Mengenal Cryptocurrency, Investasi Jangka Panjang yang Sedang Hype

Cryptocurrency atau mata uang kripto semakin popular dalam beberapa tahun terakhir. Mata uang virtual ini mengalami kenaikan signifikan sehingga dianggap sebagai investasi yang menjanjikan. Banyak cerita yang menggambarkan kesuksesan seseorang setelah ia bermain di instrumen Cryptocurrency. Hasilnya, Cryptocurrency pun semakin diminati dengan jumlahnya yang terus naik setiap hari. Apalagi, banyaknya platform yang memfasilitasi peminat crypto menambah kemudahan untuk invest di Cryptocurrency.

Sekilas Tentang Cryptocurrency

Investasi memiliki instrumen yang berbeda-beda. Masing-masing orang bebas memilih jenis investasi yang disukai atau cocok dengan finansial mereka. Namun, dalam berinvestasi semua orang ingin mendapatkan return yang paling tinggi. Nah, hal inilah yang ditawarkan oleh Cryptocurrency. Meskipun hanya berbentuk digitak, Cryptocurrency sukses melahirkan banyak miliarder dari berbagai belahan dunia.

Mengenal Cryptocurrency

Mata uang kripto berfungsi untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, jual beli di platform online, transaksi perusahaan dan kebutuhan-kebutuhan lain. Cryptocurrency merupakan jenis pembayaran yang sah dan diakui di hampir semua negara. Karena penggunanya meningkat, otomatis popularitasnya pun semakin menanjak. Sehingga, harganya terus meroket yang diikuti oleh munculnya jenis Cryptocurrency sebagai alternatif.

Jenis Cryptocurrency yang paling populer adalah bitcoin. Bitcoin ditemukan oleh jenius asal Jepang, Satoshi Nakamoto di tahun 2009. Saat itu, bitcoin mungkin tidak sepopuler hari ini. Nilainya yang rendah membuat jarang orang meliriknya sebagai media investasi. Namun, hal sebaliknya justru terjadi hari ini. Cryptocurrency mengalami kenaikan fantastis dengan nilai tukar yang sangat tinggi.

Anda tentu pernah mendengar seseorang yang menukarkan 3 ribuan bitcoin dengan voucher game online. Beberapa tahun lalu, jumlah bitcoin tersebut mungkin nilainya masih sangat rendah. Namun perlu diketahui bahwa 3 ribu bitcoin saat ini setara dengan 675 juta rupiah. Artinya, orang tersebut sudah rugi ratusan juta karena menukarkan bitcoin di waktu yang salah.

Mengapa Harus Cryptocurrency?

Popularitas Cryptocurrency didapat bukan tanpa alasan. Jenis mata uang ini menawarkan banyak keuntungan sehingga dipilih oleh para investor. Nantinya, keuntungan inilah yang bakal menjadi alasan untuk Anda mencoba Cryptocurrency.

·         Jenis Pembayaran yang Sah

Secara teknis, mata uang kripto tidak memiliki bentuk fisik sama sekali. Namun demikian, kripto tetap sah dipakai untuk transaksi dengan kepastian hukum yang sudah pasti. Pemilik kripto bisa menggunakan asetnya untuk berbagai kebutuhan yang beragam.

·         Investasi Menjanjikan

Cryptocurrency termasuk instrumet trading paling menjanjikan. Bila strateginya tepat, investasi ini bisa mendatangkan untung besar dibanding instrument trading lainnya.  Nilai return-nya pun cukup tinggi sehingga cocok disebut sebagai investasi menjanjikan. Apalagi, kripto terus mengalami kenaikan drastis dalam waktu yang relatif singkat. Bahkan, kenaikan mata uang kripto pernah mencapai ratusan persen pada tahun 2020.

·         Mudah dan Cepat

Pemilik Cryptocurrency datang dari seluh negara di dunia. Cryptocurrency sendiri tergolong mudah digunakan dengan persyaratan yang tidak rumit. Selain itu, transaksi mata uang ini tergolong cepat dan juga singkat. Transaksi antar bank internasional yang menggunakan Cryptocurrency bisa diseesaikan dalam waktu beberap jam saja.

·         Transparan

Cryptocurrency adalah jenis investasi yang sangat transparan. Penggunanya bisa melihat seluruh transaksi yang disajikan dalam bentuk data angka. Hanya saja, partner transaksi Anda mungkin saja tidak bisa diketahui karena alasan tertentu.

·         Dipakai untuk Berbagai Kebutuhan Transaksi

Mata uang kripto menjadi alat transaksi yang sudah diakui, khususnya untuk transaksi digital. Pemilik aset bisa memakai mata uang ini untuk berbagai kebutuhan yang diinginkan. Misalnya, jika ingin transaksi di e-commerce seperti Amazon atau e-Bay, maka dapat menggunakan Cryptocurrency. Selain itu, pembayaran ditital seperti PayPal juga sudah mendukung penggunaan Cryptocurrency seperti bit coin.

RisikoTrading Cryptocurrency, Fluktuatif dan Rawan Cybercrime

Selain menguntungkan, investasi memiliki risikonya tersendiri. Termasuk Cryptocurrency, ia pun punya risiko-risiko tertentu yang harus diperhitungkan dengan baik.

Salah satu risiko yang sering terjadi adalah pergerakan currency yang fluktuatif. Dalam satu waktu, kripto akan mengalami kenaikan yang sangat tinggi. Di waktu yang lain, jumlahnya bisa turun drastis dan membuat penggunanya harus gigit jari. Oleh karena itu, butuh perhitungan yang matang sebelum mencoba mata uang digital ini.

Baca juga : 6 Panduan Cara Menukar Bitcoin ke Rupiah Secara Cepat dan Tepat

Karena populer di dunia virtual, Cryptocurrency cukup rawan mengalami cybercrime. Cybercrime atau kejahatan cyber adalah tindakan kriminal yang dilakukan di dunia maya. Pelakunya menggunakan teknologi tertentu untuk melakukan peretasan dan pencurian. Nah, salah satu aset yang sering dicuri adalah Cryptocurrency. Jika tak ingin mengalaminya, pastikan untuk mempercayakan investasi hanya di partner terpercaya.

Selain itu, regulasi dari Cryptocurrency masih tergolong minim dan sedikit. Apalagi di Indonesia, di mana jenis mata uang ini tergolong baru dan tidak terlalu banyak digunakan. Minimnya regulasi berpotensi membuat penggunanya “tertipu” akibat regulasi yang merugikan. Selain perhitungan yang matang, investasi di Cryptocurrency juga butuh kehati-hatian yang tinggi.

 

Tags: apa itu Cryptocurrency Cryptocurrency pengertian Cryptocurrency

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar