Perjalanan Bisnis Sandiaga Uno yang Inspiratif dan Penuh Liku-liku

Perjalanan bisnis Sandiaga Uno – Orang yang sukses tidak langsung berada di puncak, namun mereka ada yang memulainya dari nol sehingga untuk meraih kesuksesan tersebut harus melalui proses yang tidak biasa bahkan disebut sulit. Sudah banyak beberapa kisah inspiratif pebisnis sukses yang meraih kesuksesan berkat kerja kerasnya dalam menekuni bisnis. Salah satu pebisnis sukses yang saat ini banyak diperbincangkan adalah Sandiaga Uno yang saat ini menjabat wakil gubernur DKI Jakarta. Selain sukses dalam merintis bisnis Sandiaga Uno ini juga terkenal pandai, hal tersebut terlihat dari riwayat pendidikan yang pernah dienyamnya yaitu pada tahun 1990 Sandiaga ini lulus dari jurusan administrasi bisnis dengan prestasi yang membanggakan yaitu summa cum laude. Saat bekerja di bank summa, Sandiaga ini mendapatkan bea siswa untuk bisa melanjutkan pendidikannya di George Washington Dc dan lulus dengan IPK sempurna yaitu 4.00 pada tahun 1992. Berikut adalah perjalanan bisnis Sandiaga Uno yang inspiratif:

Perusahaan Bangkrut

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno

Sebelum jadi pengusaha, Sandiaga ini bekerja di perusahaan ternama. Dengan predikat terbaiknya Sandi ini mudah mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Ia bergabung dengan Sea Power Asia Investment Limited yang ada di Singapura dengan menjadi manajer investasi. Kemudian ia pindah ke NTI Resources ltd yang ada di kanada dimana menjabat sebagai executive vice presiden dengan gaji yang cukup besar. namun hal tersebut berbanding terbalik ketika krismon atau krisis moneter terjadi di tahun 1997 yang mana menyebabkan perusahaan untuknya bekerja ini bangkrut, sehingga mau tidak mau Sandi harus pulang ke indonesia sebagai pengangguran.

Memulai Bisnis

Menjadi seorang pebisnis tidak pernah ada di pikiran Sandi, hal itu dikarenakan impiannya adalah menjadi orang kantoran seperti orang-orang biasa. Namun sejak kebangkrutan tersebut terjadi cara pikir Sandiaga ini pun berubah. Akhirnya di tahun 1997 Sandi bersama dengan teman di bangku SMAnya mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang nasihat keuangan dimana namanya PT Recapital Advisors. Untuk menjalakan bisnisnya ini, Sandi menjadikan William Soeryadjaja ini sebagai mentor bisnisnya yang mana pendiri Pt Astra International. Kemudian barulah di tahun 1998 Sandi bersama dengan Edwin Soeryadjaya yang mana sebagai putra William mendirikan perusahaan dengan basis investasi yang bernama PT Saratoga Investama Sedaya. Perusahaan Sandi tersebut basisnya dalam bidang pertambangan, telekomunikasi, dan juga produknya kehutanan.

Memulai Bisnis

Memulai Bisnis

Yang menarik disimak dari perjalanan bisnis Sandiaga Uno ini adalah konsep bisnis yang diusungnya. Perusahaan Sandi memiliki konsep berupa penghimpunan modal yang disetorkan oleh investor, kemudian melakukan akuisisi perusahaan yang sedang mengalami masalah dalam keuangan. Karena kinerja dalam perusahaan tersebut sedang krisis, Sandi bersama perusahaannya membenahi kemudian mengembangkannya. Ketika perusahaan tersebut sudah sehat, aset yang dimiliki oleh perusahaan tersebut aka dijual kembali yang mana dengan nilai jual yang lebih tinggi. 11 tahun setelah didirikan, perusahaan yang didirikan oleh Sandiaga ini berhasil melakukan akuisisi 12 perusahaan yang mana beberapa diantaranya kemudian dijual kembali. Perusahaan yang dijual oleh Sandi adalah PT Dipasena Citra Darmaja, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional BTPN, dan juga PT Astra Microtronics.

MPMX

PT MPMX

PT MPMX

Selain bisnis di PT Saratoga Investama Sedaya, Sandi juga memiliki jajaran bisnis lainnya yaitu PT MPMX yang menjadi singkatan Mitra Pinasthika Mustika Tbk MPMX.  Perusahaan yang Sandi miliki ini bergerak di dalam bidang otomotif yang mana menyediakan layanan penjualan dan juga purna penjualan khusus merek Nissan dan Datsun. MPMX sendiri merupakan  induk dari perusahaan yang didirikan oleh Edwin Soeryadjaya dan juga bersama Sandiaga Uno. Karena termasuk dalam induk perusahaan MPMX memiliki beberapa anak perusahaan seperti Mitra Pinasthika Mulia, Mitra Pinasthika Mulia Auto, dan lain sebagainya.

MPM Finance

MPM Finance

MPM Finance

Sandi yang memiliki intelektual yang cerdas sangat pandai dalam menjalankan bisnisnya. Selain dua bisnis yang telah digeluti sebelumnya, Sandi ini juga membuka perusahaan yang bergerak di bidang finance atau pembiayaan yaitu MPM finance. MPM finance ini juga sangat dekat dengan masyarakat karena bisa menggunakan jasa ini untuk membiayai pembelian sepeda motor maupun untuk membeli mobil.

Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Dari rentetan bisnis Sandi tersebut, tentunya bisa dipastikan bahwa income atau penghasilan yang didapatkan oleh Sandi ini cukup besar. Hal itu dikarenakan bisnis yang dijalankannya tidak hanya satu macam saja, namun memiliki beberapa bisnis utama dengan beberapa anak bisnisnya. Pada tahun 2007 Sandi ini dinobatkan sebagai salah satu orang yang terkaya menurut majalah Asia Globe yang mana memiliki total aset 80 juta US Dollar. Beberapa tahun berikutnya Sandi memiliki peringkat yang meningkat dari 122 menjadi 63 yang mana bisnisnya mendapatkan aset sebanyak 245 juta US Dollar.  Barulah di tahun 2009 Sandi dinobatkan sebagai daftar orang terkaya oleh majalah Forbes. Menurut majalah Forbes ini Sandi memiliki aset sebanyak 400 juta US Dollar.

Dengan melihat perjalanan bisnis Sandiaga tersebut ada beberapa satu poin yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran bahwa untuk membangun bisnis besar, yaitu harus memiliki pasangan yang memiliki satu visi misi. Sehingga dalam riwayat perjalanan bisnis Sandiaga Uno ini tidak ada bisnis yang didirikannya seorang diri, selalu ada partner yang dia ajak bekerja sama dalam membangun bisnis-bisnisnya sehingga tujuan dalam membangun bisnis ini bisa tercapai.

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

konsep bisnis sandiaga uno -perjalanan bisnis sandiaga -perjalanan bisnis sandiaga uno -perjalanan perusahaan sandiago uno -rekam jejak kasus hukum yang menyertai perjalanan bisnis Sandiaga Uno -

Tags: Perjalanan Bisnis Sandiaga Uno Perjalanan Bisnis Sandiaga Uno 2018 Perjalanan Bisnis Sandiaga Uno inspiratif

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Perjalanan Bisnis Sandiaga Uno yang Inspiratif dan Penuh Liku-liku"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan