6 Persyaratan KPR Agar Disetujui oleh Bank

ads

Persyaratan KPR agar disetujui – KPR menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat yang ingin membeli rumah pribadi. Memiliki rumah pribadi menjadi aset atau investasi yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Selain itu pasangan yang baru menikah pun lebih memilih tinggal di rumah sendiri dibandingkan dengan tinggal bersama dengan orang tua atau mertuanya. Meski sering dipilih sebagai cara untuk mendapatkan rumah impian tapi mengajukan KPR agar disetujui ini tidak semudah yang dipikirkan. Bahkan banyak orang yang harus merasakan penolakan berulang kali oleh pihak bank. Ketatnya aturan yang diberlakukan dan kebijakan yang oleh bank memiliki tujuan tersendiri bukan bermaksud memberatkan namun karena KPR ini melibatkan dana yang besar sehingga tidak boleh main-main dalam pemberiannya. Bagi yang ingin mengajukan KPR simak persyaratan KPR agar disetujui oleh bank yang bisa dilakukan berikut ini:

Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya

Informasi KPR

Informasi KPR

Sebelum Anda tahu persyaratan KPR agar disetujui Anda harus bisa mengumpulkan semua informasi dan memahaminya dengan baik. Informasi yang perlu Anda ketahui adalah layanan KPR apa saja yang bisa Anda dapatkan, dan persyaratan yang mereka berlakukan apa saja. Pahami setiap poinnya dengan baik. Dengan melakukan pemahaman yang mendetail tentang KPR tersebut Anda bisa menentukan KPR yang cocok dan sesuai dengan keinginan Anda. Kini informasi tentang layanan KPR yang diberikan oleh bank tidak hanya secara offline saja namun Anda bisa mendapatkan informasinya secara online. Setiap situs bank tersebut juga diberikan customer service sehinga Anda bisa bertanya secara langsung. Selain di situs bank Anda juga bisa mengakses website keuangan yang membahas tentang KPR ini. Pertanyaan yang bisa diajukan adalah proses pengajuan, besar bunga yang dibebankan, cicilan yang harus ditanggung, dan jumlah penalty yang harus ditanggung. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari setiap bank agar Anda bisa mendapatkan gambaran tentang KPR tersebut.

Melakukan Perbandingan

Pengajuan KPR di bank

Pengajuan KPR di bank

Setelah Anda menemukan informasi lengkap langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan perbandingan. Bandingkan satu bank dengan bank lainnya. Setiap bank memiliki peraturan dan kebijakan yang berbeda-beda sehingga Anda perlu mempertimbangkannya. Setidaknya Anda memiliki satu sampai tiga bank yang ingin Anda ajukan untuk KPR. Jika Anda mendapatkan penolakan dari bank pertama, lakukanlah pengajuan di bank kedua dan juga ketiga dengan begitu Anda tidak akan membuang waktu hanya untuk menunggu persetujuan di satu bank saja.

Datangi Bank dengan Penampilan Meyakinkan

Datangi bank Anda

Datangi bank Anda

Penampilan mempengaruhi penilaian bank. Jangan datang ke bank dengan penampilan yang acak-acakan. Bank akan menaruh kurang simpati jika Anda datang dengan penampilan yang acak-acakan. Cukup berpakaian dengan rapi dan sopan, setelah itu Anda juga harus membekali diri Anda dengan pemahaman akan KPR itu sendiri. Tanyakan secara detail kepada pihak bank dengan jumlah dana KPR yang akan didapatkan, uang muka yang harus disiapkan, bunga, dan lain sebagainya.

Siapkan Semua Persyaratan dengan Lengkap

Menyerahkan berkas administrasi

Menyerahkan berkas administrasi

Setelah memperhatikan beberapa poin di atas, kini Anda harus tahu persyaratan apa saja yang harus disiapkan untuk mengajukan KPR tersebut. Persyaratan ini digunakan sebagai syarat administratif untuk mengajukan KPR yang harus Anda penuhi:

1. Persyaratan Umum

Syarat umum mengajukan KPR adalah WNI atau warga negara Indonesia yang domisilinya ada di Indonesia. Jika menjadi karyawan harus yang sudah bekerja minimal 2 tahun. Wiraswasta yang sudah memiliki usaha minimal tiga tahun, seorang profesional yang memiliki pengalaman praktik 2 tahun, usia yang mengajukan KPR minimal 21 tahun dan maksimal usianya 65 tahun untuk wiraswasta dan professional.

2. Persyaratan Khusus

Syarat khusus yang harus Anda penuhi untuk bisa mengajukan KPR ini adalah menyiapkan KTP atau Kartu Tanda Pengenal, Kartu Keluarga dan Surat Nikah bagi yang sudah berkeluarga, slip gaji terakhir atau surat keterangan gaji, rekening koran selama bulan terakhir, dan memiliki NPWP pribadi.

3. Syarat Jaminan

Syarat jaminan yang diterima oleh bank yaitu sertifikat tanah, Izin Mendirikan Bangunan atau IMB, Peta Lokasi, dan PBB terakhir.

Pahami Kemampuan Bayar

Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan

Persyaratan KPR agar disetujui yang bisa dilakukan adalah ketahui berapa kemampuan membayar Anda. Untuk rumah yang masih baru pihak bank hanya akan memberikan dana sebanyak 80% saja dan untuk rumah yang sudah ditempati bank akan memberikan dana sebesar 70%. Anda harus menyiapkan DP dulu sebesar 20% atau 30% sehingga Anda harus menghitung berapa kira-kira plafon yang akan diberikan oleh bank tersebut.

Menyusun Laporan Keuangan

Untuk bisa diterima oleh bank Anda harus menyusun laporan keuangan karena hal ini akan diminta oleh bank sebagai persyaratan khusus. Buatlah laporan keuangan minimal 3 bulan terakhir pastikan keuangan Anda stabil, jangan terlalu banyak pengeluaran karena hal ini akan menjadi bahan pertimbangan oleh bank.

ads
membuat laporan keuangan

membuat laporan keuangan

KPR tidak bisa langsung disetujui begitu saja. Prosesnya begitu rumit karena ada beberapa kebijakan yang harus dipenuhi. Kebijakan tersebut berguna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu pastikan Anda sudah mengetahui beberapa persyaratan KPR agar disetujui oleh bank sehingga nantinya ketika mengajukan KPR akan mudah diterima.

Tags: apa saja Persyaratan KPR Agar Disetujui daftar Persyaratan KPR Agar Disetujui Persyaratan KPR Agar Disetujui Persyaratan KPR Agar Disetujui terbaru

Posting Terkait "6 Persyaratan KPR Agar Disetujui oleh Bank"

6 Tips Jitu Bisnis Personal Shopper yang Sukses
Tips jitu bisnis personal shopper – Jika
3 Kisah Inspiratif Bisnismen Indonesia yang Memulai Karir Dari Nol
Bisnismen Indonesia yang memulai karir dari nol
4 Cara Membeli Emas Antam Harga Murah, Untung Namun Tetap Aman
Anda tentunya sepakat bahwa untuk mendapatkan hasil
Siaran Pers: GKInvest Luncurkan Promo Emas Lebaran
Global Kapital Investama Berjangka atau yang lebih

Tinggalkan pesan "6 Persyaratan KPR Agar Disetujui oleh Bank"