7 Langkah Menyusun Bisnis Plan yang Baik agar Sukses

Bagi Anda yang berencana membangun sebuah bisnis, mengetahui langkah menyusun bisnis plan yang baik adalah sebuah kewajiban. Mengapa? Karena dengan langkah dan perencanaan tepat, bisnis apapun dapat berjalan dengan lancar. Lantas langkah apa saja yang perlu diperhatikan dalam menyusun business plan? Daripada penasaran, simak ulasan berikut:

Mengenali Bisnis yang Akan Dijalankan

SWOT analysis

SWOT analysis

Sebelum menyusun sebuah business plan, langkah paling awal adalah mengenali bisnis yang akan dijalankan. Maksudnya, Anda harus benar-benar memahami dan mempelajari secara detail tentang potensi hingga segala risiko yang mungkin muncul dalam bisnis tersebut. Untuk itu, lakukan analisis SWOT.

SWOT merupakan singkatan Strenghts, Weakness, Opportunities, dan Threats yang berarti Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman. Setidaknya pahami hal tersebut untuk mengetahui seberapa besar potensi kesuksesan bisnis yang akan dilakukan serta ancaman apa saja yang harus dihadapi.

Membuat Rancangan Visi dan Misi

Rancangan Visi dan Misi

Rancangan Visi dan Misi

Langkah menyusun bisnis plan yang baik selanjutnya adalah membuat visi dan misi. Apakah hal ini diperlukan? Tentu saja! Visi merupakan sebuah sasaran, tujuan, atau pandangan jangka panjang yang harus dicapai oleh bisnis tersebut. Dengan visi yang jelas, maka anda tak akan kesulitan dalam merancang rencana bisnis.

Selain visi, rancangan misi juga harus dimiliki. Secara singkat, misi dapat diartikan sebagai sebuah langkah atau tujuan jangka pendek. Dengan kata lain, tentukan pula hasil yang dapat diberikan oleh bisnis dalam jangka waktu sebulan, dua bulan, dan seterusnya. Dengan adanya misi, maka setiap bulan anda dapat menganalisis keuntungan atau kerugian. Apabila misi tak tercapai, berarti ada sebuah hal yang salah dalam langkah bisnis yang Anda jalankan.

Marketing Analysis

Marketing Analysis

Marketing Analysis

Langkah selanjutnya adalah melakukan marketing analysis  atau analisis pemasaran. Pada langkah ini, Anda harus menyusun secara detail siapa konsumen dari produk atau jasa bisnis tersebut. Tak hanya itu saja, analisis pemasaran juga mencakup tentang tingkat persaingan, karakteristik konsumen, penetapan harga, dan strategi promosi.

Analisis Produk

Setelah melakukan analisis pemasaran, maka Anda juga harus menyusun analisis produk. Misalnya rencana bisnis yang akan dijalankan menghasilkan banyak produk, maka jangan ragu melakukan analisis produk tersebut satu persatu. Dalam hal ini, cari pula tentang perbandingan produk bisnis anda dan produk dari pelaku bisnis lain yang telah berjalan. Tak hanya itu, pertimbangkan juga harga yang dibandrol untuk produk tersebut melihat bahan baku serta tahap produksi.

Analisis Manajemen

Analisis Manajemen

Analisis Manajemen

Langkah menyusun bisnis plan yang baik selanjutnya adalah dengan analisis manajemen. Apabila bisnis yang akan dibangun membutuhkan banyak tenaga, analisis manajemen sangat penting untuk dilakukan. Di sini, Anda harus menyusun sistem manajemen yang akan digunakan, mulai dari menentukan struktur organisasi, jumlah pekerja, hingga sistem pemberian gaji dan tunjangan. Namun apabila bisnis yang dijalankan memiliki skala kecil, maka hanya perlu pikirkan bagaimana perputaran uang pada bisnis tersebut berjalan lancar.

Analisis keuangan

Dalam dunia bisnis, menganalisis manajemen keuangan adalah hal yang paling vital. Pasalnya dengan perputaran uang yang stabil, maka bisnis apapun dapat berkembang dengan pesat. Untuk itu, lakukan perhitungan tentang perencanaan modal dan besaran dana yang dibutuhkan untuk proses produksi dan gaji pekerja apabila merekrut pekerja.

Analisis keuangan

Analisis keuangan

Berbicara tentang analisis keuangan, tak sedikit pebisnis yang ingin segera meraup pundi-pundi uang saat pertama kali menjalankan bisnis. Padahal tak semua produk atau jasa yang ditawarkan dapat diterima oleh pasar. Untuk itu, Anda harus cukup bersabar sembari mencari celah atau kesalahan manajemen bisnis yang dijalankan apabila tak kunjung memberikan keuntungan. Analisis keuangan yang tepat akan menjadi kekuatan bisnis yang sedang dijalankan.

Proyeksikan Rencana Bisnis secara Profesional

Setelah melakukan semua langkah menyusun bisnis plan yang baik di atas, maka langkah terakhir adalah memproyeksikan semua itu secara profesional. Anda dapat menggambarkan setiap detail rencana bisnis dalam bentuk grafis sehingga mudah dipahami. Jika perlu, tempel grafis tersebut pada ruangan di mana semua orang yang terkait dengan bisnis dapat melihatnya.

Meskipun terlihat cukup banyak, namun dengan melakukan langkah di atas, maka peluang kesuksesan bisnis yang dijalankan akan semakin besar. Demikian sedikit ulasan tenang langkah menyusun bisnis plan yang baik.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

langkah dalam menyusun bisnis -tahapan bisnis plan -langkah-langkah membuat business plan -cara membuat bisnis plan -bisnis plan yang baik -cara menyusun bussines plan yang baik -langkah menyusun bisnis -langkah langkah dalam membuat busines s plan -9 langkah menyusun bisnis -langkah langkah business plan -

Tags: cara menyusun bisnis plan yang baik langkah menyusun bisnis plan yang baik menyusun bisnis plan yang baik tips menyusun bisnis plan yang baik trik menyusun bisnis plan yang baik

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Langkah Menyusun Bisnis Plan yang Baik agar Sukses"

    Bisnis Cetak Foto Digital: Peluang dan Besaran Modal yang Dibutuhkan
    Bisnis cetak foto digital memang menjadi salah
    7 Hal yang Menyebabkan Usaha Bangkrut Internal dan Eksternal
    Hal yang menyebabkan usaha bangkrut harus dihindari.
    6 Tips Menghindari Kerugian dalam Berbisnis Paling Ampuh
    Tips menghindari kerugian dalam berbisnis – Kerugian

    Tinggalkan Balasan