7 Cara Mendidik Anak Jadi Pengusaha Sukses Paling berhasil

Cara mendidik anak jadi pengusaha sukses – Setiap orang tua mengharapkan anaknya memiliki masa depan yang lebih baik dibandingkan mereka. Salah satu cara yang bisa membuat anak memiliki masa depan yang lebih cerah adalah menjadi pengusaha. Masih banyak stigma buruk masyarakat tentang pengusaha ini dimana mereka menganggap bekerja kantoran lebih prestisius. Padahal dengan menjadi pengusaha ini memiliki beberapa kelebihan yang mana tidak dimiliki oleh pegawai kantoran seperti mengurangi jumlah pengangguran, sebagai pencipta lapangan kerja di tengah sempitnya lapangan kerja yang ada, dan membuat perekonomian bangsa menjadi lebih baik lagi. Semakin banyak jumlah pengusaha yang ada di Indonesia ini maka pertumbuhan ekonomi juga semakin cepat.

Untuk menjadi pengusaha ini tidak semudah yang dibayangkan karena risikonya cukup besar. Namun jika Anda sebagai orang tua juga menekuni bidang bisnis maka sudah wajib hukumnya mengajari bagaimana cara mendidik anak jadi pengusaha sukses seperti berikut ini:

Menentukan Target

Menentukan target

Menentukan target

Cara mendidik anak menjadi pengusaha sukses yang pertama adalah menentukan target. Menjadi seorang pebisnis harus menentukan apa yang menjadi visi dan misinya. Pancinglah anak untuk bisa menemukan idenya dan target apa yang mereka ingin capai seperti satu minggu ke depan, bagaimana cara mencapainya, dan lain sebagainya. Tugas Anda sebagai orang tua adalah memberikan motivasi supaya anak bisa mencapai target yang telah ditentukan.

Jeli Dalam Melihat Peluang

mengajari anak berbisnis

mengajari anak berbisnis

Untuk bisa mendidik anak menjadi pengusaha sukses harus peka di dalam melihat peluang. Mengajarkan anak untuk bisa melihat peluang ini akan membuat mereka terlatih untuk memanfaatkan kesempatan yang ada. Sudah banyak pebisnis yang meraih kesuksesan dikarenakan mereka jeli di dalam melihat peluang sehingga bisnisnya tersebut dibutuhkan oleh banyak orang. Tidak hanya itu saja sebagai orang tua, Anda juga harus bisa memberikan tantangan kepadanya untuk bisa diselesaikan, misalnya saja adalah mengeluarkan ide yang kreatif ketika disuguhi dengan peluang bisnis. Biarkan anak berbicara dan mengeluarkan pendapatkan tentang perilaku- perilaku bisnis sederhana, misalnya berdagang dan lain sebagainya.

Berjualan

Berjualan merupakan 9 dari 10 pintu rezeki, sehingga bisa disimpulkan bahwa hampir semua jalan rezeki itu didapatkan dari penjualan sedangkan 1 pintunya bukan dari penjualan. Jika Anda sebagai orang tua juga menggeluti bisnis yang berhubungan dengan barang maupun jasa ajaklah anak untuk bisa terlibat misalnya ajak anak untuk ikut melayani pembeli, menata barang dagangan, menimbang, packing, dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga bisa membantu anak berjualan jika yang dijual tersebut adalah produk kerajinan atau hasil tangan dari anak itu sendiri.

Cara Promosi

Selain mengajarkan anak berjualan cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah ajarilah cara anak berpromosi. Penjualan tidak akan maksimal jika tidak disertai dengan promosi yang bagus. Cara pertama yang bisa Anda ajarkan adalah menceritakan produk yang dijual tersebut ke teman-temannya, selain itu bisa dengan melakukan promosi dengan cara online menggunakan sosial media berupa instagram, ataupun membuat blog. Barulah setelah dirasa penjualan meningkat bisa dengan membuatkan situs website yang lebih profesional.

Di sini peran Anda bukan sebagai pengatur bisnis namun hanya sebagai pendamping saja dimana jika ada yang salah dengan cara anak berbisnis bisa diberikan masukan. Jangan memaksakan anak untuk mengikuti cara Anda karena hal tersebut akan membuatnya tidak menjadi dirinya sendiri dalam menjalani bisnis tersebut.  Hindari mengatakan Anda lebih pengalaman dan lebih tahu karena akan membuat anak menjadi rendah diri.

Mengelola Keuangan

Cara mendidik anak jadi pengusaha sukses selanjutnya adalah ajarkanlah anak bagaimana cara mengelola keuangan. Keuangan ini sangat penting dalam menggeluti bisnis. Sayangnya teknik atau cara ini jarang diberikan di bangku sekolah atau pendidikan formal.  Sebagai orang tua Anda bisa mengajarkan bagaimana cara membelanjakan uang yang dimiliki. Ajarkan kepada anak bagaimana caranya bisa berhemat dan memanfaatkan uang yang diberikan untuk menambah modal usaha. Anda juga bisa mengajarkan logika bagaimana caranya anak bisa mendapatkan keuntungan dari usaha yang digelutinya tersebut. Jika hanya dengan kata-kata atau kalimat saja anak tidak akan mudah dalam mencernanya, sehinga sertakan pula contohnya yang mudah terlebih dahulu misalnya saja adalah harga beli sekian, harga jual menjadi sekian. Selisih itulah yang akan menjadi keuntungan anak.

anak mengelola keuangan

anak mengelola keuangan

Ketika bisnis berkembang akan semakin kompleks hal yang harus diketahui anak, misalnya berapa transaksi yang harus dicapai anak agar biaya operasional bisa tertutupi dan lain sebagainya. Untuk anak yang baru belajar bisnis jangan ajarkan yang rumit-rumit terlebih dahulu karena hal ini hanya akan membuatnya berpikir bisnis itu ribet dan sulit menjalankannya.

Memberikan Pengertian Tentang Kegagalan

Tidak semua bisnis yang dijalani seperti yang diharapkan, oleh sebab itu penting untuk mengajarkan kepada anak tentang apa itu arti kegagalan.  Terlebih lagi mental dan pemikirannya belum seperti orang dewasa. Anak akan mudah terpuruk jika bisnis yang dirintisnya gagal dan tidak seperti yang diharapkan, oleh sebab itulah di awal-awal bisnis Anda bisa mengatakan kepada anak jika yang namanya bisnis ada yang namanya kegagalan, namun kegagalan tersebut bisa dijadikan sebagai hikmah dan pembelajaran supaya bisnis yang digeluti bisa lebih baik lagi.

Komunikasi dan Percaya Diri

Cara mendidik anak jadi pengusaha sukses yang terakhir adalah ajarkanlah bagaimana membangun komunikasi yang efektif dan membentuk rasa percaya diri. Anak yang kurang percaya diri akan merasa malu saat mempromosikan produknya atau saat menggeluti bisnis. Selain itu ajarkan anak bagaimana cara membangun komunikasi yang efektif. Komunikasi ini penting terutama dalam melayani konsumen maupun saat melakukan promosi kepada orang lain. Jika komunikasi yang tidak lancar dan kurang efektif akan membuat apa yang menjadi tujuan dari komunikasi itu tidak tercapai.

Demikianlah beberapa cara mendidik anak jadi pengusaha sukses yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara mendidik anak jadi pengusaha sukses Cara mendidik anak jadi pengusaha sukses Cara mendidik anak jadi pengusaha sukses terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Cara Mendidik Anak Jadi Pengusaha Sukses Paling berhasil"

    Belajar dari Pengalaman, 5 Penyebab Teh Sariwangi Bangkrut
    Teh Sariwangi merupakan salah satu produk yang
    Punya Prospek Cerah, Inilah Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan
    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –

    Tinggalkan Balasan