4 Layanan Fintech Terbaik di Indonesia Beserta Contohnya

Layanan fintech terbaik di Indonesia – Saat ini teknologi tanpa batas dan terus mengalami perkembangan yang signifikan. Hal itu dikarenakan setiap orang atau individu akan bekerja keras untuk bisa melakukan inovasi atau untuk menciptakan sesuatu yang banyak dibutuhkan dan untuk memberikan kemudahan bagi manusia. Contoh perkembangan teknologi saat ini yang berkembang dengan pesat adalah bisnis online e-commerce yang mana memberikan fasilitas kepada para penjual untuk bisa menjual dan memasarkan produknya dengan mudah. Selain e-commerce saat ini pun masyarakat dikejutkan dengan industri baru bernama fintech.

Apa itu Fintech?

Masih ada beberapa masyarakat yang belum familiar dan belum mengerti dengan fintech ini. Namun ada juga yang sudah sering menggunakan layanan tersebut namun belum tahu jika yang digunakannya termasuk dalam layanan fintech. Lalu apa itu sebenarnya fintech?, pengertian fintech adalah perusahan atau industri yang bergerak dalam financial technology yang mana memudahkan masyarakat untuk bisa mengakses produk keuangan, memudahkan dalam transaksi keuangan, dan juga bisa membuat masyarakat memahami tentang literasi keuangan.

Untuk negara berkembang seperti Indonesia ini fintech mencakup banyak jenis dimana banyak didominasi oleh perusahaan startup misalnya untuk pembayaran lending atau peminjaman, investasi di bidang retail, crowdfunding, perencanaan keuangan, dan masih banyak lagi lainnya. Yang menarik dari fintech yang ada di Indonesia ini adalah mereka mampu berkembang dengan pesat dan saat ini jumlahnya mencapai puluhan bahkan bisa berkembang menjadi lebih banyak lagi.

Layanan Fintech

Ada beberapa layanan fintech terbaik di Indonesia dikarenakan layanan tersebut banyak digunakan dan dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak mengherankan jika saat ini perusahaan tersebut mampu tumbuh dan berkembang dengan pesat. Berikut adalah layanan fintech terbaik di Indonesia yang penting untuk Anda ketahui:

  1. Peer to Peer Lending atau P2P
Peer to Peer Lending atau P2P

Peer to Peer Lending atau P2P

Layanan ini akan memberikan pinjaman kepada anggota kelompok atau masyarakat yang mana beranggotakan 15 sampai dengan 20 orang. Sistem atau layanan ini disebut juga dengan tanggung renteng. Layanan fintech ini sudah masuk ke berbagai desa. Selain memberikan pinjaman layanan ini juga akan memberikan pembinaan ke desa tersebut, misalnya saja ada anggota kelompok yang tidak bisa mengembalikan pinjaman maka anggota lainnya harus bertanggung jawab untuk bisa membayarnya. Misalnya pembayarannya minggu ini sebesar 150 ribu, kemudian masing-masing anggota harus membayar 10 ribu untuk melunasi cicilan anggota tersebut.

Selain menciptakan rasa tanggung jawab, memupuk solidaritas, juga bisa melatih kerja sama kelompok. Salah satu perusahaan yang memberikan layanan Peer to Peer Lending atau P2P adalah Amartha. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2010 silam, mereka mengawali bisnis di konsep balance sheet lending dan dana yang dipinjamkan ke masyarakat berasal dari modal mereka sendiri. Selain itu Amartha juga mendapatkan dana dari perusahaan lain yang menanamkan uangnya atau biasa disebut sebagai investor. Baru di tahun 2016 Amartha mengubah konsep bisnis menjadi P2P.

  1. Pembayaran Online

Saat ini masyarakat membutuhkan pembayaran yang praktis dan mudah salah satunya adalah menggunakan pembayaran online. Salah satu perusahaan startup yang memiliki layanan fintech terbaik di Indonesia berupa pembayaran online adalah Go-Jek. Go-Jek merupakan aplikasi on demand yang kini memudahkan para penggunanya dengan layanan pembayaran online Go-Pay. Sebelumnya perusahaan ini sudah melakukan akuisisi perusahan PonselPay untuk bisa mendukung operasional Go-Pay ini. Alhasil pengguna aplikasi GO-Jek yang jumlahnya lebih dari 1,5 juta pengguna tersebut sudah banyak menggunakan layanan pembayaran online Go-Pay tersebut.

go Pay

go Pay

Yang menarik lagi adalah Go-Pay ini tidak hanya membayar transaksi dalam Go-Jek saja namun menyediakan berbagai macam fitur yang lengkap seperti transfer saldo, penarikan saldo seperti e-money, dan lain sebagainya.  Inovasi yang akan dilakukan oleh Go-Pay selanjutnya adalah bisa digunakan dalam berbagai macam merchant sehingga pembayaran bisa lebih cepat, tepat, dan praktis.

  1. Layanan Pinjaman Tanpa Agunan

Uang teman V2 venture capital

Saat ingin mendapatkan uang dengan modal yang besar pikiran langsung terbersit ke pihak bank. Uang yang bisa dipinjamkan oleh pihak bank pun beragam mulai dari jutaan, puluhan juta, bahkan miliaran. Namun semakin berkembangnya teknologi saat ini untuk meminjam modal uang bisa dengan menggunakan layanan tanpa agunan ini. Salah satu fintech yang memberikan layanan pinjaman tanpa agunan yaitu Uang Teman. Di dalam situs ini memang tidak seperti bank yang mana bisa meminjamkan uang sampai dengan miliaran namun hanya bisa memberikan pinjaman mulai dari 1 juta sampai dengan 3 juta rupiah. Untuk proses pengembaliannya hanya dibatasi maksimal 30 hari saja. Modal yang dipinjamkan tersebut berasal dari investasi perusahaan besar dunia seperti Alpa JWC Ventures, V2 Venture Capital, dan lain sebagainya.

  1. Crowdfunding

Layanan fintech terbaik yang terakhir adalah layanan berbasis crowdfunding. Layanan ini berguna untuk bisa melakukan penggalangan dana untuk mendanai sebuah karya, membantu korban bencana, mencari bantuan dana untuk pengobatan, dan lain sebagainya. Salah satu startup crowdfunding terkenal di Indonesia adalah kitabisa.com.  Dengan situs tersebut penggalangan dana bisa dilakukan secara online sehingga lebih mudah dan efisien.

Crowdfunding

Crowdfunding

Demikianlah beberapa layanan fintech terbaik di Indonesia beserta contohnya yang paling populer di sekitar Anda, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: daftar Layanan fintech terbaik di Indonesia Layanan fintech terbaik di Indonesia Layanan fintech terbaik di Indonesia 2018

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "4 Layanan Fintech Terbaik di Indonesia Beserta Contohnya"

    Belajar dari Pengalaman, 5 Penyebab Teh Sariwangi Bangkrut
    Teh Sariwangi merupakan salah satu produk yang
    Punya Prospek Cerah, Inilah Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan
    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –

    Tinggalkan Balasan