Mengenal Risiko dan Keuntungan Investasi Properti

Investasi properti merupakan salah satu pilihan investasi yang banyak digemari masyarakat saat ini karena risikonya yang terbilang lebih kecil sementara keuntungannya lumayan. Nah bila Anda berencana untuk memulai investasi ini, sebaiknya ketahui dulu apa saja risiko dan keuntungan investasi properti sehingga dapat menghindari atau meminimalkan risiko dan memperoleh keuntungan yang besar.

risiko investasi properti, keuntungan investasi properti

Risiko Investasi Properti

Berikut ini adalah beberapa risiko investasi properti yang mungkin muncul saat Anda memilih jenis investasi ini:

1. Terhadang Regulasi Pemerintah

Tersangkut masalah perizinan biasanya adalah risiko investasi properti yang harus Anda hadapi. Bila Anda menginvestasikan uang Anda pada sebuah pengembang untuk membangun properti skala besar biasanya akan terhadang masalah perizinan dari pemerintah.

Atau bila Anda kurang hati-hati, Anda pun dapat saja tertipu penjual yang menjual properti sengketa atau properti yang berada di ruang hijau yang sebetulnya tidak boleh digunakan untuk bangunan.

Untuk meminimalkan risiko investasi properti tsb maka Anda dituntut untuk aktif mencari informasi mengenai rencana tata kota dan memeriksa surat-surat bukti kepemilikan properti tsb.

Baca juga: Tips Membeli Properti Sitaan Bank

2. Masalah Kredit Bank

Risiko investasi property lainnya adalah tersangkut kredit bank bila Anda akan membeli properti tersebut secara kredit. Bila tidak disetujui, bisa saja uang booking fee atau tanda jadi Anda akan hilang. Jadi sebaiknya Anda ketahui dulu persyaratan kredit sebelum Anda akan memulai investasi ini.

3. Rusaknya Bangunan

Seiring dengan waktu maka bangunan akan mengalami kerusakan apalagi bila tidak dilakukan perawatan secara berkala. Rusaknya bangunan ini tentunya akan menurunkan harga jual dan merupakan risiko investasi properti yang harus dihadapi. Sebaiknya Anda lakukan pemeriksaan dulu mengenai kondisi fisik bangunan sebelum Anda membelinya dan lakukan perawatan berkala agar bangunan tsb dapat bertahan lama dan memiliki harga jual yang semakin naik.

4. Sulit Dijual

Risiko investasi properti berikutnya adalah sulitnya menjual kembali terutama bila Anda melakukan investasi tanah atau di lokasi yang kurang strategis. Jadi sebaiknya lakukan survey dulu apakah lokasi tsb ada kemungkinan berkembang atau tidak.

Nah itulah risiko investasi properti yang perlu Anda ketahui. Lalu apa saja keuntungan investasi ini?

Keuntungan Investasi Properti

Berikut ini adalah beberapa potensi keuntungan investasi properti yang dapat Anda peroleh:

1. Harga Jual Kembali Tinggi

Potensi keuntungan investasi properti sangat besar tergantung dari seberapa strategis lokasi property tsb, bahkan Anda dapat meraih keuntungan berlipat loh. Saya masih ingat ketika menjual sebuah unit apartemen yang masih dalam tahap pembangunan dan pembayaran DP, saat itu saya mendapatkan keuntungan 100%, sungguh sesuatu yang tak pernah saya duga sebelumnya.

Selain itu itu jumlah tanah di negara kita itu tetap tidak bertambah sementara jumlah penduduk semakin bertambah. Kondisi ini merupakan keuntungan investasi properti karena harga tanah akan selalu naik.

Baca juga: Tips Jitu Memiliki Rumah di Usia Muda (Bawah 30an)

2. Pangsa Pasar Yang Luas

Rumah merupakan kebutuhan primer oleh karena itu pangsa pasar dari properti seperti rumah dapat mengjangkau pangsa pasar yang luas, baik kelas menengah ke atas ataupun kelas menengah ke bawah, dan ini adalah salah satu keuntungan investasi properti yang harus Anda manfaatkan.

3. Dapat Disewakan

Selain mendapatkan keuntungan saat penjualan, ternyata properti dapat disewakan loh, misalnya menyewakan rumah kost-kostan, atau menyewakan tanah untuk penjual makanan, dsb. Ini adalah keuntungan investasi properti yang harus Anda manfaatkan sebaik-baiknya.

Itulah beberapa risiko dan keuntungan investasi properti yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi …

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

resiko investasi properti -cara meminimalisir resiko investasi tanah -resiko investasi dalam property -Resiko dan keuntungan investasi properti -Resiko dalam ivestasi properti -permasalahab properti investasi -keuntungan dsn resiko investasi properti -keuntungan dan resiko investasi properti -investasi pada bangunan -sumber resiko & keuntungannya investasi -

Tags: Keuntungan Investasi Properti Risiko Investasi

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Mengenal Risiko dan Keuntungan Investasi Properti"

Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak
  1. author

    diana3 tahun agoBalas

    tipsnya bagus ,,, thanks

Tinggalkan Balasan