4 Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan di Mesin ATM dan Pencegahannya

Cara mengatasi kartu ATM tertelan di mesin ATM – Saat ini hampir semua bank yang ada di Indonesia memiliki fasilitas berupa fitur ATM dan tersebar di beberapa tempat mulai dari POM bensin, minimarket, rumah sakit, dan lain sebagainya. Fitur yang disediakan oleh ATM ini pun beragam mulai dari mengambil uang tunai, melakukan transfer, dan penarikan saldo.  Dulunya tanpa fitur ATM ini untuk melakukan kegiatan perbankan harus dilakukan di bank dan harus mengantre panjang.  Namun yang namanya mesin tidak bisa selamanya berfungsi dengan baik, ada kalanya error bisa dialami oleh mesin tersebut sehingga tidak bisa menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.

Salah satu gangguan yang sering dikeluhkan adalah kartu ATM tertelan dengan mesin ATM, penyebabnya pun beragam seperti mesin sedang error atau mengalami gangguan, memasukkan pin yang salah secara berulang-ulang, listrik mati ketika sedang menggunakan mesin ATM, dan lain sebagainya. Bagi yang mengalami kartu ATM tertelan oleh mesin ATM berikut ada beberapa cara mengatasi kartu ATM tertelan di mesin ATM yang bisa Anda lakukan:

Mencatat Tanggal dan Lokasi ATM

Catat lokasi kartu ATM tertelan di mesin ATM

Catat lokasi kartu ATM tertelan di mesin ATM

Ketika kartu ATM yang Anda miliki tertelan oleh mesin sebaiknya dicatat dimana lokasi ATM tersebut. Setelah itu catat saat tanggal kejadian berlangsung, hal ini menjadi tanda bukti untuk melaporkannya ke customer service bank yang menerbitkan kartu ATM tersebut.

Hubungi Customer Service

Segera hubungi customer service bank kemudian minta untuk melakukan pemblokiran pada kartu ATM. Pemblokiran ini hanya berlaku oleh kartu ATM saja dan tidak berimbas pada saldo tabungan Anda. Saat akan melakukan pemblokiran ini Anda akan ditanya beberapa data penting untuk mencocokkan dengan data yang ada di bank tersebut.

Telpon CS Bank Terkait

Telpon CS Bank Terkait

Beberapa informasi yang akan ditanyakan adalah identitas diri seperti nama, alamat yang tertulis dalam buku tabungan, alasan untuk melakukan pemblokiran, nomor rekening tabungan, lokasi dan waktu terakhir kapan melakukan transaksi, nominal terakhir saldo yang ada di dalam rekening, dan kapan terakhir kali melakukan penarikan saldo.  Setelah melakukan hal tersebut pihak CS akan meminta Anda menunggu beberapa saat namun jangan segera menutup sambungan telepon sebelum proses pemblokiran selesai, baru setelah CS menginformasikan pemblokiran kartu telah dilakukan Anda bisa menutup sambungan telepon.

Buat Kartu ATM Baru

Langkah yang terakhir adalah Anda bisa membuat kartu ATM yang baru.  Untuk membuat kartu ATM yang baru ini Anda harus datang ke banknya secara langsung jangan lupa untuk membawa buku tabungan dan juga Kartu Tanda Penduduk, kemudian pilih ke bagian customer service dan berikanlah alasan mengapa Anda mengganti kartu ATM tersebut.

ATM Tertelan Khusus Mahasiswa

Khusus untuk mahasiswa, biasanya kartu ATM menyatu dengan Kartu Mahasiswa sehingga cara mengatasinya berbeda dengan kartu ATM biasa. Cara mengatasi kartu ATM tertelan di mesin ATM khusus mahasiswa adalah ajak teman untuk mendatangi lokasi ATM untuk membantu Anda. Sebaiknya jangan mengajak orang yang tidak dikenal.  Selanjutnya adalah hubungi nomor telepon pihak bank yang ada di layar monitor mesin ATM untuk menjaga keamanan rekening Anda.

jika mahasiswa atmnya tertelan

jika mahasiswa atmnya tertelan

Jika ada pihak keamanan di lokasi ATM seperti satpam bisa melaporkan padanya. Hal itu dikarenakan ada beberapa kejadian kartu ATM bisa keluar sendiri, akan dikhawatirkan jika saat kartu tersebut keluar Anda sedang tidak berada di lokasi. Langkah yang terakhir adalah Anda harus lapor ke layanan akademik, pihak layanan akademik akan memberikan surat kehilangan yang mana bisa digunakan untuk membuat kartu ATM yang baru di bank.

Biaya yang Harus Dikeluarkan

Pertanyaan yang sering dipertanyakan adalah berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti kartu ATM yang tertelan. Untuk biaya yang harus dikeluarkan hanyalah biaya penggantian materai 6 ribu rupiah saja, selain itu tidak ada biaya lain yang harus dikeluarkan. Selain itu penggantian kartu ATM ini bisa dilakukan di beda kota dengan tempat pembuatan rekening pertama kali.

Mencegah Kartu ATM Tertelan

Saat ini teknologi semakin canggih, untuk menggunakan fitur dan fasilitas perbankan tidak harus mendatangi bank dan juga mesin ATM secara langsung. Hal itu dikarenakan saat ini ada fitur mobile banking dan juga E-banking. Untuk mobile banking Anda bisa bertransaksi melalui aplikasi perbankan yang bisa mudah Anda download di play store, selain itu Anda juga bisa memanfaatkan layanan sms banking sehingga untuk transfer, cek saldo, dan lain sebagainya bisa dengan melalui sms saja.

Untuk internet banking atau E-banking Anda bisa melakukan transaksi perbankan melalui internet dengan website milik bank tersebut yang mana sudah dilengkapi dengan sistem keamanan. Dengan menggunakan kedua fitur atau fasilitas tersebut Anda akan bisa meminimalisir transaksi dengan menggunakan mesin ATM.

Tidak ada yang tahu kapan peristiwa ATM tertelan bisa terjadi karena hal tersebut bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Ketika hal tersebut terjadi lakukanlah beberapa cara mengatasi kartu ATM tertelan di mesin ATM seperti yang disebutkan di atas dan jangan panik, karena panik hanya akan membuat pikiran menjadi blank dan Anda justru tidak bisa melakukan apa-apa.

Загрузка...

Tags: Cara mengatasi kartu ATM tertelan di mesin ATM Cara mengatasi kartu ATM tertelan di mesin ATM 2018 Cara mengatasi kartu ATM tertelan di mesin ATM dengan mudah

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "4 Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan di Mesin ATM dan Pencegahannya"

    Bisnis Cetak Foto Digital: Peluang dan Besaran Modal yang Dibutuhkan
    Bisnis cetak foto digital memang menjadi salah
    7 Hal yang Menyebabkan Usaha Bangkrut Internal dan Eksternal
    Hal yang menyebabkan usaha bangkrut harus dihindari.
    6 Tips Menghindari Kerugian dalam Berbisnis Paling Ampuh
    Tips menghindari kerugian dalam berbisnis – Kerugian
    5 Cara Bisnis Salon Hewan dan Potensi Pendapatannnya
    Cara bisnis salon hewan – Bisnis salon

    Tinggalkan Balasan