5 Cara Merekrut Manajer Bisnis Anda yang Tepat

Cara merekrut manajer bisnis Anda – Bagi bisnis yang sudah skala besar membutuhkan manajer yang mana bisa menghandel manajemen perusahaan dengan baik. Oleh sebab itu untuk merekrut seorang manajer ini tidak boleh sebarangan namun harus melalui beberapa proses yang tepat supaya terhindar dari masalah yang bisa ditimbulkan ke depannya.  Dengan adanya kasus beberapa pebisnis yang mengeluhkan manajer yang dimilikinya berperangai buruk dan selalu membuatnya sakit kepala menjadi bukti bahwa masih ada pebisnis yang belum tahu tentang bagaimana cara merekrut manajer yang tepat.

Merekrut Manajer Bisnis dengan Benar

Memang tidak mudah untuk menemukan kandidat yang tepat, selain itu waktu, tenaga dan pikiran yang harus Anda keluarkan pun tidak sedikit. Jangan sampai pengorbanan yang sudah Anda keluarkan sia-sia karena seorang manajer yang membawa pengaruh buruk terhadap performa departemen perusahaan yang di bawahinya. Supaya tidak salah pilih, simak beberapa cara merekrut manajer bisnis Anda paling tepat yang bisa dilakukan berikut ini:

  1. Lakukan beberapa tahapan wawancara

Lakukan wawancara

Tips memilih manajer bisnis yang pertama adalah lakukan beberapa tahapan wawancara. Idealnya wawancara ini tidak hanya sekali mengingat bahwa posisi yang akan didudukinya adalah seorang manajer, posisi yang prestisius karena diincar oleh banyak orang, dan tidak semua orang bisa menduduki posisi tersebut. Dalam satu sesi interview jangka waktu yang ditetapkan adalah 30 menit, begitu pula dengan tahap interview selanjutnya. Oleh sebab itu jika memang dalam satu hari tidak mencukupi untuk proses interview selanjutnya bisa dilanjutkan hari berikutnya.

  1. Jangan sendirian
Lakukan wawancara dan tidak sendirian

Lakukan wawancara dan tidak sendirian

Boleh saja Anda sebagai pemilik bisnis melakukan interview terhadap calon kandidat manajer, namun jangan melakukannya sendirian. Interview yang dilakukan sendirian akan menyebabkan hasil interviewnya menjadi tidak maksimal. Anda membutuhkan pandangan dari orang lain untuk bahan pertimbangan. Sebagai contohnya Anda bisa melibatkan seorang psikolog untuk bekerja sama dengan Anda. Selain memberikan pertanyaan psikolog tersebut akan menilai kejiwaan, mental, dan juga psikologi kandidat yang akan direkrut menjadi manajer tersebut.

  1. Dari dalam
Karyawan terbaik

Karyawan terbaik

Merekrut manajer bisnis yang tepat dan tidak boleh diabaikan adalah ambillah dari dalam. Kandidat dari dalam ini jauh akan lebih memberikan loyalitas dibandingkan mengambil dari luar. Hal tersebut terbukti dengan penelitian yang telah dilakukan dimana 10 dari 11 perusahaan yang sudah berkembang dengan besar akan menciptakan eksekutif di dalam perusahaan. Anda bisa menjadikan karyawan terbaik di dalam bisnis untuk menduduki posisi manajer namun tentunya harus melalui beberapa prosesnya terlebih dahulu.

  1. Tes IQ dan ESQ
Tes ID dan EsQ

Tes ID dan EsQ

Supaya mendapatkan manajer terbaik Anda bisa melakukan tes IQ dan juga ESQ. Anda bisa bekerja sama dengan orang yang kompeten untuk melakukan tes tersebut. Mengapa kedua test tersebut penting?, alasannya adalah seseorang yang cerdas belum tentu memiliki ESQ yang baik begitu pula sebaliknya, sehingga IQ dan juga ESQ ini harus balance atau seimbang.

  1. Melihat ekspresi

Tes ID dan EsQ

Cara merekrut manajer bisnis Anda bisa dengan melihat ekspresinya. Silahkan Anda mengundang kandidat yang terpilih untuk berbicara secara langsung dengan Anda, sampaikan bahwa dia akan dipromosikan untuk menempati posisi manajer namun dengan beberapa proses yang harus dilaluinya terlebih dahulu.  Anda bisa melihat bagaimana ekspresinya ketika mendengar hal tersebut, apakah kaget, marah, atau takut. Semua ekspresi itu akan muncul jika karyawan menyembunyikan sesuatu di karier yang sebelumnya.

Perekrutan Eksternal

Jika tidak memiliki gambaran untuk mengisi kekosongan posisi seorang manajer Anda bisa saja menggunakan cara merekrut secara eksternal. Sayangnya cara ini memiliki keuntungan dan juga kerugiannya. Keuntungan yang pertama adalah Anda sebagai pemilik bisnis bisa menetapkan kriteria yang tinggi untuk bisa menempati posisi ini, salah satunya adalah memilih seseorang yang sudah berpengalaman. Jika sudah berpengalaman hal tersebut akan menjadi keuntungan bagi Anda karena dasar-dasar tugas dan tanggung jawab seorang manajer tidak perlu dijelaskan lagi karena dia sudah tahu apa yang harus dilakukannya.  Keuntungan yang lainnya adalah orang dari luar bisnis sikapnya lebih terbuka atau open minded terhadap berbagai macam perubahan dan juga bisa memberikan ide-ide segar terhadap bisnis.

Ada juga kerugian yang bisa terjadi jika merekrut manajer secara eksternal yaitu menciptakan team yang tidak terlalu kuat karena ikatan emosional yang tidak terbentuk dengan baik. Tidak hanya itu saja, kecemburuan mungkin juga akan terjadi terutama bagi karyawan yang berprestasi dan memiliki performa yang bagus selama ini.

Diperlukan strategi atau teknik yang tepat supaya yang menempati posisi manajer tersebut adalah seseorang yang benar-benar tepat dan tidak mengecewakan. Posisi manajer ini tidak bisa diberikan kepada sembarangan orang karena berhubungan dengan manajemen di bisnis Anda. Oleh sebab itu lakukanlah beberapa cara merekrut manajer bisnis Anda seperti poin-poin yang sudah dijelaskan di atas supaya Anda bisa mendapatkan seorang manajer yang benar kompeten dan bisa mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik lagi.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

manajer bisnis -Cara merekrut manajer -

Tags: bagaimana cara merekrut manajer bisnis Anda cara merekrut manajer bisnis cara merekrut manajer bisnis Anda tips merekrut manajer bisnis

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Cara Merekrut Manajer Bisnis Anda yang Tepat"

    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –
    5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Tanpa Modal
    Cara mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal
    5 Peran Digital Marketing untuk Bisnis di Indonesia
    Peran digital marketing untuk bisnis di Indonesia
    5 Pendiri Startup Paling Sukses di Indonesia
    Pendiri startup paling sukses di Indonesia –

    Tinggalkan Balasan