7 Cara Mengelola SDM UKM yang Tepat Agar Profit

Cara mengelola SDM UKM – SDM atau sumber daya manusia menjadi faktor penting dalam keberhasilan sebuah bisnis. Jika SDM di dalamnya tidak berkualitas mustahil bisnis tersebut bisa mencapai tujuan seperti yang diharapkan. Tidak hanya untuk bisnis dengan skala besar saja, namun juga berlaku bagi bisnis dengan skala kecil menengah seperti UKM. Pengusaha dalam bidang UKM harus tahu seperti apa mengelola SDM yang dimilikinya supaya tujuan dari UKM tersebut menjadi terwujud. Meskipun skalanya hanya kecil menengah namun tetap harus memiliki tujuan supaya bisnis tersebut memiliki arah kemana bisnis tersebut akan dijalankan dan bagaimana cara menjalankannya. Oleh sebab itulah jangan pernah meremehkan SDM yang dimiliki karena SDM menjadi salah satu poin penting yang bisa digunakan untuk meraih tujuan yang telah ditetapkan dalam bisnis. Kesuksesan suatu UKM maupun bisnis adalah tergantung bagaimana mengelola SDM yang dimilikinya.

SDM usaha kecil menengah

SDM usaha kecil menengah

Yang menjadi masalah kini adalah bagaimana mengelola SDM UKM tersebut supaya seperti yang diharapkan. Berikut adalah beberapa cara mengelola SDM UKM yang benar:

Menjaga hubungan yang baik

Cara mengelola SDM UKM pertama yang harus dilakukan adalah menjaga hubungan baik dengan SDM yang dimiliki. Tanpa menjaga hubungan baik sebagus apapun program dan usaha yang dilakukan tidak akan berjalan karena hubungan antara pelaku bisnis dengan SDMnya tidak baik. Oleh sebab itu penting menciptakan lingkup bisnis yang nyaman namun tetap efektif dan efisien.

Program kesejahteraan

Untuk bisa menciptakan SDM yang berkualitas pelaku UKM harus bisa memberikan kesejahteraan kepada para karyawannya. Untuk menyejahterakan ini tidak harus dengan menggunakan materi namun perhatian, empati, dan simpati menjadi hal yang karyawan butuhkan setiap harinya. Selain itu pelaku bisnis bisa memberikan beberapa tunjangan dan bonus jika memenuhi kriteria yang ditentukan. Program kesejahteraan ini penting karena bisa menunjang produktivitas karyawan yang ada di dalam bisnis maupun UKM tersebut.

Menetapkan peraturan

Ada beberapa karyawan atau SDM yang menganggap bekerja di UKM itu sistemnya santai, sehingga ketika ada peraturan yang diberlakukan hal tersebut bisa menjadi beban untuk mereka. Untuk bisa mengelola SDM UKM dengan baik dan benar pelaku UKM bisa menentukan jenis peraturan apa saja yang sangat fatal untuk dilanggar yang mana artinya tidak boleh dilanggar sama sekali. Tentukan terlebih dahulu poin apa yang paling vital bagi SDM sehingga tidak boleh ada pelanggaran di dalamnya, barulah diikuti dengan peraturan-peraturan lainnya. Yang harus diingat bagi pelaku bisnis UKM adalah hindarilah memberikan peraturan yang terlalu banyak karena ketakutan dari SDM hanya akan membuat semangatnya untuk produktif menjadi kendur.

Menanamkan visi misi yang sama

Untuk bisa mengelola SDM UKM yang benar bisa dengan menanamkan visi misi yang sama. Caranya adalah dengan terus memberikan semangat dan motivasi kepada SDM supaya mereka bisa produktif dan memberikan yang terbaik. Sebelum memulai bekerja bisa dengan melakukan briefing singkat namun tetap mengena. Selain itu dalam briefing tersebut bisa juga dibahas jika ada hal-hal atau masalah yang muncul dengan bisnis yang digeluti. Memang untuk membuat SDM atau karyawan menjadi satu visi misi ini tidak mudah, namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan. Tidak tercapainya visi misi UKM bukan sepenuhnya kesalahan SDM, namun juga bisa terjadi karena kurangnya komunikasi antara pelaku bisnis UKM dengan karyawan yang menjadi SDMnya.

Bentuk Tim

Supaya bisa mengelola SDM UKM yang tepat bisa dengan membentuk team yang andal, solid, dan kompak. Dalam setiap team ada leader yang mana membawahi anggota-anggota teamnya. Setiap ada masalah dan program kerja baru bisa disampaikan kepada leader sehingga leader akan mengorganisir para anggotanya. Untuk bisa menjadi leader bisa dengan melihat performa dan kinerjanya, jika dirasa memenuhi kriteria menjadi leader maka tidak ada salahnya untuk menjadikannya seorang pemimpin di dalam team.

Game Kekompakan

Team yang kuat akan menjadikan UKM juga kuat, team yang kuat adalah yang solid dan kompak. Kadang karena perbedaan karakteristik membuat team tersebut terpecah belah sehingga visi misi dari UKM tidak pernah tercapai. Untuk menyiasatinya pelaku UKM bisa memberikan game kekompakan. Dengan game kekompakan ini diharapkan team yang terpecah belah menjadi lebih solid dan kompak.

Mengembangkan Potensi

Setiap SDM memiliki potensinya masing-masing. Jika pelaku bisnis UKM tahu potensi masing-masing karyawan maka kesempatan mengembangkan potensinya tersebut cukup besar. Dengan mengembangkan potensi karyawan ini kesempatan untuk mendapatkan jenjang skill bekerja bisa didapatkan. Jangan lupa memberikan reward dan juga hukuman. Karyawan yang berprestasi dan produktif pantas untuk mendapatkan reward, begitu pula sebaliknya. Bagi yang sering melanggar peraturan bisa diberikan hukuman untuk memberikannya efek jera. Terlalu banyak pelanggaran akan berakibat terhadap operasional UKM tersebut.

Mengelola SDM ini dibutuhkan kerja sama antara pelaku bisnis UKM dengan karyawan yang dimilikinya. Cara mengelola SDM UKM tersebut bisa berjalan dengan efektif, pelaku dengan karyawan bisa saling mengerti apa yang menjadi hak dan juga kewajibannya sehingga keduanya bisa saling bersinergi untuk bisa mencapai visi dan misi bersama-sama.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara mengelola sdm -mengelola sdm bisnis umkm -

Tags: bagaimana cara mengelola SDM UKM cara mengelola SDM UKM cara mengelola SDM UKM dengan benar tips mengelola SDM UKM

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Cara Mengelola SDM UKM yang Tepat Agar Profit"

    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang
    Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019 Tanpa Modal
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan
    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –
    5 Peluang Usaha Lulusan Teknik Informatika Tanpa Modal
    Peluang usaha lulusan teknik informatika tanpa modal

    Tinggalkan pesan "7 Cara Mengelola SDM UKM yang Tepat Agar Profit"