Cara Membangun Usaha Cetak Undangan Hingga Sukses

Cara membangun usaha cetak undangan – Bisnis usaha cetak undangan menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan dan diproyeksikan akan berkembang dengan pesat. Bisnis ini juga cocok bagi Anda yang ingin membuka usaha, namun hanya memiliki modal yang kecil. Meskipun hanya menggunakan modal usaha yang kecil, namun usaha ini memiliki potensi profit yang besar. Tak hanya itu, bisnis ini juga memiliki prospektif yang tinggi. Hal ini dikarenakan dalam satu bulan ada puluhan orang yang hendak menikah, berkhitan, ulang tahun, ataupun aqiqah dan membutuhkan undangan.

Modal Usaha Cetak Undangan

 Usaha Cetak Undangan

Usaha Cetak Undangan

Sebelum Anda membuka usaha cetak undangan ini, alangkah lebih baik jika Anda memahami bidang percetakan, desain grafis, dan finishing cetak. Anda tidak perlu ahli dalam hal ini, Anda hanya perlu memahami saja agar tidak terlalu awam. Setelah itu, Anda dapat mulai mencari tahu rincian modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini.

Berikut ini adalah rincian modal yang diperlukan untuk membuka usaha cetak undangan yang harus Anda ketahui.

  • Komputer beserta segala perlengkapannya, seperti printer, keyboard, mouse, modem, serta paket internet. Selain menggunakan printer, Anda juga dapat menggunakan sablon agar menghemat biaya produksi.
  • Bahan baku kertas yang digunakan untuk kartu undangan. Bahan baku kertas ini memiliki berbagai jenis yang dapat Anda sesuaikan dengan keinginan konsumen dan teknik cetak yang digunakan.
  • Tinta printer atau sablon. Jika pesanan dalam jumlah besar, alangkah lebih baik jika menggunakan teknik digital printing.

Berdasarkan rincian tersebut, modal usaha yang diperlukan dalam membuka usaha cetak undangan berkisar antara 6 juta rupiah atau 9 juta rupiah. Jika Anda hendak membuka dengan skala lebih besar, tentu Anda juga memerlukan modal usaha yang lebih besar guna membeli mesin plotter.

Kiat Sukses Membangun Usaha Cetak Undangan

Setelah mengetahui rincian modal usaha untuk membuka usaha ini, Anda dapat mengikuti kiat-kiat berikut dalam membuka usaha cetak undangan.

  1. Mencari vendor blangko yang lengkap

Sebelum Anda memperoleh customer awal, terlebih dahulu carilah vendor yang memiliki blangko undangan lengkap. Hal ini bertujuan agar pilihan desain undangan yang Anda tawarkan semakin lengkap.

  1. Menentukan lokasi

Lokasi dalam memulai sebuah usaha tentu menjadi hal yang sangat penting. Usahakan untuk memilih lokasi yang strategis dan dekat dengan jalan raya. Pemilihan lokasi yang kurang strategis, seperti pada gang sempit membuat usaha Anda sulit dikenali oleh banyak orang. Jika lokasi usaha Anda terpaksa tidak berada di pinggir jalan, Anda dapat membuat spanduk agar terlihat dari jalan raya.

  1. Memperbanyak katalog undangan

Customer umumnya sangat tertarik untuk memesan undangan di percetakan yang memiliki beragam pilihan desain yang menarik. Oleh karena itu, perbanyaklah katalog undangan Anda agar referensi desain yang diberikan juga semakin banyak. Dengan semakin banyak katalog undangan yang Anda miliki, maka tempat percetakan Anda akan dilirik dan menjadi referensi banyak orang.

  1. Melakukan pemasaran

Dalam memulai bisnis, Anda dapat melakukan pemasaran secara door to door kepada keluarga, teman, kerabat, atau tetangga Anda. Anda juga dapat mempromosikannya lewat undangan yang Anda gunakan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pemasaran melalui media sosial agar lebih diketahui oleh orang banyak.

  1. Sering memberikan bonus

Dalam awal-awal bisnis Anda, usahakan untuk sering memberikan bonus bagi customer agar customer lebit tertarik. Usahakan juga untuk tidak memberikan diskon karena dapat membuat pelaku usaha yang lama tersinggung.

  1. Gunakan metode DP di awal transaksi

Penggunaan DP dalam awal-awal bisnis sangatlah penting. Hal ini bertujuan untuk mengikat customer agar tidak berpindah ke lain tempat seenaknya. Penggunaan DP juga dapat Anda jadikan modal usaha agar lebih berkembang.

  1. Terus melakukan inovasi

Salah satu kiat sukses untuk membuka usaha ini yang terbukti dapat menaikkan omset yaitu dengan terus melakukan inovasi. Anda dapat menjual produk-produk lain yang masih satu tema, seperti jasa foto prawedding, souvenir pernikahan, dan lain sebaiknya. Tak hanya itu, Anda juga dapat meminta bantuan pada kawan atau orang lain untuk memasarkan produk dan menjadi perantara. Jangan lupa untuk memberikan komisi pada orang yang sudah menjadi perantara Anda dengan konsumen.

  1. Selalu ramah pada customer

Pelayanan yang ramah tentu membuat customer merasa nyaman dan tidak segan-segan untuk merekomendasikan usaha Anda ke orang lain. Sebaliknya, pelayanan yang kurang baik tentu akan membuat customer merasa kesal. Jika customer yang merasa kesal tersebut menceritakan pengalamannya ke orang lain, hal ini tentu akan berdampak buruk pada usaha Anda. Usaha Anda lambat laun akan semakin sepi atau bahkan gulung tikar.

Demikian beberapa cara membangun usaha cetak undangan beserta rincian modal yang diperlukan. Jangan mudah menyerah jika nanti usaha Anda menemui halangan di pertengahan jalan. Semoga artikel ini dapat membantu bagi Anda yang hendak membuka usaha jasa cetak undangan.

Загрузка...

Tags: Cara membangun usaha cetak undangan membangun usaha cetak undangan tips membangun usaha cetak undangan

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar