3 Tips Menilai Manajer Investasi Reksadana

Manajer Investasi Reksadana – Salah satu orang yang berperan penting dalam reksadana adalah manajer investasi. Perannya di dalam reksadana ini sangat kritikal. Manajer investasi ini biasa disebut dengan MI.  Ketika Anda memilih investasi reksadana penting sekali bagi Anda untuk tahu tips bagaimana menilai Manajer investasi tersebut. Bagi pemula yang belum tahu tentang manajer investasi penting untuk mengetahui semua hal yang berhubungan dengan Manajer Investasi Reksadana tersebut.

Syarat Manajer Investasi Reksadana

OJK

OJK

Sebelum Anda mengetahui apa saja tips menilai Manajer Investasi Reksadana, Anda harus tahu syarat apa saja yang bisa membuat seseorang bisa menjadi MI. Syarat untuk bisa menjadi MI ini adalah seseorang harus mengantongi izin dari otoritas pasar modal yaitu OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Karena tugas MI tersebut nantinya mengelola dana dari semua masyarakat maka agar mendapatkan izin beroperasi sangat ketat. OJK akan memberikan penilaian terhadap MI sebelum beroperasi apakah memiliki keahlian, memiliki pengalaman dan juga memiliki modal untuk mengelola dana maupun portofolio di reksadana tersebut. MI yang abal-abal akan merugikan investor sebab kemungkinan besar dananya akan diselewengkan.  Penting bagi Anda untuk memilih Manajer Investasi yang sudah memiliki izin dari OJK.

Tips Menilai Manajer Investasi

reksadana

reksadana

Penting sekali ketika memilih MI ini untuk mengetahui latar belakang dari manajer investasi tersebut.  Saat ini banyak investor yang hanya melihat return saja atau nilai baliknya yang besar padahal penting sekali bagi Anda untuk melihat latar belakang manajer investasi itu.  Meskipun memiliki return yang tinggi, Anda harus ingat bahwa reksadana memiliki high risk. High risk high return, sehingga semakin besar return maka risikonya semakin tinggi. Oleh sebab itu Anda jangan mengambil dari segi return saja, namun lihatlah latar belakangnya. Berikut ini adalah tips menilai Manajer Investasi Reksadana yang wajib untuk Anda ketahui:

Izin

Hal pertama yang harus Anda cermati dalam menilai MI ini adalah pilihlah yang memiliki izin resmi yang dikeluarkan oleh OJK. Izinnya pun harus legal, sehingga Anda harus melihat izinnya dahulu sebelum menilai yang lainnya. Lalu bagaimana untuk mengetahui apakah MI tersebut sudah memiliki izin atau belum?, caranya mudah saja Anda tinggal melihat di dalam prospektus reksadana, nantinya Anda akan menemukan nomor izinnya di sana.

Pengalaman

Tips menilai manajer investasi reksadana selanjutnya adalah lihatlah pengalaman dari MI tersebut. Untuk memilih MI yang sudah berpengalaman Anda bisa juga melihatnya di bagian prospektus. Di dalam prospektus tersebut ada sub bagian MI yang akan menjelaskan secara lengkap pengalaman MI dalam mengelola reksadana selama ini. Disebutkan pula keahlian dan juga timnya yang selama ini mengelola dana investasi yang ditanam oleh investor.

Pengecekan Ulang

Jika Anda kurang merasa yakin dengan izin yang dimiliki oleh MI tersebut Anda bisa melakukan pengecekan ulang. Caranya adalah dengan mengunjungi website otoritas pasar modal atau OJK. Di dalam website tersebut Anda bisa melihat daftar MI yang sudah mendapatkan izin untuk beroperasi. Anda bisa mencocokkan data yang ada di prospektus dengan yang ada di OJK. Daftar MI yang sudah mendapatkan peringatan atau terkena sanksi karena sudah melanggar peraturan juga tertera di sana. Ketika memilih MI ini Anda tidak disarankan untuk memilih MI yang sudah terkena peringatan atau sudah mendapatkan sanksi, hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya.

Pentingnya Memilih Manajer Investasi

Bagi Anda yang baru ingin bergabung dengan investasi reksadana sangat disarankan untuk memilih MI yang sudah benar-benar profesional dan pengalaman di bidangnya. Tidak hanya return saja yang harus Anda pertimbangkan namun juga yang sudah memiliki pengalaman dan latar belakang yang baik. Jika memang MI yang Anda pilih itu sudah berpengalaman dan sudah mendapatkan izin resmi dari OJK return yang Anda dapatkan juga tidak akan mengecewakan. Berbeda dengan Anda yang hanya mengejar return dikhawatirkan di tengah proses reksadana itu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyelewengan dana reksadana dan lain sebagainya.

Selain memilih jenis dan produk reksadana yang tepat, Anda juga harus memilih Manajer Investasi yang tepat dan berpengalaman. Lakukanlah beberapa tips menilai Manajer Investasi Reksadana seperti yang sudah dijelaskan agar reksadana yang Anda miliki bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara menilai reksadana -total data manajer investasi oktober 2018 -

Tags: Manajer Investasi Reksadana Manajer Investasi Reksadana 2017 Manajer Investasi Reksadana syariah Manajer Investasi Reksadana terbaik Manajer Investasi Reksadana terbaik 2018

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "3 Tips Menilai Manajer Investasi Reksadana"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan