Pengertian Virtual Assistant dan Contoh Kerjanya

Pengertian virtual assistant – VA atau yang disebut dengan virtual assistant menjadi orang yang bisa Anda andalkan meski bekerja dari jarak jauh. Berkat teknologi internet yang memiliki kecepatan tinggi, mudah bagi Anda untuk berbagi dokumen dan juga sistem panggilan konferensi yang murah. VA ini menjadi sangat diminati oleh pengusaha bisnis online yang mana membutuhkan bantuan namun tidak harus membawa staff secara penuh. VA bisa bekerja dan menerima tugas apa saja yang bisa di ambil. Selain itu bisa mengatur jadwal sendiri dan bekerja dari mana saja.  VA ini juga bisa menawarkan kepada klien setiap hari seperti tugas general atau tugas umum untuk perusahaan bisnis Ada.

Pengertian

Pengertian virtual assistant ini harus Anda ketahui lebih mendalam dimana dengan memahami pengertiannya lebih jauh Anda bisa memilih apakah Anda benar-benar membutuhkan VA atau tidak. Pengertian virtual assistant adalah seseorang yang menjadi asisten pribadi namun jenisnya virtual sehingga membantu bisnis jarak jauh. Alasan mengapa banyak yang memilih untuk menggunakan VA ini adalah sangat responsif bahkan ketika disuruh dalam melakukan tugasnya.

Contoh Pekerjaan

Tidak hanya pengertian virtual assistant saja yang harus Anda ketahui namun contoh pekerjaannya pun juga wajib untuk Anda ketahui. Biasanya tugas VA ini membantu orang lain yang disebut dengan klien di area-area pekerjaan berhubungan dengan administrasi, secretarial, atau pekerjaan-pekerjaan sejenis yang mana bisa dilakukan dengan jarak jauh. Contoh pekerjaan virtual assistant yang lebih spesifik adalah VA in bekerja di desk atau internet research, pekerjaan tulis menulis seperti artikel, naskah pidato, pres release, dan masih banyak lagi lainnya. VA juga bisa menjadi sekretaris namun sifatnya virtual yang mana bekerja sebagai seorang sekretaris hanya saja ruang kerjanya tidak se kantor dengan si klien. Tugas lainnya adalah bekerja untuk membuat desain dan juga manajemen media sosial.

Banyaknya pekerjaan yang bisa dilakukan oleh VA ini membuat VA menjadi solusi untuk membuat bisnis berjalan lebih efektif dan juga efisien. Belakangan ini selain beberapa pekerjaan yang disebutkan di atas ada beberapa pekerjaan lainnya yang bisa dilakukan oleh VA ini seperti jasa pembukuan, melakukan editing buku, terjemahan, membuat website, dam masih banyak lag lainnya. Pekerjaan VA ini sebenarnya tidak terbatas pada pekerjaan administratif saja namun memiliki berbagai macam keahlian sehingga membantu pebisnis dalam menjalankan bisnisnya sehari-hari.

Untuk VA dilakukan secara jarak jauh yang mana menjadi sebuah area tempat klien berada. Lokasi kerja VA ini masih satu daerah dengan lokasi klien namun juga bisa sangat jauh yaitu berada d belahan dunia yang lainnya. Namun karena bantuan teknologi dan internet tersebut jarak tidak ada artinya  karena VA akan tetap bisa terhubung dengan klien-klien mereka. Jarak menjadi tidak ada batasnya termasuk dalam hal pekerjaan.

Yang Harus Dimiliki Seorang VA

Karena saat ini VA menjadi peluang bisnis yang menjanjikan Anda bisa mulai membuka bisnis sebagai VA dan prospeknya yang cukup menjanjikan. Lalu apa saja yang harus Anda miliki jika ingin membuka bisnis sebagai VA ini? Setidaknya ada 4 hal yang harus dimiliki oleh seorang VA yang pertama adalah kemauan, keahlian, komitmen, dan yang terakhir adalah harus memiliki perangkat teknologi minimal komputer lengkap dengan jaringan internetnya.

Memang cukup mudah dan sederhana dibandingkan dengan membuka usaha yang lebih besar. Kebutuhan bisnis yang beragam inilah yang membuat peluang bisnis VA ini muncul. Baik sebagai bisnis sampingan atau utama tetap saja Anda harus memiliki komitmen untuk hal ini. Membuat komitmen dimana apa yang Anda lakukan ini tidak hanya bagus untuk Anda namun juga untuk para klien karena kepuasan klien ini sangat-sangat penting untuk bisnis Anda.

Tips Memulai Bisnis Virtual Assistant

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis virtual assistant ini. Berikut ini adalah beberapa tips memulainya yang baik dan benar:

  1. Fokuskan penawaran

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah fokuskan pada penawaran Anda dimana VA ini memiliki penawaran dan keahlian yang berbeda-beda. VA ini akan menawarkan berbagai macam hal mulai dari menulis, mengirimkan email, manajemen kalender, pembukuan, pemasaran, media sosial, dan mash banyak lagi lainnya. Untuk melakukan penawaran ini sangat penting untuk memfokuskan penawaran pada keterampilan yang Anda miliki dan minati.

  1. Mengatur bisnis dengan cara yang benar

Setelah Anda mengetahui pengertian virtual assistant maka penting sekali bagi Anda untuk tetap menjalankan bisnis sesuai dengan konsep dan juga pengertiannya tersebut. Aturlah bisnis agar operasionalnya ini tidak menyimpang. Untuk mengatur bisnis ini agar bisa berjalan dengan baik tidak ada salahnya jika Anda meminta nasihat profesional untuk memastikan Anda mengatur bisnis dengan baik dan benar.

  1. Buat website dan sosial media

Jika Anda ingin bekerja jarak jauh maka Anda harus menjadi seseorang yang ahli di dalam komunikasi online. Cara terbaiknya adalah Anda bisa berkomunikasi online dengan membuat situs website dan menunjukkan layanan apa saja yang Anda tawarkan.

Baca juga : Cara Membuat Publikasi Konten Blog Otomatis ke Media Sosial

Meski tergolong baru namun VA ini menjadi bisnis yang sangat menjanjikan dan prospektif. Semoga informasi tentang pengertian virtual assistant dan contoh pekerjaannya di atas bermanfaat untuk Anda.

Загрузка...
author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar