7 Kelebihan dan Kekurangan Bekerja di Startup yang Jarang Terekspos

Kelebihan dan kekurangan bekerja di startup – Bekerja di startup menjadi impian bagi sebagian orang terutama yang memiliki bakat dan minat di bidang IT. Mengingat saat ini banyak perusahaan startup yang meraih sukses membuat bekerja di bidang ini begitu menggiurkan. Tidak jarang pula orang yang sudah lama bekerja di startup tertarik untuk menggeluti atau mendirikan bisnis sendiri karena peluang yang terbuka dengan lebar. Selama teknologi berkembang dengan pesat selama itu pula bisnis startup ini akan ada. Sebelum memutuskan untuk bekerja di startup sebaiknya Anda tahu apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan bekerja di startup yang jarang ketahui seperti berikut ini:

Waktu Kerja yang Fleksibel

waktu yang flexible

Kelebihan bekerja di startup yang pertama adalah waktu kerja yang fleksibel. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda yang tidak mau bekerja terikat dengan waktu. Dalam bekerja di startup ini  Anda hanya dituntut untuk menciptakan hasil kerja seperti yang mereka inginkan, soal waktu dan tempat bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja.  Meski begitu tidak semua perusahaan startup ini mengusung sistem remote dan memberlakukan kebijakan seperti itu. Hal itu dikarenakan ada startup yang bekerja sama dengan perusahaan lain sehingga karyawan tetap harus datang ke kantor. Di tengah kemacetan yang sering terjadi, tentunya akan sulit untuk bisa datang ke kantor tepat waktu.

Prestasi dan Kegagalan Akan Langsung Kelihatan

Karir lebih cemerlang

Karir lebih cemerlang

Kelebihan dan kekurangan bekerja di startup adalah prestasi dan kegagalan yang Anda lakukan akan langsung kelihatan. Hal ini akan menjadi menguntungkan namun juga merugikan. Menguntungkan jika Anda berprestasi sehingga bisa mudah mendapatkan posisi yang prestisius dan bagi yang gagal tidak akan mendapatkan perpanjangan kontrak. Oleh sebab itu saat bekerja di startup akan berlomba-lomba menunjukkan kelebihan dan prestasi.  Hal ini akan kontras dengan perusahaan konvensional biasa dimana kerja keras yang dilakukan sulit dilihat oleh atasan dan sulit mendapatkan promosi jabatan yang prestisius.

Mendapatkan Pengalaman dan Skill Variatif

Skill yang vareatif

Skill yang vareatif

Bekerja di sebuah startup akan membuat Anda berkontribusi langsung dengan keberhasilan bisnis itu sendiri. Setiap pekerja harus mampu menyumbangkan inovasi dan juga mengembangkan ide yang dimiliki. Anda akan terlibat secara langsung mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi. Sekilas ketiga hal tersebut terlihat mudah-mudah saja, namun jangan salah karena untuk melakukan tiga hal tersebut dibutuhkan skill yang sangat variatif. Jika berhasil melaluinya Anda akan mendapatkan pengalaman kerja yang lengkap.

Cocok bagi Fresh graduate

Kelebihan bekerja di startup ini adalah cocok bagi fresh graduate yang mana membutuhkan pengalaman kerja. Banyak perusahan startup justru membuka lapangan pekerjaan bagi fresh graduate karena memberikan kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan kemampuannya. Hal ini menjadi kesempatan bagi Anda untuk menunjukkan kemampuan Anda dan mencari pengalaman kerja yang sebanyak-banyaknya.

Benefit

Mendapatkan benefit

Mendapatkan benefit

Untuk perusahaan startup yang memiliki pendanaan besar soal nominal gaji tidak perlu diragukan lagi. Selain itu masih ada keuntungan lainnya yang bisa didapatkan seperti mendapatkan tunjangan, gaji pokok, fasilitas kesehatan, dan masih banyak lagi lainnya. Jika Anda merupakan pekerja terbaik mereka dan juga bertalenta, perusahaan akan memberikan tunjangan yang menarik untuk mempertahankan Anda tetap bekerja di perusahaan mereka. Kehilangan pekerja terbaik dan penuh talenta akan membuat performa perusahaan tersebut tidak seperti yang diharapkan.

Dana yang Terbatas

Kekurangan bekerja di startup yang harus diperhatikan adalah dana yang dimiliki startup ini terbatas terutama bagi yang baru merintis. Mereka akan berusaha mengatur detak jantung perusahaan agar tetap stabil meski dengan dana terbatas. Selain itu Anda akan dihadapkan pada sarana yang serba kurang untuk belajar. Startup yang baru dirintis tidak bisa memberikan fasilitas yang memadai terutama bagi karyawan yang akan meningkatkan keahliannya dengan pelatihan. Selain itu senior yang ada di startup ini pun tidak banyak memberikan pelajaran yang berharga dikarenakan pekerjaan yang mereka miliki cukup banyak sehingga jalan satu-satunya untuk meningkatkan kemampuan adalah belajar secara otodidak.

Alur atau Tujuan Perusahaan yang Berubah

Kekurangan bekerja di startup adalah alur perusahaan yang bisa berubah-ubah.  Hal ini berbeda dengan perusahaan konvensional besar dimana memiliki aturan dan ketentuan yang pasti tentang produk sampai dengan target pasar. Namun untuk startup yang baru dirintis dan kurang dari 5 tahun mereka belum tahu apa yang ingin mereka capai dan bagaimana cara terbaik untuk bisa menggeluti bisnis mereka.   Perusahaan startup ini akan mengubah tujuan dan alur bisnis dengan mudah sampai ditemukan cara berbisnis yang tepat. Bagi Anda yang menyukai tantangan hal ini tidak akan menjadi masalah, namun bagi yang cepat merasa bosan tentu akan membosankan karena menghadapi perubahan yang hampir sering terjadi.

cara membuat startup bisnis, cara memulai bisnis baru

alur startup yang berubah

Yang namanya bekerja di sebuah perusahaan pasti ada plus minusnya. Bahkan perusahaan besar yang terlihat sempurna sekalipun pasti ada kekurangannya apalagi bekerja di perusahaan startup. Anda dituntut untuk siap menerima segala kelebihan dan kekurangan bekerja di startup tersebut terutama jika perusahaan tersebut belum besar dan baru dirintis.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

kelebihan dan kekurangan startup -

Tags: apa saja Kelebihan dan kekurangan bekerja di startup Kelebihan dan kekurangan bekerja di startup

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Kelebihan dan Kekurangan Bekerja di Startup yang Jarang Terekspos"

    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –
    5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Tanpa Modal
    Cara mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal
    5 Peran Digital Marketing untuk Bisnis di Indonesia
    Peran digital marketing untuk bisnis di Indonesia
    5 Pendiri Startup Paling Sukses di Indonesia
    Pendiri startup paling sukses di Indonesia –

    Tinggalkan Balasan