8 Cara Mendapatkan Mitra Bisnis Khusus Pebisnis Pemula yang Efektif

Cara mendapatkan mitra bisnis – Mitra bisnis memegang peranan penting. Hal itu dikarenakan tanpa  mitra, bisnis yang digeluti tidak akan bisa berkembang dengan pesat. Bisnis yang sudah besar pun banyak menjalin mitra dengan lainnya demi kelangsungan bisnis. Sayangnya mencari mitra bisnis ini tidak semudah yang dibayangkan. Mitra yang akan diajak berbisnis biasanya banyak mempertimbangkan siapa yang mengajaknya bekerja sama tersebut. Jangan sampai saat bekerja sama justru kerugian yang didapatkan. Sebagai contohnya adalah Shopee yang bermitra dengan Indomaret, Shopee akan dimudahkan dalam pembayaran transaksi, sedangkan pihak Indomaret akan mendapatkan untung dari setiap biaya penanganan yang disetorkan oleh konsumen sehingga hubungan antara kedua mitra bisnis ini saling menguntungkan dan tidak merugikan.

Mendapatkan Mitra Bisnis Dari Perusahaan Lain

 Mitra Bisnis

Mitra Bisnis

Bagi pebisnis pemula memang sulit untuk mendapatkan mitra yang mau diajak kerja sama ini. Hal itu dikarenakan kredibilitas bisnis tersebut masih banyak diragukan meski sebenarnya memiliki performa yang bagus. Oleh sebab itu pebisnis baru banyak yang mengeluhkan sulitnya memperluas jaringan bisnis dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan lainnya. Bagi Anda yang juga kesulitan mencari dan menemukan mitra bisnis, simak beberapa cara yang bisa Anda lakukan berikut ini:

  1. Apa yang bisnis butuhkan

Sebelum Anda mengetahui cara mendapatkan mitra bisnis, buatlah daftar apa saja yang perusahaan atau bisnis Anda butuhkan. Sebagai contohnya adalah Anda membutuhkan jasa ekspedisi untuk pengiriman barang, pembayaran yang fleksibel, dan lain sebagainya. Dengan membuat daftar yang dibutuhkan Anda akan mudah menyeleksi  perusahaan mana yang bisa diajak untuk kerja sama. Selain itu dengan daftar tersebut Anda akan mudah mendapatkan gambaran bagaimana cara mengembangkan bisnis Anda ke depannya.

  1. Cari Perusahaan yang kredibel

Setelah Anda tahu apa yang perusahaan butuhkan cara selanjutnya adalah pilihlah perusahaan yang kredibel dan sudah dipercaya oleh banyak masyarakat. Hindari perusahaan yang memiliki banyak konflik karena hal tersebut akan merepotkan Anda ke depannya.  Perusahaan yang akan Anda tawari sebagai mitra pun harus sesuai dengan daftar yang dibuat tadi. Misalnya saja adalah Anda membutuhkan jasa ekspedisi untuk pengiriman barang ke konsumen maka bekerja samalah dengan perusahaan jasa ekspedisi yang memiliki citra baik dan banyak digunakan oleh masyarakat.

  1. Tawarkan keuntungan yang bisa didapatkan

Dalam berbisnis diharapkan terjadi simbiosis mutualisme sehingga keduanya sama-sama diuntungkan, jika pihak satu dirugikan itu tandanya bukan sebuah kerja sama namun sebuah petaka karena jika sudah menandatangani surat perjanjian salah satu pihak tidak bisa mengingkarinya sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu tidak mengherankan jika perusahaan yang akan dijadikan sebagai mitra tersebut menyeleksi dengan ketat perusahaan-perusahaan yang menawarinya kerja sama. Semakin besar perusahaan tersebut maka semakin ketat seleksi yang akan dilakukan.

Yang sering menjadi masalah adalah Anda merasa cocok dengan perusahaan tersebut namun mereka tidak cocok dengan bisnis Anda. Jika sudah begini cara yang bisa Anda lakukan adalah tawarkan beberapa keuntungan yang bisa mereka dapatkan. Misalnya untuk jasa ekspedisi, Anda bisa menawarkan biaya ongkos kirim yang lumayan besar karena memiliki konsumen yang banyak dan tersebar di beberapa wilayah. Selain itu konsumen yang berbelanja di bisnis Anda termasuk konsumen tetap. Sedangkan Anda akan mendapatkan keuntungan berupa mudah dan fleksibel dalam mengirimkan barang dengan jaminan barang aman dan selamat sampai tempat tujuan.

  1. Tentukan alasan mengapa perusahaan memilih Anda

Cara mendapatkan mitra bisnis selanjutnya adalah temukan alasan mengapa perusahaan mitra harus bekerja sama dengan perusahaan Anda. Mitra yang ingin diajak kerja sama mungkin tidak akan mudah mengatakan ya saat diajak kerja sama. Untuk membuatnya mempertimbangkan penawaran Anda bisa dengan memberikan beberapa keunggulan perusahaan Anda. Katakan kelebihan yang dimiliki perusahaan namun jangan mengatakan yang muluk-muluk karena hal tersebut akan membuat mitra yang akan diajak kerja sama justru hilang feeling. Anda bisa memulai dengan pencapaian-pencapaian apa saja yang sudah didapatkan oleh perusahaan selama ini.

Mendapatkan Rekan Bisnis

Sebenarnya tidak hanya mitra bisnis dari perusahaan besar saja yang Anda butuhkan namun orang lain yang mana mau diajak kerja sama. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika bisnis tidak bisa berdiri sendiri namun dibutuhkan teman seperjuangan yang mana mau mengembangkan dan menggeluti bisnis bersama-sama. Berikut adalah tips mencari dan mendapatkan rekan bisnis yang bisa dilakukan:

  1. Memahami bisnis Anda

Supaya bisnis bisa berkembang seperti yang diharapkan ini harus cermat teman atau rekan seperti apa yang bisa diajak berbisnis salah satunya adalah memahami dan mengerti bisnis yang Anda jalankan. Percuma saja mengajak rekan atau teman yang tidak mengerti tentang bisnis yang Anda jalani karena harus mengajarinya dari awal atau nol.

  1. Memiliki visi misi yang sama

Untuk bisa mendapatkan mitra bisnis yang sepaham dengan Anda adalah pilihlah yang memiliki visi dan misi yang sama. Menyatukan dua buah pemikiran memang sulit, akan sulit lagi jika visi misi yang kalian usung selama ini tidak pernah sama.

  1. Semangat tinggi

Dalam mencari rekan bisnis Anda bisa mencari seseorang dengan semangat yang tinggi. Semangat yang tinggi ini berbeda dengan ambisius. Memang orang yang memiliki semangat tinggi akan memiliki beberapa ide yang ingin mereka jalankan namun dia tidak memaksakan idenya tersebut kepada Anda, dia juga mau memahami ide dan pendapat dari Anda karena bisnis ini dijalankan oleh kalian berdua.

  1. Loyalitas

Mencari rekan bisnis yang loyal memang susah, namun bisa diciptakan dan dibangun.  Untuk membangun dan menciptakan loyalitas pupuklah sifat saling percaya. Jika ada hal yang kurang berkenan bicarakan dengan baik-baik supaya masing-masing bisa saling mengevaluasi diri.

Lakukanlah beberapa cara mendapatkan mitra bisnis seperti yang disebutkan di atas untuk membuat bisnis Anda berkembang seperti yang diharapkan.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

Cara mendapatkan mitr -

Tags: bagaimana cara mendapatkan mitra bisnis cara mendapatkan mitra bisnis cara mendapatkan mitra bisnis terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "8 Cara Mendapatkan Mitra Bisnis Khusus Pebisnis Pemula yang Efektif"

    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang
    Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019 Tanpa Modal
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan
    5 Peluang Usaha Lulusan Teknik Informatika Tanpa Modal
    Peluang usaha lulusan teknik informatika tanpa modal
    5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Tanpa Modal
    Cara mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal

    Tinggalkan pesan "8 Cara Mendapatkan Mitra Bisnis Khusus Pebisnis Pemula yang Efektif"