5 Kesalahan Promosi Bisnis yang Harus Anda Hindari

Kesalahan promosi bisnis – Saat ini banyak yang tertarik untuk menggeluti dunia bisnis. Beberapa alasan mengapa banyak orang tertarik dalam menggeluti bisnis dikarenakan lebih bebas secara finansial, tidak terikat waktu, dan masih banyak lagi lainnya. Meski begitu menjalankan bisnis ini tidak semudah yang dibayangkan, perkembangan bisnis yang Anda geluti ini harus dinamis artinya adalah Anda harus bisa membawa bisnis Anda mengikuti perkembangan tren yang ada.

Salah satu hal yang harus Anda ikuti perkembangannya adalah strategi marketing atau promosi bisnis. Strategi marketing yang salah hanya akan membuat performa penjualan tidak sesuai dengan keinginan Anda.  Saat ini banyak pebisnis yang lebih memilih menggunakan sosial media namun masih banyak yang tidak menyadari kesalahan-kesalahan apa saja yang sering dilakukan saat melakukan promosi tersebut. Supaya promosi yang Anda lakukan ini efektif, simak kesalahan promosi bisnis yang harus dihindari berikut ini:

Promosi yang Terlalu Agresif

Kesalahan promosi bisnis yang pertama adalah terlalu agresif. Promosi yang terlalu agresif ini akan membuat masyarakat atau target merasa ilfeel dan kurang tertarik lagi dengan promosi yang Anda lakukan. Tujuan promosi sendiri adalah mengenalkan produk Anda ke masyarakat selain itu juga mengenalkan berbagai macam kelebihan produk Anda. Agar masyarakat atau target iklan Anda tetap tertarik dengan produk yang Anda tawarkan jangan buat iklan Anda terlau agresif yang justru mengganggu kenyamanan mereka. Promosi yang monoton dan membosankan akan membuat masyarakat semakin  bosan karena saat ini mereka suda semakin cermat dan semakin pandai dalam memilah atau memilih konten iklan yang berkualitas.

Untuk mengantisipasi kebosanan terhadap konten iklan yang Anda usung tersebut sebaiknya Anda memberikan konten-konten yang menarik dan berhubungan dengan produk yang Anda jual. Anda bisa menggunakan teknik soft selling terlebih dahulu.

Misalnya seperti ini, produk Anda menjual minyak esensial untuk diffuser, Anda bisa memberikan tips-tips pemilihan minyak esensial yang baik dan benar mengingat minyak esensial ini banyak sekali jenisnya. Dengan konten-konten yang edukatif tersebut masyarakat akan semakin tertarik untuk membeli produk Anda. Jika Anda langsung ke inti promosinya akan menyebabkan mereka berpaling dan tidak mau berlama-lama menjelajahi website atau akun sosial media bisnis Anda.

Tidak Memiliki Karakter atau Ciri Khas

Kesalahan promosi bisnis selanjutnya yang penting untuk Anda ketahui adalah tidak memiliki karakter. Karakter ini sangat penting untuk iklan dan promosi Anda karena jika tidak berkarakter akan membuat iklan Anda tidak menghasilkan apa-apa.  Apapun media promosi online Anda harus memiliki karakter yang kuat yang mana sesuai dengan tujuan dan juga target dari produk Anda.

Media promosi harus mencerminkan kualitas produk Anda sehingga tidak banyak orang yang sadar jika promosi yang tidak berkarakter tersebut justru menjatuhkan brand produknya sendiri. Agar iklan Anda berkarakter hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat narasi tulisan yang mana tidak semata-mata hanya untuk berjualan saja namun juga untuk memberikan informatif tentang brand awareness Anda. Dengan begini iklan Anda akan mendapatkan nilai lebih dan nilai positif dari masyarakat.

Hanya Fokus Menambah Follower

Kesalahan promosi untuk bisnis yang harus Anda hindari selanjutnya adalah jangan hanya fokus menambah follower.  Banyak pebisnis yang fokus pada jumlah follower, jumlah like, dan juga jumlah konversi. Jika Anda hanya fokus dengan hal ini Anda akan melupakan tugas promosi Anda berupa sharing foto dan juga sharing informasi secara personal.

Baca juga : 5 Cara Meningkatkan Follower Instagram dengan Cepat

Kurang Informatif

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah kurang informatif. Kurangnya informasi ini harus Anda perhatikan dengan baik jangan sampai karena target iklan Anda tidak memahami apa yang Anda jual, apa yang menjadi kelebihan produk Anda, dan membuat mereka melewatkan iklan Anda begitu saja. Tentu saja hal ini akan menyebabkan iklan Anda tidak menghasilkan apapun yang ada hanya akan menghambur-hamburkan uang untuk biaya iklan.

Tidak Komunikatif

Mungkin Anda sudah beriklan dengan cara yang benar namun ada hal yang bisa membuat iklan Anda kurang efektif dan kurang efisien yaitu kurang komunikatif. Karena terlalu semangat dalam beriklan Anda sampai lupa interaksi apa saja yang Anda dapatkan dari iklan Anda. Untuk iklan yang menarik memang Anda akan mendapatkan berbagai macam interaksi dan tugas Anda adalah berkomunikasi dengan mereka untuk mengetahui bagaimana respons mereka terhadap produk Anda. Memang hal ini akan cukup melelahkan terutama jika banyak respons yang masuk ke promosi Anda.

Jangan sampai Anda menjawab pertanyaan mereka menggunakan sistem atau justru tidak memberikan tanggapan sama sekali. Jawaban sistem yang membosankan dan cenderung sama akan membuat mereka berpaling dan enggan untuk merespons kembali. Berikan tanggapan satu per satu agar terjadi komunikasi dua arah antara Anda dan juga target iklan Anda.

Promosi bisnis sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Anda. Oleh sebab itu buat promosi Anda lebih maksimal dengan menghindari kesalahan promosi bisnis yang disebutkan di atas agar hasilnya sesuai dengan keinginan Anda.

Загрузка...

Tags: daftar Kesalahan promosi bisnis Kesalahan promosi bisnis

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar