Ketahui Bagaimana Usaha Bill Gates untuk Sukses

Bagaimana usaha Bill Gates untuk sukses? – William Henry Gates III atau yang akrab dipanggil dengan Bill Gates adalah salah satu nama yang sering disebut dalam daftar ‘orang terkaya di dunia’. Kisahnya sebagai seorang pebisnis yang sukses meskipun sempat memutuskan DO (drop out) dari universitas telah banyak didengar oleh orang-orang. Tak ayal, kisah Bill Gates tersebut banyak menginspirasi orang-orang untuk sukses dalam berbisnis maupun kehidupan.

Kisah Sukses Bill Gates

Bill Gates adalah seorang pebisnis, investor, filantropis, sekaligus penulis yang berasal dari Amerika Serikat. Ia lahir pada 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington. Namanya mulai dikenal seiring dengan berkembangnya perusahaan teknologi yang ia dirikan yaitu, Microsoft.

Perkenalan Bill Gates pada dunia teknologi, khususnya komputer dimulai ketika ibunya, Mary Maxwell, memasukkan Bill Gates di sebuah sekolah bergengsi bernama Lakeside School. Di sekolah tersebut, Bill Gates mulai belajar mengenai teknologi komputer, tepatnya dalam bentuk mesin teletype yang kemudian ia hubungkan ke sebuah komputer pembagian waktu. Ia menghabiskan banyak waktu untuk belajar bahasa pemrogaman komputer, melakukan permainan, dan segala hal yang berkaitan dengan komputer.

Hingga pada akhirnya, Bill Gates lulus dari Lakeside School dengan nilai yang sangat tinggi yaitu, 1590 dari 1600. Dengan nilai tersebut, Bill Gates kemudian masuk ke Harvard University. Namun, Bill Gates tidak pernah memiliki rencana untuk belajar tetap di Harvard. Ia lebih memilih menyibukkan diri dengan menggunakan komputer sekolah dan kemudian mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer sendiri. Bersama dengan Paul Allen, Gates membuat sebuah perusahaan kemitraan bernama Microsoft. Perusahaan inilah yang kemudian membawa Bill Gates untuk dikenal oleh masyarakat dunia.

Mengapa Bill Gates Bisa Kaya?

Keberhasilan yang diraih oleh Bill Gates tentunya bukan tanpa alasan. Bill Gates mencurahkan banyak waktu untuk menekuni bidang yang ia geluti. Apa saja kunci keberhasilan dari sosok Bill Gates? Berikut adalah jawaban ‘bagaimana usaha Bill Gates bisa sukses’.

1.            Kerja Keras

Ketika menemukan ketertarikannya pada dunia komputer, Bill Gates mulai bekerja keras untuk mempelajari bidang tersebut dengan tekun. Mulai dari bahasa pemrograman, melakukan permainan, dan lain sebagainya. Bill Gates sendiri pernah mengungkapkan bahwa ketika mulai merintis Microsoft, Ia menghabiskan waktunya untuk bekerja keras dan hanya sedikit tidur. Bahkan, sekretarisnya pernah mengira bahwa Ia jatuh pingsan setelah sepanjang malam bekerja.

Kesuksesan tidak datang dengan sendirinya. Jika Anda ingin hidup dengan kesuksesan, Anda harus bekerja keras untuk meraihnya. Bukan hanya berdiam diri di depan TV dan berharap kesuksesan akan datang sendiri. Setidaknya hal tersebutlah yang dikatakan oleh Bill Gates pada sebuah kesempatan. Bill Gates mengungkapkan, Apa yang terlihat di televisi bukanlah kehidupan yang sesungguhnya. Di kehidupan yang sesungguhnya, orang-orang harus meninggalkan kedai kopi dan pergi bekerja’.

2.            Tidak Menunda Pekerjaan

Bill Gates sangat memegang prinsip kecepatan. Baginya, siapa yang paling cepat, maka ia akan menjadi yang terdepan. Oleh sebab itu, Bill Gates tidak ingin menunda-nunda waktunya untuk melakukan sesuatu atau pekerjaan yang ia inginkan. Semakin sering Anda menunda, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk tertinggal atau kehilangan kesempatan yang mungkin Anda dapatkan. Selain itu, menunda pekerjaan hanya akan membuat beban pekerjaan Anda semakin besar. Fokus Anda terhadap pekerjaan akan banyak terbagi, sehingga pekerjaan akan terasa jauh lebih berat dibandingkan dengan sebelumnya.

3.            Bangun Koneksi

Manusia adalah makhluk sosial. Ia tidak dapat hidup tanpa bantuan manusia lainnya. Oleh sebab itu, menjalin relasi atau koneksi dengan orang-orang di sekitar Anda adalah hal yang penting. Belajarlah dari kegagalan serta keberhasilan yang dicapai oleh orang lain. Kemudian, buatlah rumusan kunci keberhasilan Anda sendiri. Semakin luas relasi Anda, semakin banyak Anda belajar. Semakin banyak Anda belajar, semakin besar peluang kesuksesan bagi Anda.

4.            Inovatif

Inovasi yang dilakukan Bill Gates datang dari pemikiran jangka panjang yang ia miliki. Ketika Bill Gates memutuskan untuk keluar dari kampusnya, Ia melihat bahwa ada pekerjaan yang lebih penting yang harus Ia lakukan. Bill Gates memiliki pemikiran jangka panjang. Saat itu, ketika komputer belum ada, Ia telah melihat peluang besar pada bisnis tersebut. Ia menyadari bahwa manusia memiliki kebutuhan akan komputer. Kemudian, Bill Gates memutuskan untuk membangun bisnisnya secepat mungkin tanpa menunda lagi. Kemampuan Bill Gates dalam melihat peluang serta berinovasi tersebutlah yang membawa Bill Gates menuju kesuksesan.

Baca juga : 8 Tips Sukses Berbisnis Bill Gates yang Menjadikannya Kaya Raya

5.            Siapkan Waktu untuk Istirahat

Bekerja keras adalah sesuatu yang baik. Akan tetapi, bekerja keras tanpa memperhatikan kesehatan tubuh adalah hal yang buruk. Anda perlu memberikan waktu pada tubuh Anda untuk beristirahat. Di saat senggang, Bill Gates menyarankan untuk beristirahat dengan melakukan permainan. Lakukan permainan-permainan baru yang belum Anda kuasai. Hal tersebut dapat melatih otak Anda untuk dapat beradaptasi dengan kasus baru serta melatih kemampuan Anda dalam menyelesaikan masalah.

Demikianlah jawaban atas pertanyaan ‘bagaimana Usaha Bill Gates bisa sukses’. Dalam memulai sebuah bisnis, kesuksesan memanglah tidak dapat diraih dengan mudah. Akan tetapi, jika Anda secara tekun tetap terus melakukan inovasi dan evaluasi terhadap bisnis yang Anda kembangkan, bukan tidak mungkin kesuksesan akan berjalan di belakang menyusul Anda.

Загрузка...

Tags: Bagaimana usaha Bill Gates untuk sukses kisah sukses Bill Gates

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar