Bisnis Cetak Foto Digital: Peluang dan Besaran Modal yang Dibutuhkan

ads

Bisnis cetak foto digital memang menjadi salah satu bisnis dengan peluang yang sangat menjanjikan. Alasannya, seiring dengan perkembangan teknologi kamera, banyak sekali orang yang mengabadikan moment berharga bersama keluarga atau teman dalam bentuk cetakan foto. Tak heran jika bisnis yang satu ini dapat dikatakan ramai pengunjung dan memiliki target pasar yang sangat luas.

Di Indonesia sendiri, beberapa tahun belakangan mulai bermunculan usaha cetak foto baik di daerah perkotaan maupun pedesaan. Meski demikian, Anda yang masih pemula pun memiliki peluang yang sama untuk menjalankan bisnis ini dengan sukses, syaratnya cukup mudah yakni bisnis cetak foto yang Anda bangun mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan bisnis cetak foto lainnya. Pada kesempatan kali ini akan diulas secara lengkap mengenai kiat menjalankan bisnis foto cetak digital serta rincain modal yang dibutuhkan.

Gunakan Nama Unik untuk Bisnis

Tips kedua adalah menggunakan nama unik untuk bisnis Anda. Banyak orang yang beranggapan apalah arti sebuah nama? Padahal jika sebuah bisnis menggunakan nama unik, maka konsumen akan lebih mudah mengingat bisnis tersebut. Di samping itu, nama unik dalam bisnis akan membantu Anda dalam mempromosikan bisnis tersebut sehingga lebih mudah menjangkau target pasar.

Bekerja Sama dengan Komunitas Fotografi

Bagi Anda yang masih pemula dalam menjalankan bisnis fotografi, ada baiknya jika Anda juga membangun kerja sama dengan komunitas-komunitas fotografi yang ada di daerah Anda. Alasannya karena community marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling ampuh sehingga Anda tak boleh sekalipun menyepelekan hal ini.

Terlebih di Indonesia, dimana ada banyak sekali komunitas fotografi yang kerap hunting foto bersama. Dengan memanfaatkan momentum tersebut, maka dapat dipastikan bahwa bisnis Anda dapat berkembang dengan pesat. Jadi meskipun bisnis cetak foto Anda terbilang baru, namun Anda sudah berani mengambil satu langkah di depan para kompetitor yang hanya bekerja sendiri tanpa memanfaatkan komunitas.

Memanfaatkan Sosial Media untuk Promosi

Tips selanjutnya adalah memanfaatkan social media untuk melakukan promosi bisnis Anda. Seperti yang kita tahu, peran social media di era yang sarat akan perkembangan teknologi sekarang memang sangat besar. Pasalnya tak sedikit orang Indonesia yang aktif di jejaring sosial. Bahkan menurut survey, untuk media social Facebook, Indonesia menempati peringkat ke-4 sebagai negara dengan pengguna media social terbanyak.

Oleh karena itu, jika Anda ingin agar bisnis cetak foto digital dapat berkembang dengan pesat, maka Anda dapat mulai mempromosikan usaha Anda tersebut di media social. Keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan social media adalah biaya promosi gratis hingga tingkat kesuksesan dalam menjaring target pasar yang sangat tinggi.

Analisis Peluang Usaha Bisnis Fotografi

Setelah mengetahui tips dalam menjalankan bisnis cetak foto, kini saatnya bagi Anda memahami analisis peluang usaha yang satu ini, terutama kisaran modal yang dibutuhkan untuk menjalankannya. Tujuannya agar Anda dapat memperhitungkan modal serta kemungkinan keuntungan yang didapatkan. Adapun rincian modal usaha cetak foto digital adalah sebagai berikut:

Modal Awal

  • 1 set PC : Rp 4.000.000
  • Kamera digital : Rp 2.000.000
  • Printer photo : Rp 1.800.000
  • Alat transfer data : Rp 150.000
  • Meja computer : Rp 400.000
  • Biaya untuk pelatihan edit dan cetak foto : Rp 1.000.000

Total modal investasi awal adalah Rp 9.350.000,-

Biaya Operasional per Bulan

  • 1 set tinta printer : Rp 200.000
  • Kertas foto : Rp 350.000
  • Biaya listrik : Rp 75.000

Total biaya operasional per bulan adalah Rp 625.000,-

Kisaran Pendapatan per Bulan

Diasumsukan untuk 1 lembar kertas foto A4 dapat menghasilkan foto ukuran 2R sebanyak 12 lembar dengan harga jual Rp 1.500 per lembar. Jadi keuntungan dari 1 lembar kertas foto A4 adalah 12 x Rp 1.500 = 18.000,-

Apabila dalam satu hari rata-rata usaha cetak foto Anda dapat menghabiskan 10 lembar kertas A4, maka keuntungannya adalah

= Rp 18.000 x 10 x 30 hari

= Rp 180.000 x 30 hari

= Rp 5.400.000,-

Adapun keuntungan bersih yang dapat Anda peroleh per bulan adalah Rp 5.400.000 – Rp 625.000 = Rp 4.775.000,-.

ads

Dengan keuntungan sebesar itu, maka lama waktu yang dibutuhkan untuk balik modal adalah Rp 9.350.000/Rp 4.775.000 = 2 Bulan.

Itulah ulasan mengenai usaha cetak foto. Dengan pendapatan bersih yang cukup besar, tak heran jika bisnis yang satu ini memiliki banyak sekali peminat. Semoga ulasan terkait bisnis cetak foto digital pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi Anda.

Tags: bisnis cetak foto digital bisnis cetak foto digital terbaik cara menjalankan bisnis cetak foto digital

Posting Terkait "Bisnis Cetak Foto Digital: Peluang dan Besaran Modal yang Dibutuhkan"

7 Hal yang Menyebabkan Usaha Bangkrut Internal dan Eksternal
Hal yang menyebabkan usaha bangkrut harus dihindari.
6 Tips Menghindari Kerugian dalam Berbisnis Paling Ampuh
Tips menghindari kerugian dalam berbisnis – Kerugian
5 Cara Bisnis Salon Hewan dan Potensi Pendapatannnya
Cara bisnis salon hewan – Bisnis salon
7 Langkah Menyusun Bisnis Plan yang Baik agar Sukses
Bagi Anda yang berencana membangun sebuah bisnis,

Tinggalkan pesan "Bisnis Cetak Foto Digital: Peluang dan Besaran Modal yang Dibutuhkan"