Ini Dia 8 Cara Membagi Waktu antara Bisnis dan Keluarga yang Bisa Anda Coba

Menjalankan sebuah bisnis seringkali menyita waktu seseorang. Apalagi jika bisnis masih dalam tahap permulaan, dimana akan ada banyak hal yang perlu dilakukan. Hal ini membuat para pebisnis memerlukan cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga, sehingga mereka tetap bisa meluangkan waktu untuk keluarga di sela sela bisnisnya. Tips membagi waktu antara bisnis dan keluarga ini tentunya juga Anda perlukan. Penasaran tips apa saja yang bisa Anda coba praktikkan agar bisa meluangkan sedikit waktu untuk keluarga? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Buat skala prioritas

Membagi Waktu antara Bisnis dan Keluarga

Membagi Waktu antara Bisnis dan Keluarga

Agar Anda tetap bisa meluangkan waktu untuk keluarga, cobalah cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga yang satu ini. Buatlah skala prioritas saat menjalankan bisnis Anda, terutama untuk hal hal yang menuntut Anda segera menyelesaikannya. Segera selesaikan tugas rutin Anda agar nantinya Anda bisa memiliki waktu luang bersama keluarga. Atau tunda terlebih dahulu tugas tugas yang sifatnya tidak terlalu urgent, sehingga Anda bisa menikmati quality time bersama keluarga. Atau buatlah pembagian waktu mengenai kapan Anda harus fokus pada bisnis dan kapan Anda bisa meluangkan waktu untuk keluarga.

Tinjau kembali tujuan bisnis Anda

Ketika memulai bisnis, Anda tentunya sudah punya tujuan bisnis yang jelas. Salah satunya adalah untuk menambah pemasukan keluarga. Dengan berbekal tujuan tersebut, Anda mungkin akan menjadi sedikit ambisius sehingga tanpa terasa melupakan keluarga. Nah, ketika hal ini mulai terjadi, segera ingatkan diri Anda. Tinjau kembali tujuan bisnis Anda yang salah satunya berhubungan dengan kebahagiaan keluarga. Jadi luangkan waktu sejenak bersama keluarga agar urusan keluarga tidak terbengkalai.

cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga

cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga

Dengan membagi waktu antara bisnis dan keluarga, ada beragam manfaat yang bisa diperoleh. Anda jadi terhindar dari stres karena terhibur dengan kebersamaan Anda bersama keluarga. Selanjutnya Anda bisa merasa lebih fresh saat kembali menjalankan bisnis. Menjalankan bisnis dengan kondisi emosi dan pikiran yang fresh tentunya akan lebih baik hasilnya. Berbeda halnya jika Anda tidak meluangkan bersama keluarga. Anda jadi rentan mengalami stres yang dampaknya justru tidak bagus untuk kelangsungan bisnis Anda.

Atur waktu bisnis

Sebagian besar pebisnis memutuskan untuk menjalankan bisnis agar memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga. Namun apa yang terjadi setelah bisnis mulai berjalan? Banyak dari pebisnis yang justru hanya terfokus pada bisnisnya. Mereka jadi jarang meluangkan waktu untuk sekedar berkumpul dengan keluarga. Agar hal ini bisa dicegah, coba aturlah waktu bisnis Anda. Misalnya untuk Anda yang seorang ibu rumah tangga, carilah waktu untuk berbisnis saat anak anak sudah berangkat ke sekolah atau saat mereka tengah bermain bersama teman temannya. Dengan cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga tersebut tentunya Anda bisa tetap menjalankan bisnis tanpa mengurangi waktu berkumpul dengan keluarga.

Selain agar tidak mengurangi waktu berkumpul dengan keluarga, cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga tersebut juga bisa membantu Anda lebih fokus. Anda bisa fokus menjalankan bisnis tanpa gangguan anak anak. Selanjutnya saat sedang bersama keluarga, Anda juga tidak perlu terganggu dengan masalah yang berkaitan dengan bisnis. Dengan begitu akan ada keseimbangan antara bisnis yang sedang dijalankan dengan waktu bersama keluarga.

Pilih bisnis yang tidak menyita waktu Anda bersama keluarga

Menjalankan sebuah bisnis memang seringkali menyita waktu Anda. Namun ternyata ada beberapa jenis bisnis yang tidak menyita waktu Anda, sehingga memberikan keleluasaan bagi Anda untuk bisa berkumpul dengan keluarga. Bisnis yang tidak menyita banyak waktu Anda tersebut tentunya patut Anda pertimbangkan. Salah satu contohnya adalah bisnis fashion. Bisnis ini bisa Anda jalankan sambil berkumpul dengan keluarga. Anda bisa mengajak serta keluarga Anda saat akan belanja stok atau saat melayani pembeli.

cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga

cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga

Selain bisnis fashion, bisnis kuliner juga bisa jadi pertimbangan Anda. Bisnis ini umumnya jarang menyita waktu. Apalagi jika Anda punya tangan kanan yang bisa Anda tugaskan untuk mengelola bisnis. Jika Anda tidak ingin waktu berkumpul dengan keluarga tersita untuk pengelolaan bisnis, coba pertimbangan cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga yang satu ini.

Cari partner bisnis

Anda merasa bisnis Anda terlalu sering menyita waktu Anda dengan keluarga? Coba pertimbangkan untuk mencari partner kerja. Dengan adanya partner bisnis, urusan bisnis tentu bisa dibagi pengelolaannya. Hal ini tentu akan memudahkan sekaligus memberikan Anda keleluasaan waktu sehingga bisa berkumpul dengan keluarga. Namun pastikan terlebih dulu partner Anda tersebut merupakan orang yang bisa dipercaya dan bertanggung jawab. Dengan begitu, Anda bisa memberikan kepercayaan penuh padanya untuk ikut mengelola bisnis Anda.

Ajak keluarga ikut serta dalam pengelolaan bisnis

cara membagi waktu bisnis terbaru

cara membagi waktu bisnis terbaru

Ingin tetap dekat dengan keluarga saat mengelola bisnis? Anda bisa mencob mengajak keluarga untuk ikut serta saat mengelola bisnis. Sesekali ajaklah pasangan Anda untuk ikut mengatur bisnis Anda. Dengan cara ini Anda bisa tetap bersama keluarga. Selain itu, Anda juga tidak perlu bersusah payah mencari orang lain untuk membantu Anda mengelola bisnis. Apalagi jika pasangan Anda memiliki keahlian yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Keberadaannya tentu bisa memberikan keuntungan ganda bagi Anda. Ia bisa menjadi penyemangat sekaligus partner bisnis yang bisa diandalkan.

Batasi perjalanan bisnis

Dengan semakin berkembangnya bisnis Anda, maka sesekali Anda akan memerlukan yang namanya perjalanan bisnis. Perjalanan bisnis biasanya dilakukan untuk kepentingan bertemu klien. Dampaknya memang cukup positif bagi perkembangan bisnis Anda. Namun Anda jadi kehilangan banyak waktu untuk bisa berkumpul dengan keluarga. Nah karenanya batasi perjalanan bisnis Anda. Manfaatkan teknologi yang ada untuk bisa membahas proyek bisnis Anda dengan klien, misalnya dengan cara video conference dan sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu Anda untuk keluarga di rumah.

Buat jadwal

Agar Anda punya waktu lebih untuk bisa berkumpul dengan keluarga, coba susunlah jadwal Anda. Jadwal ini nantinya bisa sekaligus menjadi pengingat bagi Anda tentang kapan Anda perlu meluangkan waktu untuk keluarga. Misalnya setiap hari Sabtu, Anda hanya akan mengelola bisnis sampai jam 3 sore, sehingga setelahnya Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga. Demikian halnya pada saat hari Minggu, Anda hanya akan melakukan checking terhadap keperluan bisnis sehingga selebihnya Anda bisa menggunakan waktu yang ada untuk berkumpul dengan keluarga.

cara membagi waktu bisnis

cara membagi waktu bisnis

Menjalankan bisnis memang seringkali banyak tantangannya. Salah satunya adalah berkurangnya waktu berkumpul dengan keluarga. Hal ini memang seringkali tidak bisa dihindari. Bahkan tidak jarang justru mengganggu keharmonisan keluarga itu sendiri. Namun bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan guna membagi waktu antara bisnis dan keluarga. Bagi Anda yang masih menemui kesulitan dalam membagi waktu, coba terapkan 8 cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga tersebut di atas. Dengan begitu, Anda diharapkan bisa menyeimbangkan waktu antara bisnis dan keluarga.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

Cara membagi waktu bisnis MLM dan kerja bengkel -tulisan mengatur waktu kerja usaha dan keluarga -membagi waktu untuk keluarga seorabg wiraswasta -cara membagi waktu untuk keluarga tugas dan teman -cara membagi waktu untuk anak di tempat yang berbeda -Cara membagi waktu untuk anak dan berwiraswasta -cara membagi waktu punya usaha yg berbeda -cara membagi waktu ibu rumah tangga dan bisnis -Cara membagi waktu bisnis dan keluarga -cara membagi waktu -

Tags: bagaimana cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga dan teman cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga dengan baik cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga dengan bijak tips cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga trik cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Ini Dia 8 Cara Membagi Waktu antara Bisnis dan Keluarga yang Bisa Anda Coba"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan