Pilih Mana Kredit Motor Atau Cash, Mana Yang Lebih Untung?

Kredit motor atau cash mana yang sekiranya lebih menguntungkan bagi Anda? Sebagaimana diketahui, kendaraan bermotor merupakan salah satu alat transportasi yang digandrungi oleh masyarakat saat ini. Selain memiliki harga yang terjangkau, alat transportasi ini juga terbilang cukup sederhana dan mampu menunjang aktivitas sehari-hari yang dilakukan. Berbagai jenis merk motor pun bisa Anda temukan dengan mudah di Indonesia. Hal ini jelas akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengajukan kredit motor yang diinginkan.

Kredit motor

Kredit motor

Banyak pula dealer-dealer motor yang menyediakan promo pembelian secara kredit terhadap produk kendaraan roda dua tersebut. Bahkan mereka juga menyediakan persyaratan yang mudah dan cepat. Bagi sebagian orang hal ini tentunya menguntungkan, khususnya mereka yang terkendala masalah dana ketika ingin membeli kendaraan bermotor tersebut secara tunai. Dari sini pernahkah Anda berpikir kenapa dealer-dealer tersebut lebih menonjolkan kredit motor dibandingkan dengan cash?

Hal ini dikarenakan menurut perhitungan secara bisnis, delaer motor akan bisa memperoleh insentif atau subsidi dari perusahaan apabila menerapkan cara yang satu ini. Tak heran bagi masyarakat yang bingin akan memilih kredit motor atau cash, mereka akan berpotensi lebih memilih kredit karena iming-iming berbagai promo dan kemudahan yang ditawarkan oleh pihak agen dealer itu sendiri. Tapi apakah menurut Anda ini adalah keputusan yang benar?

Faktanya, harga motor secara tunai dan kredit jika diakumulasikan akan sangat berbeda. Ada selisih harga yang kemungkinan cukup besar dari pembelian kredit dibandingkan pada saat Anda membelinya secara cash. Namun bukan berarati cash itu lebih baik dibandingkan dengan kredit. Pasalnya, semua dikembalikan sendiri pada pilihan dan pertimbangan Anda masing-masing. Ada kalanya dengan membeli motor secara kredit tersebut akan bisa memberikan kepada Anda hasil yang terbaik.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan ilustrasi yang ada di bawah ini:

Ilustrasi Perbandingan Harga Kredit Motor Atau Cash

Misalnya Anda hendak membeli kendaraan bermotor roda dua. Ada leasing yang menawarkan kepada Anda pilihan jangka waktu pelunasan untuk 22 bulan. Maka skema pembayaran yang nantinya bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut:

  • Harga Motor secara tunai (cash): Rp 13 Juta
  • Uang muka Rp 3 juta
  • Angsuran bulanan Rp 700 ribu

Jika Anda memilih untuk membayarnya secara kredit, maka total pembayarannya adalah sebagai berikut: Uang Muka + (Angsuran X Jangka Waktu Kredit) = Rp 3.000.000 + (Rp 700.000 x 22) = Rp 18.400.000 (kredit).

Dari sini Anda bisa melihat perbedaan yang signifikan terkait harga motor saat kredit motor atau cash. Jumlah yang Anda bayarkan menjadi semakin membengkak jika diakumulasikan. Akan tetapi, di sini pilihan kredit akan memberikan Anda keuntungan signifikan, antara lain:

  1. Anda tidak perlu susah payah mengumpulkan uang Rp 13 juta yang cukup besar. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan uang sebesar Rp 3 juta untuk pembayaran sepeda motor tersebut.
  2. Anda juga berdiskusi dengan dealer yang Anda pilih mengenai pilihan cicilan kredit yang bisa disesuaikan dengan penghasilan Anda saat ini. Dari sinilah Anda akan bisa mengatur keuangan yang dimiliki dengan baik.
  3. Keuntungan lainnya adalah Anda akan bisa membawa sepeda motor tersebut pulang meski membeli motor tersebut secara kredit. Anda tak perlu menunggu uang harus terkumpul banyak.

Kerugian Membeli Kendaraan Secara Kredit

Dari penjelasan kredit motor atau cash di atas, Anda sudah mengetahui apa saja keunggulan yang bisa didapatkan apabila memilih membeli sepeda motor secara kredit. Tapi, tentu saja ada beberapa kerugian yang harus dihadapi antara lain:

  1. Apabila Anda melakukan penghitungan atau kalkulasi, maka pembayaran secara kredit akan lebih mahal dibandingkan dengan tunai.
  2. Selain itu, Anda juga harus berurusan dengan pihak bank apabila terlambat membayar cicilan kredit motor tersebut. Anda harus benar-benar membayarkan cicilan tersebut tepat waktu.
  3. Anda juga harus memahami bahwa semakin lama waktu pelunasan yang diambil, maka semakin besar pula nominal bunga yang harus Anda bayarkan.

Tips Membeli Motor Secara Kredit

Tentu saja pilihan membeli kendaraan secara kredit terkadang tak terbendung lagi ketika Anda dalam kondisi keuangan yang kurang bagus. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan antara lain adalah sebagai berikut:

Mintalah Price List pada dealer yang Anda pilih supaya Anda memperoleh informasi tentang uang muka yang dibayarkan di tahap awal. Ini akan memudahkan Anda untuk memilih cicilan yang lebih ringan. Selain itu, jangan lupa menyiapkan beberapa dokumen persyaratan, seperti KTP, Slip Gaji, Kartu Keluarga, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengajukan klaim terhadap beberapa bonus yang bisa Anda dapatkan nantinya seperti fasilitas service gratis, ganti oli gratis, dan lain sebagainya.

Mau kredit motor atau cash, tentukan sendiri sesuai kebutuhan Anda.

Загрузка...

Tags: kredit motor atau cash mana lebih untung kredit motor atau cash

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar