6 Ide Bisnis Untuk Orang Lanjut Usia Paling Menguntungkan

Ide bisnis untuk orang lanjut usia – Meski bisnis yang ideal dijalankan ketika masih muda, namun bukan berarti ketika tua hanya bisa berdiam diri di rumah. Ada beberapa bisnis atau usaha yang bisa dijalankan di saat masa tua yang mana tidak terlalu membutuhkan tenaga dan juga pikiran. Dengan bisnis tersebut lansia bisa mendapatkan pasif income setiap bulannya. Jika masih sehat dan masih memiliki daya ingat yang bagus, lansia bisa menjalani beberapa ide bisnis yang menarik untuk digeluti. Simak beberapa ide bisnis untuk orang lanjut usia yang tepat berikut ini:

Kontrakan

Kontrakan

Kontrakan

Ide bisnis untuk orang lanjut usia yang pertama adalah bisnis kontrakan. Bagi lansia yang memilki rumah kosong sudah lengkap dengan sertifikatnya bisa membuka kontrakan. Saat ini kebutuhan akan hunian rumah selalu tinggi dikarenakan tingkat populasi yang selalu meningkat setiap tahunnya yang tidak disertai dengan meningkatnya lahan untuk perumahan penduduk. Akibatnya masyarakat yang tidak memiliki lahan pertanahan terpaksa harus mengontrak rumah. Dengan mengontrak rumah lansia bisa mendapatkan income per bulan atau per tahun tergantung kontrakan tersebut dibayarkan. Jika rumah belum memiliki sertifikat sebaiknya jangan dikontrakkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terutama untuk jangka panjang.

Kos

bisnis kos

bisnis kos

Selain kontrakan ide bisnis yang bisa dilakukan oleh lansia adalah usaha kos-kosan. Bedanya kos dengan kontrakan ini adalah ruangannya. Kos lebih sempit dibandingkan dengan kontrakan sehingga harga sewanya jauh lebih murah. Harga kos ini biasanya dibayar bulanan sehingga lansia sudah bisa mendapatkan penghasilan pasti setiap bulannya. Peluang bisnis ini pun cukup menggiurkan dikarenakan saat ini kos di kota maupun di daerah pedesaan selalu dicari oleh banyak masyarakat. Pasangan muda sehabis menikah pun banyak yang menyukai tinggal di kosan agar bisa hidup lebih mandiri. Melihat peluang ini maka ide bisnis kos-kosan tepat untuk lansia yang tetap ingin mendapatkan pasif income meskipun usia sudah senja.

Tempat Les

Tempat Les

Tempat Les

Jika memiliki basic mengajar maka ide bisnis yang bisa didirikan adalah tempat les. Mata pelajaran yang semakin sulit membuat orang tua menginginkan memberikan les kepada anak mereka di luar jam belajar sekolah. Jika dulunya lansia adalah seorang guru atau tenaga pengajar maka bisa membuka tempat les untuk para siswa di berbagai jenjang. Karena sudah lansia maka tidak bisa dilakukan sendiri namun bisa dengan merekrut tenaga muda kompeten yang bisa mengajar di tempat les tersebut. Jenis les yang bisa diberikan adalah klasikal maupun privat sehingga orang tua bisa memilih jenis les yang diinginkan untuk anaknya.

Konsultan

Konsultan

Konsultan

Ide bisnis untuk orang lanjut usia yang bisa dilakukan adalah menjadi konsultan. Saat sudah lansia banyak hal yang sudah diketahuinya terutama soal kehidupan. Selain itu banyak suka duka yang dialaminya baik itu musibah maupun kejadian tidak menyenangkan sekaligus. Oleh sebab itulah lansia akan lebih bijaksana dalam menghadapi kehidupan ini. Tidak ada salahnya membuka usaha konsultasi berupa konseling sehingga orang lain yang ingin curhat atau mengadukan masalah yang sedang dialaminya bisa mendapatkan solusi yang bijaksana tanpa menyudutkan pihak-pihak tertentu. Yang ingin bertukar pikiran pun akan membutuhkan jasa konseling ini sehingga pangsa pasar lebih luas.

Florist

Florist

Florist

Ide bisnis yang bisa dilakukan oleh lansia selanjutnya adalah membuka jasa florist. Florist adalah rangkaian bunga yang mana banyak dibutuhkan untuk berbagai acara seperti wisuda, pesta pernikahan, anniversary pernikahan dan masih banyak lagi lainnya. Merangkai bunga tidak membutuhkan tenaga yang berlebihan selain itu akan menimbulkan perasaan bahagia terutama jika rangkaian bunganya dipuji oleh konsumennya. Menjalankan bisnis ini pun bisa dengan bersama pasangan sehingga akan sama-sama produktif dalam berbisnis.

Toko Sembako

Bisnis selanjutnya adalah toko sembako. Sembako adalah barang yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Toko sembako akan menjual berbagai macam kebutuhan mulai dari gula, teh, beras, telur, dan lain-lain. Dengan memberikan harga sembako yang kompetitif akan banyak masyarakat yang datang untuk membeli di tokonya karena sering menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat terutama  kaum ibu-ibu.

Toko Sembako

Toko Sembako

Jika sewaktu muda termasuk dalam pribadi yang aktif, lansia banyak yang merasa bosan ketika hanya berdiam diri di rumah. Oleh sebab itu ide bisnis untuk orang lanjut usia yang dijelaskan di atas cocok dikerjakan oleh lansia yang ingin aktif meski di usia yang sudah senja.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bisnis untuk lansia -BISNIS UNTUK ORANG TUA -usaha di usia tua -Usaha buat ora -usaha untuk manula -bisnis buad orang tua lanjut usia -bisnis lansia -wirausaha untuk orang lanjut usia -bisnis untuk konsumen lansia apa -bisnia online untuk lansia -

Tags: daftar Ide Bisnis Untuk Orang Lanjut Usia Ide Bisnis Untuk Orang Lanjut Usia Ide Bisnis Untuk Orang Lanjut Usia 2018 Ide Bisnis Untuk Orang Lanjut Usia terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Ide Bisnis Untuk Orang Lanjut Usia Paling Menguntungkan"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang
    1. author

      Sukinem2 bulan agoBalas

      Saya terinspirasi dengan artikel ini. Counter hp dan berkebun sayur organik adalah peluang yang sangat mungkin kami kerjakan. Sayang saat ini kami tak punya modal. Adakah diantara para pengunjung blog ini yang boleh berbaik hati memberi modal kerja untuk kami lansia pmks ini?
      Hubungi kami di psoekinem(at)gmail(dot)com

      • author

        Ani Kustini2 bulan agoBalas

        Halo Pak Sukinem, terima kasih.
        Semoga keinginan bapak cepat terwujud .. aamiin .. Salam sukses pak!

    Tinggalkan Balasan