Ini Dia 6 Tips Cuan Bagi Investor Saham Pemula

Anda seorang pemula dan sedang melirik investasi saham? Tenang, ada beberapa tips cuan bagi investor saham pemula yang bisa Anda lakukan. Saham merupakan investasi high risk and high return, tidak boleh asal coba-coba dan jangan asal-asalan. Salah trik hanya akan membuat uang dan aset Anda justru hilang dalam sekejap.

Semakin banyaknya investor yang tertarik dengan saham ini bukan tanpa alasan, hal itu karena bekerja dengan giat saja dan rajin saja tidak cukup untuk menjadikan kaya. Menurut Lo Kheng Hong harta karun terbesar yang ada di dunia adalah di pasar modal, uang yang besar juga ada di pasar modal.

tips cuan bagi investor saham pemula

tips cuan bagi investor saham pemula

Jika Anda mau jadi orang kaya, pasar modal menjadi tempat yang tepat. Lo Kheng Hong merupakan investor yang sudah memiliki pengalaman 30 tahun berinvestasi di Bursa Efek Indonesia. Nah, kali ini kita akan membahas tips cuan bagi investor saham pemula yang jitu dan bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

Punya Rekening Saham

Sebelum Anda terjun ke dunia saham penting bagi Anda untuk memiliki rekening saham lebih dahulu. Rekening saham ini bisa Anda lakukan untuk jual beli saham. Dalam pembukaan rekening efek atau saham, Anda wajib untuk membuka RDN atau rekening dana nasabah di bank.

Jangan salah, rekening efek dengan RDN ini berbeda lho. RDN ini merupakan rekening khusus yang bisa Anda gunakan untuk membayar dan menerima hasil penjualan saham atau efek yang lain. RDN akan dikelola oleh bank dan terpisah dari rekening saham yang dikelola oleh broker.

Tentukan Tujuan dan Target Investasi

Setelah Anda memiliki RDN dan rekening efek barulah Anda bisa terjun ke dalam investasi saham. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah ketahui dan tentukan tujuan investasi Anda lebih dahulu.  Anda sebagai nasabah akan kesulitan menentukan saham yang akan dibeli jika tidak memiliki target dan tujuan yang jelas.

Dengan tujuan dan target mudah bagi Anda untuk menentukan jumlah saham yang akan dibeli dalam beberapa periode investasi tersebut. Periode investasi ada jangka pendek dan jangka panjang. Anda juga bisa menentukan target return yang Anda inginkan.

Pilih Emiten yang Tepat

Tips cuan bagi investor saham pemula selanjutnya adalah pastikan memilih emiten yang tepat Nah, wajib banget bagi Anda untuk memilih perusahaan publik yang bukan korporasi fiktif. Upayakan memilih perusahaan dengan tata kelola baik dan memiliki sistem yang baik sehingga kinerjanya juga baik. Mengapa hal itu penting? Alasannya karena perusahaan yang sehat bisa berkembang seiring dengan waktu berbeda dengan korporasi fiktif yang tidak sehat. Rajin-rajinlah mencari informasi di otoritas pasar modal misalnya OJK atau BEI. Hindari beli saham dengan nominal harga yang murah.

Baca Laporan Keuangan

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membaca laporan keuangan. Laporan keuangan ini sangat vital untuk Anda perhatikan sebelum membeli saham. Dalam laporan keuangan tersebut Anda harus memperhatikan laba, penjualan, modal dan juga utang. Anda harus memilih emiten yang memiliki fundamental keuangan yang baik. Ingat ya, jangan asal berinvestasi agar Anda tidak menjadi boncos.

Hindari Memilih Satu Emiten Saja

Kesalahan yang sering dilakukan oleh investor pemula adalah sering memasukkan dana ke dalam satu emiten saja. Jika memungkinkan dan untuk memaksimalkan keuntungan penting bagi Anda untuk mengalokasikan lebih dari satu saham atau emiten, tujuannya untuk meminimalisir pasar.

Dengan melakukan diversifikasi Anda sebagai nasabah tidak perlu khawatir jika terjadi penurunan saham yang tiba-tiba pada satu investasi. Memang melakukan diversifikasi sedikit ribet, namun hal tersebut sangat penting bagi pemula. So, jangan pernah menyerah dulu dalam berinvestasi saham.

Baca juga : Trading Forex vs Saham, Mana yang Cocok untuk Pemula?

Sabar dan Realistis

Tips cuan bagi investor saham pemula terakhir adalah sabar dan realistis. Sebagai pemula, Anda harus membuang jauh mendapatkan return besar dalam waktu singkat. Pola pikir inilah yang membuat nasabah tidak cerdas dalam melakukan investasi. Normalnya pengembalian investasi 12 sampai 18 persen per tahun sudah cukup baik di pasar saham.

Nah, demikianlah tips cuan bagi investor saham pemula yang bisa Anda lakukan, yang paling penting adalah sabar, konsisten dan realistis.

Tags: cuan bagi investor saham pemula tips cuan bagi investor saham pemula

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar