4 Contoh Ide Bisnis Berdasarkan Jurusan Kuliah

Anda tentu pernah berpikir tentang ide bisnis berdasarkan jurusan kuliah yang diambil dalam perguruan tinggi. Ini adalah hal yang wajar dan tentu dialami oleh sebagian besar mahasiswa yang masih ragu tentang masa depannya ketika mengambil jurusan tertentu.

Sebagai seorang mahasiswa, pikiran idealis tentu masih benar-benar kuat di kepala sehingga kebanyakan dari mereka tak ingin berakhir menjadi pekerja atau buruh di sebuah perusahaan. Untuk itulah, langkah bisnis harus dilakukan agar selain dapat mandiri, peluang bisnis tersebut benar-benar dapat dikelola dengan lebih maksimal.

Peluang Bisnis dari Jurusan Kuliah yang Diambil

Sebenarnya, secara umum jurusan kuliah tak akan menentukan apakah Anda akan bekerja sesuai dengan jurusan tersebut. Misalnya untuk orang-orang yang mengambil jurusan hukum, tak semuanya menjadi seorang hakim. Ada pula yang menjadi pebisnis di bidang fashion dan sukses. Begitu juga dengan jurusan-jurusan lainnya.

Peluang anak kuliah

Peluang anak kuliah

Hanya saja, ketika seseorang berkeinginan untuk menjalankan bisnis, maka akan lebih menyenangkan apabila bisnis tersebut sesuai dengan jurusan kuliah yang diambil. Hal ini karena tentu Anda tak perlu terlalu banyak menghabiskan waktu untuk belajar tentang bisnis tersebut karena Anda sudah mempelajarinya di bangku kuliah. Lantas apa saja contoh ide bisnis berdasarkan jurusan kuliah yang dapat dijalankan? Daripada penasaran, sebaiknya Anda simak ulasan berikut.

Bisnis Tanaman Hias – Jurusan Pertanian

Bisnis Tanaman Hias

Bisnis Tanaman Hias

Contoh ide bisnis pertama muncul untuk Anda yang kuliah mengambil jurusan pertanian. Seperti yang kita tahu, pertanian juga akrab dengan berbagai jenis tanaman. Bahkan pada saat praktikum, tak sedikit mahasiswa jurusan pertanian yang harus rela begadang dan menghabiskan waktu untuk mengamati perkembangan tanaman tertentu.

Untuk itu, bagi mahasiswa jurusan pertanian, salah satu ide bisnis yang tepat dilakukan adalah menjual tanaman hias. Bisnis yang satu ini memiliki prospek baik karena banyak sekali peminat tanaman hias. Selain itu, dengan ilmu yang telah dimiliki, maka langkah dalam menjalankan bisnis ini pun tak akan terlalu sulit.

Bisnis Jasa Konseling – Jurusan Psikologi

Ide bisnis berdasarkan jurusan kuliah yang selanjutnya adalah bisnis jasa konseling untuk mahasiswa jurusan psikologi. Ketika berbicara tentang psikologi, hal pertama yang pasti muncul di pikiran adalah tentang ilmu dalam memahami sifat, karakter, dan segala hal yang berkaitan dengan kejiwaan manusia. Ini adalah salah satu peluang bisnis yang cukup diperhitungkan mengingat banyaknya orang yang membutuhkan psikolog hanya sekedar untuk berkonsultasi atau membutuhkan solusi mengenai permasalahan yang mereka hadapi.

psikolog

psikolog

Bisnis jasa konseling dapat dilakukan dengan membuka sebuah tempat khusus atau bahkan dengan cara online. Dalam arti semua pelanggan yang ingin berkonsultasi dengan Anda tak perlu bertatap muka langsung, namun melalui media online.

Bisnis Design dan Komik – Jurusan Desain Komunikasi Visual

Berbicara tentang jurusan desain komunikasi visual (DKV), tentu tak akan jauh dari berbagai hal yang berhubungan dengan desain. Pasalnya desain serta bagaimana cara melakukan komunikasi visual menjadi titik utama pembelajaran pada mahasiswa yang mengambil jurusan DKV.

desain komik

desain komik

Adapun contoh bisnis yang dapat dijalankan adalah desain dan komik. Meskipun banyak yang menganggap bahwa bisnis ini sangat tak menguntungkan, namun pada kenyataannya, banyak sekali perusahaan skala menengah hingga besar membutuhkan jasa desain untuk mengomunikasikan pesan baik melalui logo ataupun komik. Jika Anda mengamati lebih detail, belakangan ini pun komik mulai dilirik sebagai salah satu cara berkomunikasi yang paling ampuh. Pasalnya dengan komik, pesan yang ingin disampaikan dapat lebih menarik dan mudah dicerna oleh masyarakat.

Bisnis Jasa Les Privat – Jurusan PGSD

Meskipun secara umum pekerjaan sebagai guru menjadi pekerjaan yang kurang bonafit, namun pada kenyataannya banyak sekali orang tua yang ingin anaknya mengikuti les privat demi menambah ilmu dan wawasan mengenai pelajaran yang mereka dapatkan di sekolah. Untuk Anda yang mengambil jurusan PGSD, tentu sudah sangat memahami tentang bagaimana cara memberikan pelajaran pada anak-anak SD/sederajat. Dengan begitu, maka menjalankan bisnis ini dapat menjadi salah satu alternatif tepat dalam mendapatkan penghasilan tambahan.

Setidaknya itu dia sedikit contoh ide bisnis yang dapat dilakukan apabila melihat jurusan yang diambil. Sebenarnya masih banyak sekali contoh bisnis yang sesuai dengan jurusan kuliah namun tentu saja tak dapat diulas satu persatu. Intinya adalah ide bisnis apapun yang ingin Anda jalankan, selama ditekuni dengan baik, maka bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancar. Demikian ulasan tentang ide bisnis berdasarkan jurusan kuliah, semoga bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

jurusan untuk peluang berbisnis dan usaha -contoh komik tentang uang dan bisnis -contoh business untuk kuliah -contoh bisnis kuliah -contoh bisnis kreatif mahasiswa manajemen -Caranya usaha sendiri desain komunikasi visual -cara bisni orang yang sudah kuliah jurusan bisnis -bisnis yg berhubungan dengan dkv -bisnis sederhana untuk mahasiswa psikologi -bisnis berdasarkan ide -

Tags: ide bisnis berdasarkan jurusan kuliah ide bisnis berdasarkan jurusan kuliah 2018 tips ide bisnis berdasarkan jurusan kuliah

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "4 Contoh Ide Bisnis Berdasarkan Jurusan Kuliah"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan