5 Peluang Ide Bisnis Kreatif dalam Bidang Perikanan

Mencari ide bisnis kreatif dalam bidang perikanan memang dapat dikatakan cukup mudah. Pasalnya Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang tentunya akan sangat menguntungkan bagi mereka yang ingin membuka peluang usaha bisnis di bidang perikanan. Berbicara tentang bisnis dalam bidang perikanan, ada beberapa jenis usaha yang dapat Anda jalankan. Apa sajakah itu?

Budi daya Ikan Segar

Budi daya ikan segar menjadi salah satu contoh bisnis yang dapat Anda jalankan. Seperti yang kita tahu, kebutuhan konsumsi masyarakat terhadap ikan saat ini dapat dikatakan sangat tinggi. Hal inilah yang menjadikan bisnis budi daya ikan menjadi salah satu peluang usaha yang harus dimanfaatkan.

Budi daya Ikan Segar

Budi daya Ikan Segar

Dalam bisnis yang satu ini, pertama-tama, Anda harus membuat skema dan melakukan riset terkait jenis ikan apa saja yang memiliki nilai jual tinggi dan tentunya banyak dicari oleh konsumen. Apabila pada umumnya para pelaku bisnis budi daya ikan hanya fokus pada ikan yang umum seperti mujair, nila, ataupun lele, maka Anda dapat mengembangkan hal tersebut dengan budi daya ikan salmon dan lain sebagainya.

Restoran atau Rumah Makan Ikan

Ide bisnis kreatif dalam bidang perikanan yang selanjutnya adalah dengan menjalakan sebuah rumah makan ikan. Rumah makan atau restoran ini hanya menyediakan ikan sebagai menu utama yang dapat dikonsumsi oleh para pelanggan. Hal ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi pecinta olahan masakan berbahan dasar ikan.

 Rumah Makan Ikan

Rumah Makan Ikan

Bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis ini, maka pilihlah aneka daging ikan yang tak biasa namun tetap memberikan gizi dan protein ketika dikonsumsi. Selain itu, perhatikan juga mengenai cara penyajian serta rasa masakan yang Anda sajikan. Bisnis rumah makan ini memang dapat dikatakan membutuhkan modal yang cukup besar. Namun apabila Anda dapat mengelolanya dengan baik, bukan hal yang tak mungkin apabila restoran ikan ini dapat sukses nantinya.

Satu hal lain yang dapat Anda aplikasikan adalah pada rumah makan ikan tersebut, sediakan pula kolam pemancingan untuk para pengunjung. Jadi para pengunjung pun dapat mengonsumsi ikan hasil pancingan mereka sendiri.

Bisnis Alat-Alat Perikanan dan Pemancingan

Ide bisnis selanjutnya yang dapat dijalankan adalah jual alat perikanan dan pemancingan. Untuk bisnis ini, Anda dapat menentukan apakah ingin menjalakannya dalam skala besar atau skala kecil. Untuk bisnis alat perikanan dan pemancingan sendiri, prospek ke depannya terbilang bagus. Mengapa? Hal ini karena pecinta kegiatan memancing tidaklah sedikit. Dengan kata lain, sasaran pasar pun dapat lebih luas.

Bisnis Alat-Alat Perikanan

Bisnis Alat-Alat Perikanan

Sebagai informasi, beberapa contoh alat perikanan dan pemancingan yang dapat Anda jual apabila menjalankan bisnis skala besar adalah persewaan perahu, kapal, jaring, fish finder, mesin kapal, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk bisnis ini dalam skala kecil, Anda cukup menyediakan berbagai alat pemancingan mulai dari kail, pancing, senar, dan lainnya.

Bisnis Obat dan Pakan Ikan

jual pakan ikan

jual pakan ikan

Untuk ide bisnis kreatif dalam bidang perikanan yang selanjutnya adalah bisnis obat dan pakan ikan. Dalam bisnis ini, Anda dapat memproduksi pakan dan obat ikan sendiri atau hanya berperan sebagai distributor saja. Apabila Anda memang sudah ahli dan menguasai berbagai cara pengolahan dan pembuatan pakan terbaik untuk ikan, tak ada salahnya jika menjual produk Anda sendiri. Hal ini karena selain modal yang dibutuhkan tak terlalu banyak, penghasilan yang diperoleh pun akan cukup besar karena tidak hanya sebatas distributor pakan saja.

Bisnis Ikan Hias

Adapun contoh ide bisnis lain yang dapat Anda coba lakukan adalah dengan membuka toko ikan hias. Meskipun terbilang sepele, namun prospek bisnis yang satu ini cukup menjanjikan. Pasalnya ikan hias tak hanya disukai oleh anak kecil saja, bahkan orang dewasa pun menyukainya. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya aquarium berisi ikan hias yang ada dalam setiap rumah.

bisnis Ikan Hias

bisnis Ikan Hias

Hanya saja, ketika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis ikan hias, hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai tingkat persaingannya. Memang jumlah pebisnis ikan hias tak terlalu banyak, namun daya tarik mereka adalah beragam jenis ikan hias yang ditawarkan. Oleh karena itu, apabila Anda ingin benar-benar bersaing, carilah distributor atau penyedia ikan hias yang tak biasa. Hal ini akan menjadi nilai tambah untuk bisnis Anda tersebut.

Demikian sedikit ulasan tentang ide bisnis kreatif dalam bidang perikanan yang dapat dilakukan, semoga bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bisnis perikanan -peluang usaha Perikanan -usaha bidang perikanan -usaha di bidang perikanan -peluang bisnis perikanan -peluang usaha di bidang perikanan -https://carainvestasibisnis com/5-peluang-ide-bisnis-kreatif-dalam-bidang-perikanan/ -usaha dibidang perikanan -wirausaha bidang perikanan -usaha perikanan -

Tags: apa saja ide bisnis kreatif dalam bidang perikanan ide bisnis kreatif dalam bidang perikanan ide bisnis kreatif dalam bidang perikanan 2018 ide bisnis kreatif dalam bidang perikanan modal kecil ide bisnis kreatif dalam bidang perikanan terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Peluang Ide Bisnis Kreatif dalam Bidang Perikanan"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan