5 Cara Sukses Mencari Modal Bisnis Gorengan dan Cara Memulainya

Ads

Mencari modal bisnis gorengan dan cara memulainya memang cukup mudah dilakukan. Pasalnya gorengan merupakan camilan yang disukai oleh siapa saja. Gorengan juga dapat dinikmati di manapun dan dalam keadaan apapun seperti saat bersantai bersama keluarga. Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis gorengan juga tak terlalu besar. Untuk itu, bagi Anda yang tertarik dengan peluang usaha satu ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Modal Bisnis Gorengan

 Bisnis Gorengan

Bisnis Gorengan

Sponsor

Sebelum mengulas tentang cara memulai bisnis gorengan, hal pertama adalah langkah dalam mencari modal untuk bisnis tersebut. Ada dua cara palling mudah dalam mendapatkan modal bisnis gorengan yang dapat dilakukan.

  1. Dana Tabungan

Alternatif mencari modal bisnis gorengan dan cara memulainya adalah dengan menggunakan dana tabungan atau dana pribadi. Misalnya melihat jumlah tabungan yang telah terkumpul. Apabila belum memadai, maka dapat menjual barang-barang pribadi untuk mendapatkan modal.

  1. Menjalin Kerja Sama

Apabila dana tabungan tak mencukupi untuk modal bisnis gorengan, maka tak ada salahnya menjalin kerja sama dengan orang lain atau pihak tertentu. Anda dapat meminjam modal dari teman atau mengajukan proposal pada pihak bank atau swasta.

5 Tips Memulai Bisnis Gorengan

tips memulai Bisnis Gorengan

tips memulai Bisnis Gorengan

Setelah mengetahui alternatif dalam hal mendapatkan modal, kini saatnya mengetahui bagaimana cara memulai bisnis gorengan agar sukses. Tips modal bisnis gorengan dan cara memulainya adalah sebagai berikut:

  1. Cari Lokasi Strategis

Sukses atau tidaknya sebuah bisnis sangat dipengaruhi oleh pemilihan lokasi, baik bagi Anda yang ingin membuka bisnis gorengan rumahan atau dengan media gerobak. Lokasi yang strategis akan menentukan apakah gorengan yang dijual laku keras atau tidak. Pilih lokasi yang banyak dikunjungi orang seperti depan minimarket, di pinggir jalan utama, dan di area rumah makan.

  1. Jual Gorengan Sehat

Langkah kedua adalah dengan menjual gorengan sehat. Maksudnya adalah jangan menggunakan minyak penggorengan apabila telah digunakan sebanyak 3 hingga 4 kali goreng. Gantilah minyak penggorengan dengan minyak yang baru. Minyak yang terlalu sering digunakan untuk menggoreng sangat tidak sehat dan akan menyebabkan rasa yang tidak enak saat dimakan.

  1. Inovasi pada Gorengan

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan inovasi pada gorengan yang dijual. Dalam dunia bisnis, sebuah inovasi atau ide kreatif dapat membawa pada kesuksesan. Salah satu contoh melakukan inovasi gorengan adalah menjual gorengan dengan bentuk yang tak biasa misalnya segitiga, boneka, dan sebagainya. Dengan bentuk gorengan yang unik, maka konsumen akan semakin familiar dengan bisnis gorengan yang sedang dijalankan.

  1. Jajaki Pasar

Adapun langkah keempat dari modal bisnis gorengan dan cara memulainya adalah dengan menjajaki pasar atau konsumen. Apabila semua langkah telah dilakukan namun konsumen masih sepi, berarti ada hal lain yang harus diperbaiki dalam bisnis gorengan tersebut misalnya pada harga yang terlalu tinggi atau kurangnya promosi.

  1. Rekrut Pekerja

Saat bisnis gorengan sukses, jangan ragu untuk melakukan rekruitmen pekerja penjaga gorengan. Tak hanya itu saja, cobalah membuka cabang lain di tempat yang menurut Anda strategis. Hal ini akan dengan cepat membuat bisnis gorengan Anda kian besar.

Analisis Modal Bisnis Gorengan

Modal Bisnis Gorengan

Modal Bisnis Gorengan

Analisis modal sangat diperlukan dalam bisnis, termasuk gorengan. Anda harus benar-benar teliti dalam memperhitungkan pengeluaran dan pemasukan. Berikut simulasi modal, pemasukan, dan pengeluaran bisnis gorengan.

  1. Modal Tetap
  • Beli gerobak = Rp 1.750.000
  • Peralatan masak = Rp 200.000
  • Kompor dan tabung gas = Rp 250.000

Total modal tetap yang dibutuhkan adalah Rp 2.200.000

  1. Biaya Operasional Perhari
  • Bahan baku gorengan = Rp 150.000
  • Minyak goreng = Rp 25.000
  • Gas elpiji = Rp 20.000

Jumlahnya adalah Rp 195.000 perhari.

  1. Biaya Operasional Perbulan
  • Biaya operasional: Rp 195.000 x 30 = Rp 5.850.000
  • Biaya pekerja (jika merekrut) = Rp 750.000

Total biaya operasional perbulan adalah Rp 6.600.000

iklan
  1. Penghasilan
  • Perhari: 300 gorengan @ Rp 1.000 = Rp 300.000
  • Perbulan: Rp 300.000 x 30 = Rp 9.000.000

Jadi penghasilan perbulan adalah Rp 9.000.000 – Rp 6.600.000 = Rp 2.400.000

Analisis tersebut dihitung apabila Anda hanya memiliki satu tempat untuk bisnis gorengan. Bagaimana jika telah membuka banyak cabang? Pasti hasilnya lebih menggiurkan. Demikian ulasan tentang cara mencari modal bisnis gorengan dan cara memulainya, semoga bermanfaat.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

gorengan yang dapat menghasilkan uang -

Tags: berapa modal bisnis gorengan cara memulai modal bisnis gorengan modal bisnis gorengan modal bisnis gorengan dan cara memulainya rincian modal bisnis gorengan

Posting Terkait "5 Cara Sukses Mencari Modal Bisnis Gorengan dan Cara Memulainya"

4 Jenis Bisnis Properti Tanpa Modal Paling Menguntungkan
Bisnis properti tanpa modal – Saat mendengar
7 Cara Mengembalikan Semangat Berbisnis Paling Ampuh
Mengembalikan semangat berbisnis – Banyak sekali strategi
5 Bisnis Online Wanita Karier yang Menguntungkan dan Fleksibel
Bisnis online wanita karier – Wanita karier
6 Ide Bisnis Startup yang Menjanjikan dan Potensial
Bisnis Startup yang menjanjikan – Jika Anda

Tinggalkan pesan "5 Cara Sukses Mencari Modal Bisnis Gorengan dan Cara Memulainya"