4 Alasan Pentingnya BPJS Ketenagakerjaan bagi Perusahaan Skala Kecil sampai Besar

Pentingnya BPJS ketenagakerjaan bagi perusahaan – Penggunaan BPJS ketenagakerjaan sangat penting untuk dilakukan, tidak hanya untuk karyawan saja namun juga untuk pebisnis atau perusahaan itu sendiri. BPJS terbukti mampu melindungi berbagai macam risiko dan juga kerugian yang mana bisa terjadi kapan saja dan dimana aja. Dengan menggunakan BPJS tersebut hak-hak dan juga kewajiban bisa terjaga dengan baik. BPJS ketenagakerjaan ini memang secara khusus dimanfaatkan sebagai pelindung para pekerja dan juga pemilik lapangan kerja itu sendiri. BPJS juga menjadi solusi bagi permasalahan yang mana bisa terjadi di dalam dunia kerja dikarenakan memberikan banyak jenis perlindungan di dalamnya.

Bagi Anda yang berbisnis dan belum mengikuti program BPJS ketenagakerjaan sebaiknya segera mengikuti program tersebut. Berikut ini ada beberapa alasan pentingnya BPJS ketenagakerjaan bagi perusahaan yang penting untuk Anda ketahui:

Melindungi dari Kecelakaan Kerja

bpjs ketenagakerjaan

Anda tidak akan pernah tahu kapan kecelakaan kerja tersebut terjadi. Terlebih lagi jika jumlah karyawan banyak penting sekali bagi Anda untuk mendaftarkan semua karyawan tersebut di BPJS ketenagakerjaan.  Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa angka kecelakaan kerja di Indonesia ini cukup tinggi dimana dari data tahunan angkanya mencapai 103 ribu orang. Hal tersebut diperparah dengan angka kematian dari kecelakaan kerja tersebut yang mencapai 2,4 ribu per tahunnya. Jika di rata-rata maka ada sedikitnya 8 orang yang meninggal per hari dikarenakan kecelakaan kerja tersebut. Melihat angka ini tentunya sangat besar dan bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Dari beberapa kasus kecelakaan kerja yang ditemukan, mereka banyak yang belum memiliki BPJS ketenagakerjaan. Jika meninggalkan tanggungan berupa keluarga dikhawatirkan mereka tidak akan bisa melanjutkan kehidupannya setelah kematian dari pihak yang bersangkutan. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka keikutsertaan BPJS ketenagakerjaan ini sangat diperlukan.

Mendapatkan Sanksi

Mendapatkan sanksi bpjs ketenagakerjaan

Mendapatkan sanksi bpjs ketenagakerjaan

Bisa dikatakan bahwa BPJS ketenagakerjaan ini merupakan program pemerintah yang wajib diikuti oleh semua Warga Negara Indonesia, sehingga siapa yang tidak mengikuti program pemerintah akan mendapatkan sanksi. Pemerintah tidak akan segan memperingatkan masyarakatnya yang tidak mengikuti program BPJS kesehatan, pemerintah juga tidak akan segan memperingatkan dan memberikan sanksi kepada perusahaan yang tidak ikut aturan pemerintah. Dikhawatirkan jika Anda tidak mengikuti program tersebut akan bisa mendapatkan teguran tertulis yang dilakukan oleh pihak BPJS, denda yang diberlakukan oleh pihak BPJS, dan juga tidak akan mendapatkan pelayanan publik tertentu yang dilakukan sengaja oleh pemerintah atas permintaan dari BPJS.

Soal layanan publik yang tidak akan diberikan kepada perusahaan yang belum mendaftarkan menjadi peserta BPJS adalah tidak akan mendapatkan perizinan yang berhubungan dengan usaha, tidak akan mendapatkan izin untuk mengikuti tender proyek tertentu, tidak mendapatkan izin untuk memperkerjakan tenaga asing, tidak akan memberikan izin kepada perusahaan yang menyediakan jasa pekerja atau buruh, dan yang terakhir adalah tidak akan mendapatkan izin untuk mendirikan bangunan atau IMB.

Menjamin Kesejahteraan dan Keamanan Pekerja

Pentingnya BPJS ketenagakerjaan bagi perusahaan selanjutnya adalah bisa menjamin kesejahteraan dan juga keamanan pekerja. Pekerja yang tidak dijamin keselamatan, kesejahteraan, dan juga kesehatannya oleh perusahaan akan memiliki produktivitas yang menurun yang terbukti bisa  membuat performa perusahaan juga menjadi menurun.

Menciptakan Citra yang Baik bagi Perusahaan

Untuk memperbesar bisnis dan perusahan, tentu Anda akan menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Jika Anda dan perusahaan tidak mengikuti program yang telah diberlakukan oleh pemerintah akibatnya adalah citra perusahaan Anda menjadi buruk sehingga mereka tidak akan jadi bekerja sama dengan perusahaan Anda. Hal yang ditakutkan oleh mereka adalah isi perjanjian yang bisa dilanggar kapan saja. Jika perusahaan Anda bisa tidak mengikuti program yang dicanangkan oleh pemerintah maka Anda juga bisa tidak mengikuti isi perjanjian yang telah disepakati bersama kapan saja. Selain itu yang ditakutkan adalah saat menjalin kerja sama pemerintah menindak tegas perusahaan-perusahaan yang tidak mengikuti program BPJS sehingga mereka juga akan terkena imbasnya.

Keuntungan Menggunakan BPJS Ketenagakerjaan

Ada banyak program yang dimiliki oleh BPJS ketenagakerjaan tersebut seperti Program Jaminan Hari Tua, Program Jaminan Kecelakaan Kerja atau JKK, Program Jaminan Kematian, dan yang terakhir adalah Program Jaminan Pensiun. Setiap program tentunya memiliki manfaat dan juga keuntungannya masing-masing.

Selain itu besaran iuran yang harus ditanggung pun tergantung dengan program yang diikuti misalnya saja untuk Jaminan Kecelakaan Kerja iuran wajibnya sebesar 0,24% sampai dengan 1,74% tergantung dengan risiko kerja. Untuk JKK ini sepenuhnya adalah tanggungan perusahaan. Khusus untuk perusahan besar dan menengah semua program tersebut wajib diikuti karena programnya benar-benar menguntungkan pekerja yang mana juga bermanfaat sebagai peningkat kapasitas perusahaan. Jika pekerja merasa diuntungkan maka kinerjanya akan maksimal dan juga memuaskan.

BPJS ketenagakerjaan ini menjadi lembaga pemerintah yang terbukti memberikan perlindungan terhadap para pekerja. Semoga setelah membaca pentingnya BPJS ketenagakerjaan bagi perusahaan di atas, semakin banyak perusahaan yang mendaftarkan diri jadi peserta BPJS ketenagakerjaan sehingga perusahaan dan karyawan akan sama-sama diuntungkan.

Загрузка...

Tags: Pentingnya BPJS ketenagakerjaan bagi perusahaan seberapa Pentingnya BPJS ketenagakerjaan bagi perusahaan

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar