5 Peran Bank Syariah Dalam Perekonomian Indonesia

Ads

Peran bank syariah dalam perekonomian Indonesia – Ciri dari bank syariah yang menonjol adalah tidak adanya penarikan bunga dalam setiap transaksinya. Bank ini pun dikelola dengan prinsip islam yang mana bank dan nasabah akan mendapatkan keuntungan dari bagi hasil. Bank berbasis syariah ini juga memiliki dua bentuk yaitu  bank umum syariah maupun unit syariah. Kedua bentuk ini memiliki pengertian yang berbeda dimana bank umum syariah merupakan bank yang didirikan oleh bank umum. Sedangkan pendiriannya sudah memiliki aktanya sendiri dan terlepas dari bank induk. Sebagai contoh bank umum syariah adalah Bank Mandiri Syariah dan Bank Muamalat. Sedangkan unit usaha syariah adalah memiliki bank induk yang menyelenggarakan unit usaha di beberapa wilayah tertentu sebagai contohnya Bank BNI syariah yang menjadi naungan Bank BNI Konvensional. Lalu seperti apa peran bank syariah dalam perekonomian Indonesia?, simak penjelasannya berikut ini:

Sebagai Pelaksana Kegiatan Sosial

bank syariah dan Kegiatan Sosial

bank syariah dan Kegiatan Sosial

Peran bank syariah dalam perekonomian Indonesia yang pertama adalah sebagai pelaksana kegiatan sosial. Bank konvensional memang juga melakukan kegiatan sosial namun dalam  praktiknya tidak dilakukan secara periodik seperti dengan bank syariah. Jika di dalam bank syariah ditemukan ada unsur yang dilarang oleh syariah islam kemudian unsur tersebut akan dikumpulkan dan pada periode tertentu disumbangkan dalam kegiatan sosial. Untuk penyalurannya manajer investasilah yang mengambil kedudukan dalam menyarankan dimana tempat penyaluran dana yang tepat.

Sebagai Penggalangan Dana

Peran secara langsung untuk perekonomian negara adalah bank syariah tersebut berguna sebagai penggalangan dana. Dana dari nasabah digalang dari proses investasi. Kemudian dari pengumpulan dana tersebut digunakan untuk modal mengelola bisnis. Sedangkan keuntungannya akan diproses dengan sistem bagi hasil. Melalui penggalangan dana inilah bank syariah di klaim bisa membangun perekonomian negara menjadi yang lebih baik lagi.

Sebagai Penarik Investor Asing

Bank syariah bisa mengembangkan perekonomian yang ada di Indonesia dikarenakan mereka mampu menarik investor asing untuk menanamkan dananya d Indonesia. Investor asing tersebut kebanyakan berasal dari Timur Tengah dan mereka menanamkan modalnya dalam bidang investasi. Semakin banyak investor asing yang menanamkan dananya hal tersebut akan semakin bagus untuk ekonomi yang ada di Indonesia.

Peran Pengembangan

Dalam bidang pengembangan, bank syariah ini berkontribusi untuk mengembangkan sektor rill. Dana yang sudah dikelola oleh bank syariah tersebut akan disalurkan dalam sektor rill dan juga bisnis yang halal. Cara ini dilakukan oleh bank untuk berbisnis secara nyata sehingga secara tidak langsung memiliki peran penting dalam membangun ekonomi bangsa. Selain itu juga terbukti berperan sebagai pendorong dan mengelola keuangan masyarakat etis. Hal itu dikarenakan bank syariah mengelola keuangan yang bersih dari riba sehingga manajemen keuangan yang etis bisa terwujud berkat peran bank syariah ini.

Membantu Keperluan Bisnis Lokal

Semakin banyak bisnis yang ada di Indonesia maka perekonomian akan semakin maju. Salah satu kendala yang sering terjadi pada pebisnis lokal adalah modal yang dimiliki. Untuk membantu keperluan pebisnis lokal bank syariah menyediakan modal yang bisa membantu kegiatan roda bisnis. Pencairan dana di bank syariah pun cukup mudah dan tentunya terbebas dari riba yang diharamkan dalam islam.

Membantu Usaha Mikro

Peran bank syariah dalam perekonomian Indonesia adalah membantu usaha mikro. Usaha mikro ini memiliki peran yang penting dalam perekonomian Indonesia. Semakin banyak usaha mikro yang ada akan membuat perekonomian yang ada di Indonesia semakin maju dan berkembang. Di sini bank syariah akan meminjamkan dana untuk usaha mikro terutama bagi masyarakat kecil yang kurang mampu dalam mengembangkan usaha. Uniknya bank syariah tidak akan meminta jaminan dari peminjam namun usaha kecil tersebut harus memiliki 5 anggota yang mengelolanya.

Sebagai Upaya untuk Meminimalisir Krisis

Indonesia pernah terkena krisis moneter yang dampaknya sangat menakutkan. Banyak karyawan yang di PHK menjadi pengangguran, harga sembako mahal dan masih banyak lagi lainnya. Dengan banyaknya bisnis berskala mikro bisa berfungsi sebagai penanggulangan krisis moneter. UMKM ini bahkan menjadi tulang punggung untuk perbaikan ekonomi negara. Peran bank syariah ini akan memberikan modal usaha untuk UMKM yang ada di Indonesia sehingga bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

Yang Diharamkan Bank Syariah

Dalam melakukan kegiatan perbankan, bank syariah ini menggunakan asas berdasarkan islam. Dan ada beberapa unsur yang diharamkan dalam perbankan syariah ini misalnya saja adalah riba, maisir, gharar, haram dan juga zalim. Oleh sebab itu selama memberikan layanan perbankan bank syariah akan menghindari hal-hal yang diharamkan tersebut.

iklan

Keberadaan bank syariah saat ini menjadi salah satu penggerak roda ekonomi yang ada di Indonesia. Banyak sekali peran bank syariah dalam perekonomian Indonesia baik itu dari segi bisnis, pengembangan dan lain-lain sehingga diharapkan perekonomian yang ada di Indonesia lebih baik lagi ke depannya.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

peran bank syariah -peran bank syariah dalam perekonomian indonesia -peran bank syariah dalam pertumbuhan ekonomi -peran perbankan syariah dalam perekonomian indonesia -peran bang syariah dalam perekonomin indnesia -Sebutkan salah satu peran bank syariah dalam perekonomian indonesia -kedudukan bank syariah dalam perekonomian -jelaskan fungsi perbankan syariah pada perekonomian Indonesia -contoh bank syariah menjadi penggerak perekonomian -bagaimana peran perbankan syariah bagi ekspor impor -

Tags: Peran bank syariah dalam perekonomian Indonesia Peran bank syariah dalam perekonomian Indonesia 2018 Peran bank syariah dalam perekonomian Indonesia terbaru

Posting Terkait "5 Peran Bank Syariah Dalam Perekonomian Indonesia"

5 Peluang Usaha Rumahan 2018 dengan Prospek Menjanjikan
Peluang usaha rumahan 2018 tentu saja dicari
Peluang Usaha Cafe Hotspot dan Modal yang Dibutuhkan
Peluang usaha cafe hotspot memang terbilang sangat

Tinggalkan pesan "5 Peran Bank Syariah Dalam Perekonomian Indonesia"