Apa itu Monetisasi TikTok dan Bagaimana Caranya?

Sudahkah Anda tahu apa itu monetisasi TikTok? Jika belum silahkan Anda membaca artikel ini sampai bawah! Di era digital seperti saat ini banyak yang beranggapan, mendapatkan uang itu mudah asalkan Anda tahu caranya. Jika tidak tahu caranya Anda justru yang akan mengeluarkan uang untuk menghadapi era digital seperti saat ini. Sebelum era digital, banyak yang bekerja untuk uang. Berbeda dengan saat ini, uang lah yang akan bekerja untuk Anda.

Nah, jika Anda jeli saat ini ada banyak peluang mendapatkan cuan yang terbuka dengan lebar. Salah satunya adalah monetisasi TikTok. Anda sebagai pemula juga bisa melakukan monetisasi TikTok tersebut kemudian mendapatkan cuan. Agar tidak semakin penasaran yuk simak apa itu monetisasi TikTok dan bagaimana caranya!

Pengertian

Monetisasi TikTok

Sebelum Anda tahu bagaimana cara monetisasi TikTok ada baiknya Anda tahu apa itu monetisasi TikTok terlebih dahulu. Yang dimaksud monetisasi TikTok adalah cara mendapatkan atau menghasilkan uang melalui aplikasi TikTok. Siapa saja bisa menghasilkan uang di aplikasi hanya saja harus paham cara kerjanya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi yang ingin mendapatkan monetisasi atau cuan dari TikTok tersebut.

Tips Monetisasi TikTok yang Efektif

Setelah Anda tahu apa itu monetisasi TikTok ada baiknya Anda tahu bagaimana tips monetisasi TikTok yang efektif seperti berikut ini!

  1. Menentukan Niche Akun

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan niche akun. Minat akun TikTok ini sangat berpengaruh terhadap pemasukan Anda. Terlebih jika Anda melakukan cara sponsored content post, jual beli akun dan jasa pengelola akun. Dengan menentukan niche yang spesifik Anda bisa melakukan optimasi akun lebih spesifik misalnya kuliner, teknologi dan sebagainya.

Baca juga:  Pengertian Industri Kreatif: Definisi, Contoh dan Tips Memulainya

Ada beberapa cara agar niche akun Anda menjadi lebih spesifik seperti tulis minat di bio profil Anda, tonton video dengan niche yang sama di pencarian topik, saling follow dengan user di topik yang sama, buatlah video seputar topik yang Anda inginkan, gunakan hashtag yang sesuai dan lakukan challenge viral yang disesuaikan dengan topik Anda.

Mengapa niche ini penting? Hal itu karena dengan menekuni sebuah niche kemungkinan konten video Anda masuk ke fyp akan semakin besar dan menjaring leads seperti yang Anda butuhkan. Berbeda dengan umum yang jarang sekali masuk fyp.

  1. Pengaturan Target

Yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah pengaturan target. Jika Anda sudah menentukan niche, saatnya melakukan setting atau pengaturan. Anda bisa mengatur target pemasukan. Gunakanlah kalkulator uang TikTok yang banyak tersebar di internet. Kalkulasi ini bisa dilakukan bagi TikToker maupun influencer. Jika Anda TikToker Anda dan agensi influencer Anda bisa menggunakan money calculator untuk endorsement.

Bagi agensi influencer, Anda bisa menjadikan money calculator ini untuk memperhatikan biaya endorsement para TikToker. Semua akan menghasilkan persentase engagement rate akun dan Anda bisa memperkirakan pendapatan dari TikTok. Hal inilah yang menjadi poin apakah TikTok bisa menghasilkan uang bagi Anda atau tidak.

  1. Tingkatkan Follower

Untuk bisa melakukan monetisasi TikTok yang efektif Anda harus bisa meningkatkan followers. Jangan sampai Anda membeli followers karena tidak efektif untuk monetisasi TikTok Anda. Dengan membeli followers Anda justru membuat uang bukan mendapatkan uang.  Solusi untuk mendapatkan follower yang melimpah di TikTok adalah Anda bisa menemukan niche konten, Anda bisa mengupload video yang menarik.

Hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah konsisten atau terjadwal. Pahami tren di TikTok yang selalu berubah, coba sesuatu hal yang baru dengan mengikuti tren secara konsisten. Anda juga bisa melakukan optimasi profile Anda di TikTok.  Anda bisa ikut challenge viral, melakukan kolaborasi dengan pengguna TikTok yang lain, upload konten ke media sosial yang lain, upload di jam prime time dan sebagainya.

Baca juga:  Bekerja Sesuai Passion atau Bekerja Sesuai Gaji? Kamu yang Mana?

Apa Saja Monetisasi TikTok?

Berbeda dengan YouTube, monetisasi TikTok ini jenisnya ada berbagai macam.  Apa saja? yuk simak!

  1. Streaming

Monetisasi TikTok yang satu ini banyak disukai. Nilai tukar untuk live streaming sangat bervariasi tergantung berapa lama live streaming itu. Umumnya, pengguna TikTok membeli koin dengan menggunakan uang sungguhan. Setelah itu mereka akan menggunakannya untuk membuat konten teratas. Streaming bekerja seperti donasi atau tip di dunia nyata yang efektif untuk mendapatkan uang tambahan.

  1. Influencer

Monetisasi TikTok selanjutnya influencer. Cara ini menjadi yang terbaik untuk menghasilkan uang dari aplikasi TikTok. Yang dimaksud dengan influencer adalah seseorang yang bisa berpengaruh terhadap keputusan orang lain. Baik itu karena popularitas dan kredibilitas audiens yang bersangkutan. Nah, tidak ada salahnya jika Anda mencoba monetisasi yang satu ini untuk mendapatkan uang dari TikTok.

Baca juga : Sedang Tren, Bagaimana Cara Membuat Toko di TikTok Shop?

  1. Promosi Konten

Yang terakhir adalah promosi konten. Anda bisa membuat konten secara khusus kemudian posting di beranda TikTok Anda. Gunakan cara satu ini untuk mempromosikan produk orang lain. Nantinya Anda bisa mendapatkan uang dari promosi tersebut. Semakin banyak konten yang Anda promosikan semakin banyak cuan yang bisa Anda peroleh.

Kini Anda sudah tahu apa itu monetisasi TikTok, caranya dan jenis-jenisnya, semoga informasi ini bermanfaat ya!

 

Tags: apa itu monetisasi TikTok cara monetisasi TikTok

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Tinggalkan pesan "Apa itu Monetisasi TikTok dan Bagaimana Caranya?"