Gadai Emas atau Jual Emas, Lebih Baik Mana?

Salah satu keuntungan investasi emas adalah sifat likuiditasnya yaitu kita dapat memperoleh uang cash secara cepat dengan cara menggadaikan emas atau menjual emas yang kita miliki tsb sehingga dapat digunakan untuk membiayai keperluan yang darurat tsb. Namun seringkali muncul pertanyaan, lebih baik mana ya, gadai emas atau jual emas?

Jawabannya tergantung kebutuhan, namun untuk membantu Anda mengambil keputusan yang tepat, berikut ini saya ulas keuntungan dan kerugian gadai emas vs jual emas.

Baca juga: Tips Sukses Berinvestasi Emas

lebih baik mana gadai emas atau jual emas

Gadai Emas

Gadai emas sangat tepat Anda lakukan bila Anda memerlukan dana segar untuk keperluan darurat Anda namun di sisi lain Anda yakin bahwa Anda akan mendapatkan dana tsb kembali dalam waktu yang cepat. Misalkan Anda kekurangan dana 50 juta dan diperkirakan uang tsb akan Anda dapatkan kembali beserta keuntungannya dalam tempo 6 bulan maka Anda cukup menggadaikan 100 gram emas di Pegadaian Syariah atau Bank Syariah dengan lama gadai 6 bulan. Uang yang harus disiapkan adalah uang untuk menebus emas batangannya dan biaya gadai. Selain itu dana yang akan Anda peroleh saat menggadaikan emas adalah tergantung dari harga taksiran bank / lembaga penggadaian yang biasanya mencapai 80% dari harga emas yang sedang berjalan.

Berikut ini adalah karakteristik gadai emas:

  • Jumlah uang yang Anda dapatkan lebih rendah dibandingkan dengan bila menjual emas tsb.
  • Proses pencairan cukup cepat.
  • Dapat dilakukan hanya di Pegadaian atau bank syariah di kota Anda.
  • Anda masih memiliki beban hutang sehingga ada kewajiban membayarnya karena gadai emas sejatinya adalah berhutang dengan agunan emas.

Jual Emas

Jual emas adalah keputusan yang tepat saat Anda dalam keadaan terdesak dan tidak tahu kapan Anda akan mendapatkan uang itu kembali. Menjual emas sebaiknya didasarkan untuk membiayai kebutuhan yang produktif dan bukan konsumtif atau dapat pula untuk melunasi hutang Anda agar Anda tidak terjerat dalam kumparan hutang.

Baca juga: 9 Tips Menghindari Jeratan Hutang

Berikut ini adalah karakteristik jual emas:

  • Harga jual emas lebih tinggi dibandingkan harga taksir gadai emas.
  • Proses pencairan cepat.
  • Menjual emas sangat fleksibel, dapat dilakukan di mana saja baik di toko emas atau dimana saja.
  • Tidak ada beban untuk membayar hutang seperti halnya pada pegadaian.

Walaupun dengan menjual emas, Anda tak memilki beban hutang, namun bukan berarti Anda tidak memikirkan investasi pengganti emas yang Anda jual tsb. Sebaiknya Anda mulai mengalokasikan lagi dana dari penghasilan Anda tiap bulannya untuk berinvestasi emas.

Jadi mana yang lebih baik gadai emas atau jual emas? Itu saya kembalikan lagi pada kebutuhan Anda dan kasus yang Anda alami. Semoga bermanfaat …

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara gadai emas di pegadaian -gadai emas -gadai emas di pegadaian -gadai emas di toko emas -cara gadai emas -Cara Gadai emas di toko emas -cara menggadaikan emas -modal toko emas -gadai emas dipegadaian -gadai emas untung atau rugi -

Tags: Gadai Keuntungan Investasi Pengelolaan Hutang Tips Mengelola Uang

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Gadai Emas atau Jual Emas, Lebih Baik Mana?"

Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

Tinggalkan pesan "Gadai Emas atau Jual Emas, Lebih Baik Mana?"