Awas Salah Pilih, Ini Dia 7 Cara Mencari Supplier Termurah dan Berkualitas!

Cara mencari supplier termurah – Agar bisnis online yang Anda kelola ini berjalan dengan lancar, tentunya Anda harus memiliki supplier yang berkualitas dan terpercaya. Selain itu penting untuk memilih reseller yang mana menawarkan harga terbaik. Jika distributor ini hanya pengedar ke konsumen supplier merupakan pihak yang mana menyediakan produk langsung ke konsumen. Mereka juga menjadi pihak yang memproduksi produk tersebut.

Cara mencari supplier termurah

Cara mencari supplier termurah

Jika Anda membeli atau mengambil barang langsung dari supplier tangan pertama tentu hal ini akan lebih menguntungkan bagi Anda karena bisa mendapatkan produk dengan kualitas terbaik dan harganya jauh lebih murah. Berikut ini beberapa cara mencari supplier termurah yang bisa Anda lakukan:

Tentukan Produk yang Anda Inginkan

Yang bisa dilakukan pertama adalah tentukan produk yang diinginkan. Anda bisa menentukan kebutuhan yang bisnis online yang dijalankan. Jika bisnis online yang Anda kerjakan ini memproduksi barang sendiri maka produk yang dibutuhkan adalah material yang diperlukan untuk kebutuhan produksi bisnis Anda.

Jika bisnis yang Anda jalankan sifatnya adalah reseller atau dropshiper maka produk yang Anda butuhkan adalah produk yang siap pakai. Dengan hal ini Anda bisa tahu produk yang Anda butuhkan dan klasifikasi jenis supplier yang akan Anda cari semakin spesifik.

Lokal atau Internasional

Cara mencari supplier termurah yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah memilih lokal atau internasional.  Keduanya memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Untuk yang lokal komunikasi akan lebih mudah karena tidak ada kendala berarti, tidak ada juga kesalahpahaman yang tidak perlu.

Untuk melacak keberadaan supplier, pengiriman lebih mudah. Untuk supplier internasional atau luar negeri Anda bisa saja mendapatkan harga yang lebih murah namun Anda harus mengecek kredibilitas supplier, kualitas barang dan biaya pengiriman yang lebih besar dibandingkan dengan supplier lokal.

Hubungi Calon Supplier dan Negosiasi

Selanjutnya hubungi calon supplier dan lakukan negosiasi. Jika Anda sudah mendapatkan informasi mulai untuk berinteraksi, sebutkan tujuan bisnis Anda selain itu mulai lakukan komunikasi dengan mereka. Minta informasi yang Anda butuhkan berhubungan dengan produk, sistem pemesanan dan juga layanan yang mereka miliki dalam menyediakan produk. Setelah mendapatkan informasi yang Anda butuhkan mulailah melakukan negosiasi dengan tujuan mendapatkan penawaran yang menguntungkan untuk Anda. Yang harus diingat adalah tawaran dalam negosiasi haruslah rasional dan tidak memberatkan.

Cari di Sentra Industri atau Marketplace

Jika mencari secara manual sulit maka tidak ada salahnya jika Anda mencarinya di supplier tangan pertama melalui sentra industri atau Anda bisa mencarinya di online marketplace. Jika Anda tinggal di kota besar maka patut untuk mencoba berkunjung di sentra industri yang ada di kota Anda tersebut.

Dengan mengunjungi sentra industri mudah bagi Anda dalam membandingkan harga dan juga kualitas. Bertatap muka secara langsung dengan supplier tangan pertama akan memungkinkan Anda untuk bisa menawarkan kerjasama bisnis kedepannya. Anda bisa melalui online marketplace yang sudah profesional dan juga terpercaya.

Jalin Kerjasama dengan Perjanjian Tertulis

Jika Anda sudah sukses dalam menjalin komunikasi dan juga kerjasama dengan supplier maka Anda harus membuat peraturan tertulis. Peraturan tersebut semacam kontrak yang ditandatangani dengan kedua belah pihak yaitu Anda dan juga pihak supplier Anda sendiri.

Pastikan kedua belah pihak sudah setuju dengan poin perjanjian kemudian tanda tangani kontrak yang sudah terikat dengan hukum tersebut. Baru setelahnya Anda bisa memulai kerjasama dan pemesanan serta menjalin pengadaan produk-produk tersebut dari supplier Anda.

Forum Bisnis Online

Cara mencari supplier termurah yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah mencari di forum bisnis online. Koneksi atau jaringan dengan mitra sesama penjual ini sangat penting. Jalin kepercayaan dengan mereka sebab pada dasarnya sebuah bisnis ini tidak bisa dijalankan sendirian, Anda membutuhkan banyak pengetahuan dan juga pengalaman.

Baca juga : Bisnis Jual Beli HP Bekas dengan Peluang yang Menjanjikan

Saat memiliki relasi maka secara otomatis Anda akan memiliki komunitas maupun forum bisnis online. Hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai cara untuk bisa mencari informasi supplier murah dengan kualitas seperti yang Anda inginkan.

Cara Mengecek Kredibilitas Supplier

Tidak hanya cara mencari supplier termurah saja yang harus Anda perhatikan namun harus mengecek kredibilitas konsumen. Terutama jika Anda mencarinya dengan cara online, tentu banyak hal yang harus Anda pertimbangkan. Supaya tidak dalam memilih Anda bisa mengetahui bagaimana feedback pelanggan atau review yang diberikan pelanggan kepadanya. Semakin bagus feedback yang diberikan maka sudah bisa dipastikan jika supplier tersebut terpercaya dan memiliki reputasi yang bagus.

Perhatikan last seen pasalnya kecepatan pelayanan ini tergantung dengan performa chat. Supplier yang serius dan profesional dalam menjalankan bisnisnya ini akan selalu mengecek akun sosial media maupun marketplace untuk bisa melayani pelanggan atau update barang dagangan mereka.

Mencari supplier tidak hanya fokus dengan harga murah saja namun penting untuk mencari supplier yang benar-benar berkualitas dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan, konsumen dan juga mitranya. Lakukan beberapa cara mencari supplier termurah namun berkualitas diatas agar tidak menjadi salah pilih.

Tags: bagaimana Cara mencari supplier termurah Cara mencari supplier termurah

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar