Investasi Emas Perhiasan atau Batangan, Lebih Menguntungkan Mana?

Investasi emas perhiasan atau batangan, mana sih yang lebih menguntungkan? Yuk cari tahu informasinya di artikel ini. Hingga kini emas masih menjadi instrumen investasi yang diminati. Tidak mengherankan jika dari waktu ke waktu pembelian emas semakin meningkat. Harga emas yang cenderung stabil menjadi alasan kuat dalam berinvestasi emas. Ada dua bentuk investasi yang banyak disukai masyarakat yaitu perhiasan dan batangan. Lalu, mana sih yang lebih menguntungkan investasi emas perhiasan atau batangan? Yuk Simak informasinya di bawah ini.

Tentukan Tujuan Investasi

Untuk mengetahui besaran keuntungan investasi emas perhiasan atau batangan Anda harus mengetahui tujuan investasi yang Anda lakukan lebih dahulu. Dengan mengetahui tujuan investasi tersebut Anda bisa tahu mana yang lebih Anda butuhkan. Jangan sampai salah pilih!

Investasi Emas Perhiasan atau Batangan

Jika Anda ingin berinvestasi jangka panjang, sangat disarankan melakukan investasi dalam bentuk emas batangan bukan perhiasan. Mengapa demikian? Hal itu karena emas batangan memiliki nilai jual yang jauh lebih stabil dibandingkan dengan emas perhiasan.

Untuk emas perhiasan biaya pembuatannya tidak sedikit, semakin rumit maka semakin mahal biaya yang harus Anda keluarkan. Saat Anda menjualnya kembali, biaya pembuatan tersebut tidak dihitung.

Beli di Tempat Aman dan Terpercaya

Investasi emas perhiasan atau batangan akan menguntungkan jika Anda membelinya di tempat yang aman dan terpercaya. Jangan sampai Anda membeli di tempat yang salah karena emas yang ditawarkan tidak terjamin keasliannya.

Nah, untuk emas batangan atau emas Antam Anda harus memilih yang sudah ada jaminan CertiEye. Apa itu? CertiEye adalah aplikasi buatan Antam LM yang digunakan untuk keamanan produk emas. Jika tidak terdeteksi oleh aplikasi CertiEye bisa dipastikan emas tersebut palsu.

Sertifikat dan Surat Pembelian

Alasan mengapa emas batangan cocok dijadikan sebagai investasi adalah kemurniannya sangat terjamin. Emas batangan menjadi investasi yang paling ideal dalam kurun waktu lama lho. Bahkan secara turun temurun emas batangan ini sudah menjadi ikon investasi favorit tidak hanya bagi wanita namun juga pria.

Baca juga:  Cara Melapor SMS Penipuan Ke OJK Untuk Keamanan Bersama

Emas batangan juga dilengkapi dengan sertifikat dan surat atau nota pembelian emas, sedangkan untuk emas perhiasan hanya surat atau nota pembelian emas saja. Adanya sertifikat yang dilampirkan pada emas batangan mampu menjamin keaslian emas batangan tersebut. Dalam sertifikat Anda akan mengetahui kemurnian emas, ukuran, berat dan juga kadarnya.

Mudah Dijual Kapan Saja

Dengan adanya sertifikat emas batangan membuat rasa aman dan nyaman Anda semakin terjamin. Tidak hanya itu saja, ada emas batangan yang juga dilampirkan surat pembelian emas seperti perhiasan, nantinya Anda bisa menjual emas tersebut di toko emas yang bersangkutan. Hal ini akan memudahkan Anda saat penjualan.

Sementara itu emas perhiasan tidak ada sertifikat. Jika Anda membeli di toko emas yang abal-abal besar peluang bagi Anda untuk mendapatkan emas palsu yang juga abal-abal. Anda bisa mendapatkan emas dengan kadar rendah yang bisa merugikan Anda.

Adanya Biaya Tambahan

Perhiasan emas sejatinya hanya bisa dijadikan perhiasan saja karena model yang terus berganti membuat pemiliknya ingin terus mengganti perhiasannya dengan yang baru dan update. Berbeda dengan emas batangan yang bentuknya mirip dengan SIM card, Anda hanya bisa menyimpannya dan tidak memakainya.

Yang membuat emas batangan cocok dijadikan sebagai investasi karena Anda tidak akan mengeluarkan biaya tambahan berbeda dengan emas perhiasan. Biaya pembuatan yang Anda tanggung lumayan besar lho yaitu maksimal 20% dari nilai emas itu sendiri.

Yang merugikan, biaya pembuatan emas tersebut tidak bisa Anda hitung saat ingin menjualnya. Artinya toko emas atau pembeli hanya akan membayar sejumlah pada nota pembelian emas. Saat memilih perhiasan, Anda akan kehilangan sejumlah yang cukup besar. Oleh sebab itu jika Anda ingin menjadikan emas perhiasan ini sebagai investasi, pilihlah model yang tidak rumit, semakin rumit modelnya biaya yang Anda tanggung juga akan semakin besar.

Baca juga:  Prosedur Pelelangan di Pegadaian Yang Wajib Anda Tahu

Sesuaikan dengan Budget

Langkah terakhir disesuaikan dengan budget. Emas batangan memiliki harga per gram yang lebih mahal dibandingkan dengan emas perhiasan. Mengapa demikian? Hal itu karena kadar kemurnian emas batangan seperti Antam atau UBS hampir 100%.

Baca juga : Bingung Mau Investasi Emas UBS atau Antam? Simak Informasinya Disini Dulu!

Untuk emas perhiasan harganya jauh lebih murah dimana mulai dari 400 ribuan saja Anda sudah bisa membeli emas perhiasan. Semakin rendah kadar kemurniannya maka semakin murah emas perhiasan tersebut. Sayangnya emas dengan kadar kemurnian rendah membuat emas tersebut berubah warna baik saat disimpan maupun saat  dipakai.

Nah, demikianlah penjelasan tentang untung mana investasi emas perhiasan atau batangan jadi, mana yang akan Anda pilih? Apapun itu emas yang Anda pilih pastikan sesuai dengan budget dan tujuan investasi Anda.

Tags: cara investasi emas perhiasan atau batangan Investasi Emas perhiasan atau batangan

Berikan komentar