5 Cara Mempertahankan Client Bisnis di Tengah Pandemi

Cara mempertahankan client bisnis di tengah pandemi – Corona mengubah segala hal, mulai dari kebiasaan masyarakat, gaya hidup, dan yang paling terasa adalah berdampak pada ekonomi dan juga keuangan masyarakat. Tentu dampak Corona ini suda banyak diketahui dan juga dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah bagaimana agar bisnis tidak tumbang ketika dihantam oleh si Corona ini. Mengingat saat ini banyak pebisnis yang harus gulung tikar karena minimnya client atau konsumen. Berikut ini ada beberapa cara mempertahankan client bisnis di tengah pandemi Corona yang sangat penting untuk diperhatikan:

Kokohkan Team Anda

Sebelum Anda tahu bagaimana cara mempertahankan client bisnis di tengah pandemi yang pertama adalah Anda harus bisa mengokohkan team Anda terlebih dahulu. Team ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis Anda. Team yang kurang kokoh hanya akan membuat bisnis mudah tumbang karena tidak memiliki fondasi yang kuat. Anda harus bisa memberikan semangat dan juga motivasi kepada team Anda agar semangat mereka tidak menurun di tengah pandemi ini. Selain itu Anda juga harus bisa memaksimalkan kinerja tim dan mampu membagi tugas mereka secara spesifik agar mereka mampu memahami tugas dan job deskripsi mereka masing-masing.

Perhatikan Tren

Setelah tim Anda kuat, hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan memperhatikan tren yang ada di sekitar Anda. Dengan memahami tren ini Anda bisa menjadikannya sebagai peluang yang potensial untuk bisnis Anda. Di tengah pandemi seperti saat ini bisnis Anda bisa survive itu sudah bagus dan di tengah pandemi ini jangan memikirkan berapa keuntungan yang Anda dapatkan karena fokusnya sudah berbeda. Banyaknya bisnis yang tumbang akibat pandemi ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran agar bisnis yang Anda jalani ini tidak bernasib sama.

Salah satu cara yang dilakukan adalah memperhatikan tren. Tren yang terjadi saat di masa pandemi adalah banyak orang yang lebih memilih untuk berkegiatan di dalam rumah dibandingkan harus beraktivitas di luar rumah. Dengan cara seperti ini Anda bisa memberikan layanan dan produk tambahan agar konsumen Anda yang di rumah ini tetap bisa dijangkau ole bisnis Anda. Misalnya saja adalah Anda bisnis kuliner steamboat dan yakiniku maka Anda bisa memberikan layanan berupa take away atau delivery order. Selain itu untuk memanjakan para client atau konsumen Anda bisa memberikan penyewaan peralatan steam boat dan juga wajan panggangan untuk konsumen Anda. Jangan lupa untuk menyertakan syarat dan sewa yang jelas agar konsumen bisa memahaminya dengan baik dan benar.

Berikan Pelayanan Terbaik dan Jemput Bola

Cara mempertahankan client bisnis di tengah pandemi adalah dengan memberikan pelayanan terbaik dan kalau pun perlu Anda bisa jemput bola. Perusahaan sebesar Pizza Hut pun mengubah pelayanan yang diberikannya kepada pelanggan. Mereka tidak segan untuk terjun langsung ke lapangan agar mereka lebih dekat dengan konsumen dan pelanggan. Mereka juga memberikan layanan delivery dengan ongkos kirim cukup murah sehingga bisa menjangkau semua aspek lapisan masyarakat tersebut. Dengan memecah team terjun langsung ke lapangan juga mencegah banyak karyawan berkumpul di restoran yang sama.

Strategi yang dilakukan PH ini sangat menarik dan membuat income mereka tetap mengalir meski di masa pandemi. PH atau Pizza Hut membuat karyawannya untuk berjualan produk di pinggir jalan yang strategis yang sesuai dengan target market mereka, saat pengunjung atau konsumen datang mereka selalu sigap dan memberikan pelayanan terbaik sama seperti dine in di restoran mereka.

Harga yang Kompetitif

Untuk mempertahankan pelanggan Anda bisa memberikan harga yang kompetitif dibalut dengan promosi yang menarik. Di masa pandemi banyak masyarakat yang juga kesulitan dalam hal finansial sehingga jika Anda kekeh untuk mempertahankan produk dengan harga lama akibatnya daya beli menjadi menurun bahkan tidak ada samasekali. Untuk menyesuaikan dengan daya beli masyarakat saat ini tidak ada salahnya jika Anda memberikan harga yang kompetitif yang mana bisa dijangkau oleh konsumen-konsumen Anda.

Baca juga : 7 Strategi Meningkatkan Profit Usaha Tanpa Menaikkan Harga Produk

Teknik ini juga dilakukan oleh Pizza Hut yang mana mereka membanderol produknya dengan harga yang kompetitif, dengan harga tersebut konsumen memang akan mendapatkan produk dengan diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan harga normal. Hal tersebut dirasa tidak masalah karena konsumen setia akan tetap mendapatkan produk dengan kualitas rasa yang sama dengan harga yang jauh lebih hemat.

Mudah Ditemukan Secara Online

Cara mempertahankan client bisnis di tengah pandemi terakhir yang bisa Anda lakukan agar bisa mempertahankan client bisnis adalah mudah ditemukan secara online. Karena kegiatan di luar rumah dibatasi maka pastikan agar produk Anda tersebut bisa di akses oleh konsumen. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan jasa pengiriman online yang mana mereka tidak libur dan tetap bekerja di masa pandemi seperti saat ini.

Bisa survive di masa pandemi adalah hal yang wajib untuk di syukuri karena di luar sana banyak pebisnis yang harus rela gulung tikar karena tidak mampu bertahan. Untuk survive penting untuk memperhatikan client Anda karena mereka lah yang akan membuat bisnis tetap mendapatkan income atau pemasukan. Lakukan beberapa cara mempertahankan client bisnis di tengah pandemi di atas untuk membuat bisnis tetap survive sampai pandemi ini berakhir.

Загрузка...

Tags: cara mempertahankan client bisnis di tengah pandemi

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar