Seperti Apa Strategi Bisnis Waralaba yang Dijamin Cuan?

Tahukah Anda bagaimana strategi bisnis waralaba yang efektif dan mendatangkan cuan? Anda bisa menyimaknya di artikel yang satu ini.  Bisnis waralaba menjadi idola dan impian karena mudah dalam melakukan pengelolaan. Bisnis waralaba mulai terkenal saat Benjamin Franklin mengawali jaringan toko percetakan serta surat berita pertamanya di Amerika Serikat. Ben menandatangani perjanjian waralaba pada 13 September 1731. Kerja sama dilakukan oleh Ben dan Thomas Whitmarsh membuat toko percetakan Charleston, South Carolina.

Bisnis rumahan waralaba modal kecil

Bisnis waralaba akan melibatkan dua orang. Pertama, franchisor yang menyediakan berbagai macam sistem yang diperlukan dalam bisnis. Kedua franchisee yang membeli sistem tersebut dan melaksanakan bisnisnya sendiri. Sampai saat ini bisnis waralaba terus tumbuh dan berkembang pesat. Lalu bagaimana strategi bisnis waralaba yang bisa mendatangkan cuan? yuk simak!

Identifikasi dan Analisa Pasar

Strategi bisnis waralaba pertama adalah Anda harus identifikasi dan analisa pasar. Sebelum Anda menjual produk tertentu, sebaiknya lakukan analisis dan identifikasi pasar. Misalnya Anda berniat untuk bisnis waralaba kopi kekinian, Anda  bisa menentukan siapa yang akan menjadi konsumen Anda misalnya saja pekerja kantoran dan mahasiswa. Anda bisa mencari lokasi yang dekat dengan kampus atau area perkantoran.

Pilih Brand yang Kuat

Setiap bisnis pasti memiliki kompetitor.  Untuk bisa bersaing dengan kompetitor Anda harus memenangkan persaingan. Pilihlah brand yang kuat dan sudah punya nama atau terkenal di kalangan masyarakat. Anda harus memilih brand yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan pesaing.

Selain itu, Anda harus selektif dalam memilih jenis franchise tersebut. Apakah franchise tersebut dibutuhkan masyarakat atau tidak.  Anda bisa melihat berapa besar peluang kesuksesan bisnis waralaba tersebut. Jangan pernah memilih brand waralaba yang memiliki reputasi buruk.

Baca juga:  Memulai Bisnis Thrift Shop, Ide Usaha Millennial yang Masih Trend di 2022

Fokus dengan Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Strategi selanjutnya adalah fokus dengan pelayanan dan kepuasan pelanggan. Anda akan merusak citra brand franchisor dan akan mempengaruhi relasi buruk dengan berbagai pihak. Sebaiknya Anda terus mengupayakan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan pastikan jika kepuasan pelanggan menjadi prioritas Anda dalam menjalankan bisnis franchise.

Memanfaatkan Sumber Daya dan Dukungan Franchisor

Anda bisa memanfaatkan segala sumber daya dan dukungan dari franchisor. Misalnya saja pendanaan, pelatihan, operasional, pemasaran, teknologi dan berbagai macam dukungan yang lain. Anda bisa menguatkan relasi antara franchisor dan mereka akan membantu Anda mensukseskan bisnis Anda. Citra dan reputasi brand milik franchisor sedang dipertaruhkan ke dalam kuasa Anda sebagai hak jual. Mereka akan selalu senang dan mendukung bisnis franchise Anda.

Bangun Reputasi di Tengah Komunitas

Saat awal menjalankan bisnis franchise, Anda bisa memulai reputasi di tengah masyarakat terutama komunitas. Ada komunitas tertentu yang sejalan dengan jenis usaha yang Anda pilih. Anda bisa mengikuti kegiatan baik dalam bentuk bazaar maupun event yang lain. Jangan ragu menjadi sponsor atau donatur di acara mereka.

Pilih Lokasi Jualan yang Strategis

Strategi yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah pilih lokasi berjualan yang strategis. Dari sekian banyak hal yang dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis franchise, memilih lokasi berjualan menjadi hal yang penting. Dengan lokasi yang strategis dan pasar yang sesuai dengan target pelanggan, Anda bisa mencapai penjualan seperti yang Anda harapkan. Yang perlu diketahui lokasi ramai bukan jaminan bisnis Anda bisa menarik pelanggan. Terlebih jika lokasi yang Anda pilih ini tidak sesuai dengan target pemasaran Anda.

Ikut Serta dalam Berbagai Even

Strategi bisnis waralaba yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah ikut serta dalam event. Apapun jenis bisnis waralaba bisnis Anda, penting bagi Anda untuk memanfaatkan berbagai event yang ada. Selektiflah dalam memilih event. Misalnya event itu untuk anak-anak, sangat tidak cocok jika Anda membuka stan rokok. Misalnya event itu untuk anak remaja dan bisnis waralaba Anda minuman kekinian. Anda bisa membuka stan di event tersebut.

Baca juga:  5 Tips Mengelola Bisnis Fashion Saat Pandemi

Promo Konsisten dan Efektif

Strategi bisnis waralaba yang tidak boleh Anda tinggalkan adalah promosi yang konsisten dan efektif. Seperti pacar atau pasangan, mempertahankan hubungan kerap sulit dibandingkan mendapatkannya. Anda bisa saja mendapatkan pasangan yang mudah tapi tidak semua hubungan berhasil sampai ke jenjang pernikahan bahkan sampai kakek nenek.

Baca juga : 7 Cara Promosi Usaha Saat New Normal, Patut Dicoba!

Sama halnya konsumen, mendapatkan konsumen mudah dibandingkan mempertahankannya. Jika bisnis Anda ingin sukses, Anda harus memiliki banyak pelanggan loyal yang setia melakukan pembelian  ke bisnis Anda.

Fokus dan Pantang Menyerah

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah fokus dan pantang menyerah. Tetaplah fokus pada apa yang ingin Anda tuju dan teruslah meraih apa yang ingin dicapai tanpa pantang menyerah.  Terus jaga semangat Anda dalam menjalani bisnis ini. Usaha yang baik dan sukses tidak hanya dilakukan semalam saja. Banyak kesuksesan dicapai dengan langkah perlahan tapi pasti dan konsisten. Kembangkan bisnis dengan bertahap dan tetap fokus pada inti bisnis Anda.

Bisnis waralaba bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan bisnis simpel dan anti ribet. Lakukan beberapa strategi bisnis waralaba diatas agar bisnis Anda bisa berkembang sesuai dengan harapan!

Tags: daftar strategi bisnis waralaba strategi bisnis waralaba

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Tinggalkan pesan "Seperti Apa Strategi Bisnis Waralaba yang Dijamin Cuan?"