat Anda buat dengan menggunakan ban bekas mobil. Salah satu pebisnis yang telah menerapkan ide ini adalah Sindu dari Salatiga.

Baca juga : Intip 7 Peluang Usaha Modal 1 Juta Rupiah Untung Banyak

Sindu memanfaatkan ban bekas mobil untuk membuat aksesoris semacam kunci, dompet, kalung, gelang, tas dan lain sebagainya. Aksesoris tersebut dijual oleh Sindu dengan harga yang beragam mulai dari 20 ribu rupiah hingga 450 ribu rupiah, bergantung dengan jenis produknya. Aksesoris dari ban bekas mobil hasil produksi Sindu saat ini bahkan sudah dijual hingga ke luar negeri. Bahkan, Sindu sudah dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi orang-orang di sekitarnya.

5.  Bisnis Batu Bata

Adrian Fuller, pemilik usaha Pusat Daur Ulang Logam Adrian di Molendinar. Gold Coast, Queensland adalah salah satu pengusaha yang memulai bisnis daur ulang ban bekas menjadi batu bata. Dilansir dari detik.com, Adrian mengatakan bahwa ia adalah orang pertama di Australia yang mengubah ban bekas mobil menjadi batu-bata. Sebelum diproses menjadi batu-bata, ban mobil bekas terlebih dahulu harus diproses menjadi potongan-potongan kecil. Potongan tersebutlah yang nantinya akan diproses menjadi ban bekas.

Menurut Adrian, ban bekas mobil dapat menghasilkan batu-bata yang tahan api, panel pagar, balok jalan, serta peredam suara. Bahkan, Adrian mengatakan bahwa batu bata miliknya telah mendapatkan hak paten dari perusahaan Kanada Eco-Flex.

Itulah beberapa peluang bisnis ban bekas mobil yang bisa Anda coba untuk mendapatkan keuntungan atau pundi-pundi pendapatan baru.

Загрузка...

Tags: Bisnis ban bekas mobil memulai Bisnis ban bekas mobil

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar