Mengapa Fake Order di Shopee Bisa Membahayakan Seller?

Shopee merupakan salah satu platform marketplace popular dengan jumlah pengguna yang besar di Indonesia. Hal inilah yang membuat banyak pelaku bisnis mulai menjajakan produk atau jasa pada platform ini.

Biasanya para konsumen akan mencari toko yang sudah berpengalaman dan menjual banyak barang sebelum mereka menentukan pilihan. Akan tetapi kini fake order shopee kini sudah marak terjadi dan dilakukan oleh banyak seller.

fake order shopee

Bahkan Sebagian besar dari mereka pun akan langsung percaya pada toko yang sudah memiliki jumlah order banyak hingga mencapai ribuan.

Dengan melihat angkat tersebut memang akan membuat para konsumen bisa mencari seller yang kredibel dan bisa dipercaya. Meskipun demikian kini para konsumen harus dituntut untuk selalu waspada agar bisa memilih toko yang kredibel tanpa menggunakan jasa fake order.

Apa Itu Fake Order?

Seiring berjalannya waktu, teknologi tentu saja semakin canggih dan berhasil membuat manusia kini sudah bisa beraktivitas dengan mudah. Bahkan dalam kegiatan jual beli pun kini bisa dilakukan secara online. Dengan memanfaatkan platform jualan online seperti Shopee kini semua orang bisa berbelanja dengan mudah dan juga cepat tanpa harus merasa khawatir.

Di platform ini toko online akan melakukan banyak hal untuk mendapatkan rating yang bagus, memiliki banyak pembeli, dan mendapatkan keuntungan besar.

Untuk mendapatkan tujuan tersebut, ternyata kini sudah mulai banyak seller Shopee yang menggunakan jasa fake order. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan fake order Shopee itu? Secara sederhana, fake order sendiri berarti pesanan palsu atau fiktif yang dilakukan oleh seller. Saat ini istilah tersebut sudah mulai dikenal oleh banyak pelaku bisnis di dunia e-commerce.

Dalam hal ini ini pihak seller akan membeli produk yang dijualnya untuk bisa meningkatkan jumlah order dan ulasan pada produk tersebut. Semakin banyak jumlah order serta ulasan yang didapatkan, tentu akan berdampak pada kepercayaan calon konsumen sehingga mereka pun akan langsung percaya dan membeli produk tersebut tanpa ragu sedikitpun.

Baca juga:  Pengertian Outsourcing dan Plus Minusnya Bagi Perusahaan

Alasan Mengapa Fake Order di Shopee Berbahaya

Meskipun cukup menguntungkan bagi seller, ternyata menerapkan fake order Shopee sendiri bisa saja berbahaya. Apa saja alasannya? Simak ulasannya di bawah ini!

Tidak Sesuai Aturan yang Dikeluarkan Marketplace

Setiap platform jualan online pasti memiliki ketentuan serta aturan yang wajib diikuti oleh semua seller dan para konsumennya. Dengan menggunakan fake order di toko tentu saja ini sudah melanggar aturan sehingga produk yang Anda tawarkan pun besar kemungkinan dapat diblokir atau dihapus oleh pihak Shopee.

Tak hanya berhenti sampai di situ saja, para pelaku bisnis yang terbukti menerapkan fake order juga bisa langsung dibekukan oleh Shopee. Hal ini tentu akan merugikan diri sendiri jika dilakukan demi kepentingan bisnis.

Menipu Calon Konsumen

Meminta pihak ketika untuk menjadi konsumen yang membeli suatu produk ini dianggap dapat meningkatkan angka penjualan secara efektif, meskipun tidak seperti kenyataannya. Bahkan bukan hanya di platform Shopee saja, kejadian seperti ini juga sering terjadi di platform belanja online lainnya sehingga membuat banyak muncul gambar atau komentar tak jelas di produk tersebut.

Padahal, kolom komentar yang tersedia di platform Shopee merupakan salah satu tempat yang sering dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Pastinya, para konsumen pun akan berharap bisa melihat review dan gambar asli dari produk tersebut. Hasil fake order Shopee umumnya tidak akan menampilkan foto produk yang sebenarnya. Hal inilah yang membuat para konsumen sering tertipu dan tidak puas dengan barang tersebut.

Baca juga : Ini Dia 5 Kunci Sukses Jualan Online di Shopee

Merugikan Seller

Dengan memanfaatkan fake order para pelaku bisnis justru bisa sama mengalami kerugian. Mengapa demikian? Sebab berjualan di Shopee dan marketplace lainnya akan dikenakan pajak. Dengan menerapkan fake order para pelaku bisnis tentu saja bisa mengeluarkan biaya untuk pesanan fiktif yang dilakukannya tersebut.

Baca juga:  5 Cara Mengajari Anak Berbisnis Sejak Dini

Hal ini tentu saja harus dihindari karena para seller tentu saja ingin mendapatkan keuntungan dari hasil penjualannya. Oleh sebab itu Anda sebagai pelaku bisnis harus mulai cerdas dalam mencari cara menarik perhatian calon konsumen. Sebab menggunakan fake order saja kurang begitu efektif jika ujung-ujungnya mengalami kerugian dalam jumlah besar.

Bisa Ditindak Secara Hukum

Jika tetap ingin menerapkan sistem fake order di platform Shopee agar keuntungan semakin meningkat, tentu saja Anda harus siap menanggung risikonya. Sebab kegiatan tersebut bisa ditindak secara hukum. Hal ini tentu saja perlu dihindari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh para pelaku bisnis.

Nah, itulah ulasan tentang fake order Shopee yang perlu dihindari oleh seller karena bisa membahayakan bisnis mereka. Jika ingin toko online ramai dikunjungi oleh banyak konsumen, pastikan Anda selalu gencar dalam melakukan promosi. Dengan demikian toko yang Anda kelola pun bisa dikenal oleh banyak kalangan.

Tags: fake order shopee fake order tokopedia

Tinggalkan pesan "Mengapa Fake Order di Shopee Bisa Membahayakan Seller?"