4 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis MLM yang Harus Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis MLM – Saat pertama kali mendengar kata MLM atau Multi Level Marketing, pasti hal pertama yang pasti muncul di benak sebagian besar orang adalah bisnis yang penuh penipuan. Padahal tak segala hal tentang MLM itu buruk. Tentu ada sisi baik atau kelebihan dari bisnis yang satu ini. Untuk itu, berikut adalah ulasan tentang kelebihan serta kekurangan dari bisnis MLM.

Kelebihan Bisnis MLM

MLM

MLM

Meskipun memiliki citra buruk, namun bisnis berbasis jaringan ini masih kerap berhasil menarik anggota. Bagi Anda yang memang memiliki bakat dalam bisnis yang mengandalkan link atau jaringan, mungkin saja bisnis MLM cocok dijalankan. Berbicara tentang kelebihan dan kekurangan bisnis MLM, mari mulai pembahasan ini dengan kelebihan bisnis MLM. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Registrasi Cepat dan Mudah

Kelebihan dari bisnis MLM adalah proses registrasinya yang relatif cepat dan mudah. Calon anggota hanya perlu membayar biaya pendaftaran untuk menjadi anggota resmi. Biaya tersebut hanya perlu dibayar sekali dan berlaku seumur hidup. Meski demikian, biasanya sebagian besar bisnis MLM mengharuskan anggotanya untuk membeli produk dari perusahaan MLM tersebut.

  1. Produk Unik

Ciri khas dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan berbasis MLM adalah produk-produknya yang unik. Hal ini karena sebagian besar produk bisnis MLM adalah obat-obatan herbal atau produk lain yang berhubungan dengan kesehatan.

  1. Tak Membatasi Usia

Kelebihan berikutnya adalah perusahaan MLM tak pernah membatasi usia calon anggota. Hal ini karena tujuannya adalah merekrut anggota sebanyak-banyaknya demi mendapatkan keuntungan. Dengan demikian, tak peduli berapapun usia Anda, perusahaan MLM akan siap menampung Anda sebagai anggota.

  1. Anggota MLM Memiliki Motivasi Tinggi

Ciri khas dari anggota MLM adalah motivasi tinggi yang mereka miliki. Hal ini dapat ditemukan dari cara mereka berbicara dan bertingkah laku. Tak hanya itu saja, setiap anggota MLM akan sangat antusias dalam menawarkan produk bisnis MLM yang mereka ikuti para orang lain. Motivasi inilah yang harus ditiru. Setidaknya masih ada hal yang bermanfaat dari bisnis MLM.

Kekurangan Bisnis MLM

kekurangan MLM

kekurangan MLM

Berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis MLM, berikut adalah kekurangan yang harus Anda ketahui dari MLM:

  1. Produk Relatif Mahal

Produk yang ditawarkan oleh MLM biasanya dibandrol dengan harga yang lebih mahal. Untuk dapat membeli produk MLM, tentu saja Anda harus mendatangi mereka yang telah menjadi anggota dari perusahaan MLM tersebut.

  1. Upline yang Memanfaatkan Downline

Dalam dunia MLM, upline dan downline adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Sebagai informasi, upline merupakan mereka yang berhasil merekrut anggota, yang nantinya akan menjadi downline mereka. Sedangkan downline adalah orang-orang baru yang termakan rayuan dari upline.

Biasanya upline selalu memanfaatkan downline. Bagaimana bisa? Hal ini karena adanya sistem multi level marketing, maka secara otomatis keuntungan upline didapatkan dari downline. Hal ini terus hingga ke anggota paling atas. Dengan kata lain, agar downline level paling bawah dapat memperoleh keuntungan, maka harus mencari anggota baru lagi yang dapat dijadikan ‘bawahan’. Begitu seterusnya.

  1. Penuh Jebakan dan Tipuan

Tipuan dan jebakan yang dimaksud adalah terlalu banyak harapan kosong yang diberikan pada calon anggota. Para pemain bisnis MLM bahkan tak segan-segan memberikan janji manis tentang hadiah yang akan didapatkan oleh calon anggota berupa kapal pesiar, mobil mewah, rumah megah, dan sebagainya.

Inilah yang membuat bisnis MLM memiliki citra buruk karena menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan dari anggota baru. Dengan kata lain, bisnis MLM menguntungkan untuk sedikit orang namun merugikan banyak orang.

  1. Terlalu Agresif

Kerugian lain yang ada pada bisnis MLM adalah anggota yang terlalu agresif atau bahkan memaksa orang lain untuk bergabung dalam bisnis MLM mereka. Anda tentu pernah mengalami atau melihat bagaimana pemain bisnis MLM ‘memprospek’ calon anggota baru, kan? Mereka akan melakukan segala cara demi merekrut anggota baru atau selamanya akan menjadi downline paling rendah dalam bisnis MLM.

Selain kekurangan yang disebutkan di atas, masih banyak kekurangan dari bisnis MLM seperti produk tidak jelas, data perusahaan hanya fiktif, penipuan besar-besaran, tidak jujur dalam memberikan saran, dan masih banyak lagi yang lain. Demikian sedikit ulasan tentang kelebihan dan kekurangan bisnis MLM.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

https://carainvestasibisnis com/4-kelebihan-dan-kekurangan-bisnis-mlm-yang-harus-diketahui/ -kelemahan dan kelebihan multi level marketing -kelebihan dan kelemahan multi level -kelebihan dan kekurangan SLM dan MLm -kelebihan dan kekurangan multi level marketing -kelebihan bisnis multi -kebaikan dan kelemahan MLM -kata kata seperti bisnis Naturaworld -Bisnis mlm menguntungkan -untung rugi bagi perusahaan bisnis mlm -

Tags: Kekurangan Bisnis MLM Kelebihan dan Kekurangan Bisnis MLM Kelebihan dan Kekurangan MLM Kelebihan MLM

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "4 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis MLM yang Harus Diketahui"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan