7 Strategi Jika Tidak Mampu Membayar Cicilan KPR Tepat Waktu

Strategi jika tidak mampu membayar cicilan KPR – KPR bisa menjadi solusi bagi yang menginginkan hunian idaman namun terkendala dalam hal biaya. Untuk membeli rumah secara cash memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit namun dengan KPR kini siapapun bisa memiliki hunian idaman. Untuk tenornya pun beragam dan yang diberlakukan umumnya sangat lama yaitu mulai dari 10 tahun sampai dengan 20 tahun. Bahkan kini ada bank yang menawarkan KPR ini hingga 25 tahun namun kelemahannya tenor waktu yang lama tersebut membuat seseorang merasa jenuh dan kesulitan untuk konsisten dalam melakukan pembayaran cicilan. Simak beberapa strategi jika tidak mampu membayar cicilan KPR tepat waktu yang penting untuk Anda ketahui:

Jangan Mengabaikan Masalah Hutang

hutang

Jangan pernah meremehkan hutang apalagi jika hutangnya kepada pihak bank. Hutang yang tertunggak akan menyebabkan masalah fatal terutama jika tidak ada penyelesaian antara Anda dengan pihak bank, masalah pun akan menjadi berlarut-larut dan semakin keruh.  Hal fatal yang bisa terjadi pada Anda adalah akan menyebabkan aset berharga atau agunan yang telah dijaminkan ke pihak bank akan disita. Tentunya hal tersebut tidak ingin terjadi pada Anda bukan?, oleh sebab itulah jangan pernah mengabaikan hutang ini. Hutang bank dengan hutang personal berbeda karena bank memiliki sistem dan aturan yang lebih ketat. Tidak hanya itu saja surat perjanjian yang mengikat antara Anda dengan pihak bank ini sifatnya kuat dan tidak bisa diingkari.

Berpikir Tenang

Sebelum Anda mengetahui strategi jika tidak mampu membayar cicilan KPR ada baiknya jika bersikap tenang. Bersikap tidak tenang hanya akan membuat Anda berpikiran gegabah dan mengambil jalan pintas yang mana justru bisa memperburuk keadaan. Oleh sebab itu tetaplah bersikap tenang dan berpikiran jernih.

Jujur Kepada Pihak Bank

Jujur kepada bank

Setelah Anda bersikap tenang kini Anda bisa melakukan diskusi dengan pihak bank yang memberi KPR tersebut. Diskusi pertama yang bisa Anda lakukan adalah mintalah tenor kredit yang Anda miliki diperpanjang. Misalnya selama ini Anda mencicil KPR dengan tenor 10 tahun Anda bisa meminta pihak bank untuk mengganti tenornya menjadi 15 tahun sehingga cicilan KPR Anda menjadi lebih murah.

Anda juga bisa melakukan negosiasi untuk melakukan penundaan pembayaran sehingga pihak bank akan bisa melakukan negosiasi ulang pinjaman KPR Anda. Jika Anda tidak bersikap tenang dan berpikiran jernih, di tahap negosiasi ini tidak akan berhasil karena pikiran Anda dipenuhi dengan pikiran-pikiran buruk dan sikap tergesa-gesa.

Evaluasi Keuangan

Jika Anda kesulitan mencicil KPR dikarenakan keuangan yang sedang kacau sebaiknya lakukanlah evaluasi keuangan apakah ada pengeluaran yang berlebihan, manajemen keuangan Anda sedang buruk, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan melakukan evaluasi keuangan ini diharapkan Anda akan bisa membayar cicilan KPR dengan lancar seperti sebelumnya. Cara ini cocok bagi Anda yang baru menunggak KPR satu atau dua tunggakan saja, sedangkan jika sudah banyak tunggakannya diperlukan solusi yang lebih tepat dan cepat sebelum tunggakan semakin banyak dan memberatkan.

Cicil Semampu Anda

Cicil Semampu Anda

Cicil Semampu Anda

Strategi jika tidak mampu membayar cicilan KPR adalah cicil semampu Anda. Yang harus Anda ketahui adalah bank akan menghindari proses pengadilan yang memakan waktu lama dan memakan biaya yang tidak sedikit. Bank pun juga tidak ingin jika KPR ini menjadi persoalan yang besar bahkan sampai ke jalur hukum kecuali jika tidak ada jalan lain selain ditempuh dengan jalur hukum. Mencicil semampunya ini misalnya adalah cicilan KPR Anda adalah 10 juta per bulan dan Anda hanya bisa membayar 2 juta per bulan maka bayarkan saja, dan jika selanjutnya Anda bisa membayar secara penuh bayarkanlah sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Cari Dana Tambahan

Untuk bisa mendanai cicilan KPR Anda ada baiknya jika Anda mencari dana tambahan. Saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari dana tambahan asalkan pandai dalam memanfaatkan peluang maka kesempatan itu akan selalu ada. Jika Anda adalah seorang karyawan kantor maka Anda bisa mencari dana tambahan di luar jam kantor sehingga pemasukan bisa bertambah. Anda juga bisa memanfaatkan bisnis online untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Carilah bisnis online yang sesuai dengan passion dan minat Anda.

Jual Rumah Anda

Kesulitan dalam melunasi hutang sering diakibatkan oleh sifat konsumtif. Memang menahan godaan dari berbagai macam barang yang diinginkan itu tidak mudah namun harus tetap dilakukan mengingat ada tanggungan yang harus dibayarkan dan jangka waktunya lama. Jika tunggakan sudah sangat banyak dan pesimis untuk bisa langsung dilunasi strategi terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menjual rumah tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda bisa meminta pihak bank untuk menjual rumah KPR tersebut. Namun cara ini memang tidak mudah dan rumah yang dijual tidak langsung laku.

Strategi jika tidak mampu membayar cicilan KPR di atas bisa dilakukan dengan perbaikan  pengelolaan keuangan dan juga manajemen keuangan yang bagus supaya cicilan KPR bisa menjadi lancar kembali terutama bagi yang masa tunggakannya belum terlalu lama.

Загрузка...

Tags: jika tidak mampu membayar cicilan KPR solusi jika tidak mampu membayar cicilan KPR Strategi jika tidak mampu membayar cicilan KPR

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Strategi Jika Tidak Mampu Membayar Cicilan KPR Tepat Waktu"

    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –
    5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Tanpa Modal
    Cara mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal
    5 Peran Digital Marketing untuk Bisnis di Indonesia
    Peran digital marketing untuk bisnis di Indonesia
    5 Pendiri Startup Paling Sukses di Indonesia
    Pendiri startup paling sukses di Indonesia –

    Tinggalkan Balasan