7 Tips Mencari Pekerja Untuk Minimarket Paling Jitu yang Bisa Anda Coba!

Tips mencari pekerja untuk minimarket – Saat bisnis minimarket yang dibangun lebih maju dan berkembang dibandingkan sebelumnya, Anda tidak bisa mengatasi dan mengoperasionalkan bisnis Anda sendirian. Akan melelahkan dan tentunya tidak efektif karena semuanya Anda lakukan sendiri. Saat Anda merasa kewalahan konsumen akan merasa tidak puas karena pelayanan yang Anda berikan ini lama dan mereka menjadi tidak sabar menunggu.

Memilih dan mempekerjakan karyawan pun tidak boleh sembarangan. Karena karyawan ini memegang biaya yang tinggi dalam bisnis belum lagi waktu yang harus Anda luangkan untuk perekrutan ini cukup lama sehingga penting bagi Anda untuk tahu bagaimana tips mencari pekerja untuk minimarket yang baik dan benar seperti berikut ini:

Iklan yang Memikat

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah buat iklan yang memikat. Anda bisa menyebutkan benefit apa saja yang bisa mereka dapatkan dengan bekerja di minimarket Anda misalnya saja adalah mendapatkan bonus saat kerja lembur, mendapatkan hari libur selama seminggu sekali dan lain sebagainya. Meski begitu Anda tidak bisa terlalu melebih-lebihkan iklan Anda karena hal ini justru tidak bagus untuk performa bisnis Anda.

Baca Review di Resume dengan Baik

Tips mencari pekerja untuk minimarket yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah baca review di resume dengan baik. Meninjau resume ini bisa menghemat waktu dan Anda bisa mengeliminasi calon karyawan yang tidak cocok untuk pekerjaan tersebut. Supaya tidak membuang waktu Anda silahkan memilih resume dengan kata kunci keterampilan tertentu untuk menghindari menghabiskan banyak waktu mewawancarai calon yang tidak jelas saat perekrutan.

Ketahui Motivasi dalam Bekerja

Penting bagi Anda untuk mengetahui motivasi mereka dalam  bekerja.  Ini adalah hal yang sulit dimunculkan dalam wawancara namun motivasi ini sangat penting dan harus Anda tanyakan. Setiap calon pekerja ini akan memiliki motivasi yang berbeda-beda.

Beberapa kandidat dengan karakter yang tidak baik ini hanya akan menggunakan bisnis kecil Anda sebagai batu loncatan saja. Berbeda dengan kandidat yang memang memiliki motivasi kuat untuk bekerja. Mereka akan semangat dalam menceritakan motivasi mereka kepada Anda. Dari sorot mata Anda bisa memahami bahwa dia sungguh-sungguh ingin bekerja di bisnis Anda.

Siapkan Daftar Pertanyaan

Selain motivasi Anda perlu mendalami karakter kandidat. Anda bisa menyiapkan beberapa daftar pertanyaan yang akan Anda ajukan ke mereka. Yang harus Anda tahu adalah wawancara tanpa persiapan ini justru menjadi bumerang untuk bisnis Anda sendiri. Buat daftar pertanyaan dan pertanyaan-pertanyaan baru yang diperlukan. Anda juga bisa menghapus beberapa pertanyaan selama wawancara jika dirasa diperlukan.

Tingkat Energi

Jika pekerjaan yang dilakukan di minimarket tersebut cukup banyak hal yang bisa Anda lakukan adalah tingkat energinya. Seperti yang banyak diketahui bahwa tidak semua usia cocok untuk bekerja di minimarket ini. Anda bisa memilih usia muda untuk bekerja di bisnis Anda. Usia muda energi masih full dan kesehatannya masih bagus, berbeda dengan usia tua yang tidak bisa bekerja terlalu berat karena mudah lelah dan pegal.

Uji Kemampuan

Tips mencari pekerja untuk minimarket yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan uji kemampuan. Ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh pekerja minimarket yang pertama adalah handling konsumen. Konsumen adalah hal yang terpenting dalam bisnis jangan sampai konsumen Anda pada kabur karena penanganan dan pelayanan yang salah. Sejak konsumen masuk ke minimarket Anda, mereka harus mendapatkan pelayanan yang ramah dan juga pelayanan terbaik.

Calon karyawan Anda juga harus bisa melakukan penataan atau display barang yang baik dan menarik. Tahu tugas dan juga tanggung jawab yang harus dilakukannya setiap hari dan lain-lain. Anda juga bisa menguji kemampuan dengan memberikan tes mengikuti petunjuk dasar, kemudian lihat bagaimana mereka mengikutinya. Yang harus diketahui adalah kemampuan membaca dan juga mampu mengikuti petunjuk dasar tersebut sangat penting untuk operasional bisnis Anda.

Training dan Uji Coba

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pekerja terbaik ada berikan masa training dan uji coba. Training ini sangat bermanfaat untuk membuat Anda mengetahui bagaimana kinerja karyawan tersebut, kedisiplinan yang dimilikinya bagaimana dan juga cara handling konsumen maupun pelanggan-pelanggan Anda.

Dengan uji coba ini Anda juga bisa mengetahui tingkat kejujurannya. Selama ini banyak pebisnis minimarket yang mengeluh jika karyawan yang dimilikinya tidak jujur yaitu sering memalsukan data penjualan dimana hal ini akan merugikan untuk bisnis Anda.

Baca juga : 8 Penyebab Karyawan Kehilangan Penghasilan Bulanan Yang Harus Anda Ketahui

Karyawan adalah aset bagi bisnis Anda. Bisnis bisa berkembang jika mempekerjakan karyawan yang kompeten, jujur, memiliki loyalitas dan integritas tinggi. Mempekerjakan karyawan dengan kepribadian dan karakteristik baik pun sangat diperlukan dalam bisnis Anda. Jika selama ini Anda sering dikecewakan oleh karyawan, silahkan lakukan beberapa tips mencari pekerja untuk minimarket yang telah disebutkan diatas, tips tersebut terbukti bisa membantu Anda dalam  mendapatkan karyawan terbaik dan tentunya sesuai dengan harapan Anda.

Tags: Kiat-kiat mencari pekerja untuk minimarket Tips mencari pekerja untuk minimarket

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar