Kenali Jenis-Jenis Rak Besi Untuk Kebutuhan Minimarket Anda!

Jenis-jenis rak besi untuk kebutuhan minimarket – Mendirikan bisnis minimarket ini bukan hal mudah dan sederhana dikarenakan ada banyak hal yang diperlukan agar operasional bisnis ini bisa berjalan dengan baik. Bisnis yang kurang persiapan hanya akan membuat performanya tidak sesuai seperti yang diharapkan, kemungkinan terburuk adalah membuat bisnis Anda tidak bersaing dengan kompetitor karena persiapan dan perencanaan yang kurang matang.

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah rak besi untuk kebutuhan minimarket Anda. Meski terlihat sama nyatanya jenis rak besi untuk minimarket ini berbeda. Simak jenis-jenis rak besi untuk kebutuhan minimarket yang penting Anda perhatikan berikut ini:

Wall Rack

 

Jenis-jenis rak besi untuk kebutuhan minimarket penting diketahui karena dengan keberadaan rak yang tepat ini akan membuat operasional berjalan sesuai harapan dan fungsionalitas minimarket semakin meningkat. Salah satu jenis rak yang bisa Anda aplikasikan di minimarket adalah rak dinding. Sesuai dengan namanya pemasangan rak ini dengan menempelkannya pada dinding. Fungsi utamanya adalah memaksimalkan ruang penyimpanan di minimarket Anda.

Hal yang penting untuk diperhatikan jika ingin menggunakan rak dinding ini adalah sesuaikan dengan konsep dan juga desain yang diusung di minimarket Anda. Selain itu pilih ukuran yang sesuai dengan ruang minimarket Anda. Terlalu besar dan terlalu kecil justru membuat desain di minimarket Anda terlihat aneh.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memilih rak dinding yang tepat. Keuntungan yang pertama adalah mampu membuat desain minimarket Anda jauh lebih indah dan menarik. Keuntungan lainnya adalah body rak jauh kokoh dan aman. Tidak jarang dengan rak biasa saat tersenggol pengunjung posisi rak bergeser dan membuat barang yang ditata terjatuh.

Rak Island

Salah satu jenis rak yang bisa Anda aplikasikan di minimarket adalah rak island. Rak ini merupakan rak gondola dengan 2 muka atau sisi. Rak ini memainkan peran penting dalam minimarket Anda. Dengan  muka atau 2 sisi ini Anda akan mudah untuk menampilkan produk yang Anda miliki.

Island rak mampu memaksimalkan ruang untuk display produk berkualitas kepada konsumen. Rak ini posisinya ada di tengah-tengah ruangan minimarket dan merupakan rak gabungan dari rak double dan end cap.

Rak End Cap

Jenis-jenis rak besi untuk kebutuhan minimarket selanjutnya adalah end cap rack. Rak gondola satu ini memiliki fungsi utama sebagai penutup gondola island double, back mesh rack end gondola dan bersandar pada tiang rak double gondola. Rak ini terbukti efektif meningkatkan penjualan ritel dan profit bisnis Anda. Memajang barang di ujung rak penutup ini menjadi solusi cerdas untuk menampilkan barang di minimarket Anda.

Tampilan end cap rak yang mudah diakses ini menjadi alasan mengapa rak ini bisa meningkatkan penjualan. Tidak hanya itu saja display produk di minimarket Anda juga akan mudah terlihat. Untuk bisa meningkatkan potensi dari end cap rak ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan seperti berikut:

  • Papan promosi yang terlihat dari kejauhan.
  • Bentuk dengan tiga sisi, bersudut dan bisa juga melengkung untuk bisa memanfaatkan 180 derajat garis pandang sepenuhnya.
  • Tempatkan barang yang lebih besar di rak yang lebih rendah tujuannya untuk menarik secara visual dan barang kecil akan berada di eye level.
  • Gunakan lampu kreatif yang bisa memberikan tampilan end cap tidak bisa terlewat begitu saja.

Rak Shelving

Rak ini digunakan sebagai display. Di supermarket maupun hypermarket jenis rak ini tidak banyak digunakan. Fungsi rak ini adalah digunakan untuk menempatkan barang yang dijual. Rak ini diberikan pagar pembatas berupa ram besi dan pada bagian tepi papan shelving.

Untuk memenuhi kebutuhan minimarket Anda, rak ini tersedia dalam berbagai ukuran dan juga ketebalan bahan. Pada bagian tepi pembatas Anda bisa memberikan nama barang beserta harganya yang mana label tersebut sering dijadikan acuan pembeli sebelum memutuskan membeli barang.

Rak shelving ini idealnya memiliki ukuran 120 cm x 90 cm x 35 cm sampai dengan 200 cm x 90 cm x 40 cm dengan lebar papan 30 sampai dengan 40 cm. Ketebalan rak minimal 0,5 mm sampai dengan 2 mm. Ketebalan rak ini bisa Anda sesuaikan dengan barang yang akan Anda letakkan semakin berat barang maka semakin tebal rak yang Anda butuhkan.

Rak COC

Merupakan rak yang ditempatkan di meja kasir. Rak ini mirip seperti keranjang yang digunakan untuk mendisplay barang yang sedang promo atau obral. COC sendiri merupakan singkatan dari Check on Counter. Penataan barang di rak ini harus menarik agar konsumen yang sedang melakukan pembayaran tertarik untuk menambah pembelian barang yang diletakkan di COC rak tersebut.

Baca juga : 5 Syarat Mendirikan Minimarket Sekelas Indomaret Sistem Waralaba

Demikianlah jenis-jenis rak besi untuk kebutuhan minimarket yang berperan penting dalam operasional bisnis minimarket Anda, pilih rak yang dibuat oleh produsen terpercaya yang sudah terbukti kualitasnya, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tags: Jenis rak besi untuk kebutuhan minimarket Jenis-jenis rak besi untuk kebutuhan minimarket

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar