5 Cara Membedakan Berlian Asli atau Palsu

Berlian asli atau palsu bisa ditengarai dengan mudah. Jadi anda tak perlu bersusah payah lagi untuk meminta bantuan tukang perhiasan profesional. Dalam hal ini, anda memang sejak awal tidak perlu membayangkan hal yang terlalu rumit untuk mengetahui berlian tersebut imitasi atau tidak. Di sini anda akan menemukan sebuah fakta mengejutkan bahwa untuk bisa membuktikan keahlian dari sebuah berlian itu bisa menerapkan beberapa cara yang sederhana. Selengkapnya bisa anda lakukan berikut ini:

1. Melakukan Tes Embun

Tes Embun berlian

Tahapan awal yang bisa anda terapkan di sini adalah dengan melakukan tes embun. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah dengan meletakan berlian tersebut di depan mulut anda. Setelah itu hembuskan nafas ke arah berlian, layaknya anda menghembuskan nafas ke arah cermin atau kaca. Lalu, anda tinggal mengamati saja apakah embun tersebut bertahan lebih lama atau tidak. Apabila embun tersebut bertahan beberapa detik saja, maka besar kemungkinan bahwa berlian tersebut palsu.

Untuk mendeteksi berlian asli atau palsu, semakin cepat embun tersebut hilang, maka itu menandakan bahwa berlian tersebut asli. Supaya lebih mudah melaklukannya, anda bisa mencoba membandingkan dua berlian sekaligus. Katakan bahwa berlian A adalah yang asli, dan berlian B masih ingin anda cek keasliannya. Hembuskan nafas anda ke kedua berlian tersebut secara bersamaan dan lihat apakah ada perbedaan yang mencolok. Pastinya berlian asli akan tetap kering terus seberapa banyakpun anda melakukan tes embun tersebut.

2. Perhatikan Stempelnya

Terlihat cukup unik, tapi cara ini terbilang efektif. Yang perlu anda lakukan di sini adalah dengan memperhatikan pemasangan pada stempelnya. Untuk stempel pemasangan asli biasanya menunjukan angka 10K, 14K, 18K, 585, 750, dan seterusnya. Sedangkan untuk stempel C.Z., maka anda sebaiknya berhati-hati. Kenapa? Karena C.Z. adalah kepanjangan dari Cubic Zicronia yang merupakan bahan dari sejenis berlian sintesis.

3. Cek Menggunakan Lup

Langkah berikutnya untuk mengetahui suatu berlian asli atau palsu adalah dengan mengeceknya menggunakan lup. Pada saat menggunakan Lup inilah anda akan bisa mengamati dengan baik detail dari berlian yang dibeli. Cobalah untuk meminjam peralatan lup toko berlian tersebut. Dari sini yang anda perlu amati adalah spesifikasi berikut:

  • Perlu diketahui bahwa Zikronia Kubik adalah berlian yang dibuat dari proses laboratorium. Karena itu, bentuknya biasanya sangat sempurna dan jauh dari yang namanya kecacatan. Berlian yang tidak asli biasanya akan terlihat begitu sempurna. Pasalnya, mereka dibuat di ruang yang steril. Tidak terbentuk secara alami di dalam bumi.
  • Perlu diperhatikan bahwa kecatatan atau kesempurnaan berlian bukan tolak ukur utama dalam menentukan berlian asli atau palsu Ini hanya langkah awal saja, tapi anda perlu juga melakukan beberapa tahapan lainnya untuk menguji keaslian yang ada di dalamnya.
  • Pahami dengan baik bahwa berlian yang dibuat di laboratorium akan terlihat lebih sempurna, jika dilihat secara fisik, optikal, dan juga kimiawi. Hal ini sebetulnya bisa menjadi ciri yang cukup mencolok untuk menentukan keaslian dari suatu berlian itu sendiri.

4. Perhatikan Keterbiasannya

Cara cek berlian dengan koran

Cara cek berlian dengan koran

Hal lain yang juga bisa anda lakukan untuk mengecek keaslian suatu berlian adalah dengan mengecek keterboiasannya. Perlu diketahui bahwa berlian yang asli memiliki kecenderungan untuk membelokan alias membiaskan cahaya yang melaluinya. Dari sinilah anda perlu meneliti dari sifat keterbiasannya secara teliti. Cara melakukannya bisa sebagai berikut:

  • Gunakan Koran: Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan meletakan berlian tersebut di atas kertas koran. Apabila anda dapat membaca tulisan dalam koran melalui berlian tersebut, maka bisa jadi berlian tersebut tidak asli. Kenapa? Karena berlian yang asli bersifat membelokan cahaya sehingga akan menyulitkan anda untuk membaca tulisan di koran tersebut.
  • Uji Titik: Pada pengujian berlian asli atau palsu kali ini, yang perlu anda lakukan adalah dengan menggambar sebuah titik pada kertas putih. Setelah itu, lihatlah lurus ke arah berlian. Ciri berlian tidak asli akan menunjukan adanya pantulan lingkaran. Pasalnya berlian yang asli tidak akan mampu memantulkan titik tersebut.

5. Cek Bayangannya

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan terhadap bayangannya. Bayangan berlian yang asli biasanya akan berbentuk warna keabu-abuan. Jadi jangan sampai anda melihat warna selain abu-abu. Jika yang anda lihat adalah warna pelangi atau warna-warni, maka ini bisa menjadi pertanda bahwa anda tengah berurusan dengan berlian palsu, atau bahkan berkualitas sangat rendah.

Jangan pernah ceroboh dalam membeli logam mulia. Anda tentu membelinya dengan berbagai macam tujuan, bisa jadi untuk investasi, hadiah untuk pasangan, serta keperluan lainnya. Dengan memahami berlian asli atau palsu tersebut, maka anda akan benar-benar bisa menghadirkan perhiasan yang berkualitas unggul dan memuaskan.

Загрузка...

Tags: cara berlian asli atau palsu cara membedakan berlian asli atau palsu membedakan berlian asli atau palsu

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar