Sebelum Membeli Saham, Pertimbangkan 5 Hal Ini!

Apa yang harus dilakukan untuk membuat masa depan cerah dan terjamin? Jawabannya tentu saja dengan melakukan investasi. Saat ini sudah ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih oleh semua masyarakat dunia untuk mendapatkan keuntungan.

Salah satunya investasi saham dengan keuntungan besar. Akan tetapi, sebelum memilihnya ada beberapa pertimbangan sebelum membeli saham yang perlu dilakukan.

Pertimbangan tentu saja harus dilakukan secara matang agar proses investasi dapat dilakukan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun. Maka dari itu, para investor pun harus memahami apa saja kelebihan dan kekurangan dari sebuah instrumen investasi untuk meminimalisir kerugian yang diberikannya.

Apalagi risiko kerugian dari masing-masing instrumen investasi berbeda-beda. Jadi bahan pertimbangan yang dibutuhkan pun semakin banyak.

Potensi Investasi Saham

Banyaknya orang yang mulai melakukan investasi saham salah satunya untuk mendapatkan gain. Sebab perkembangan suatu perusahaan dari masa ke masa akan diikuti dengan kenaikan harga saham yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Nantinya kenaikan harga ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan penjualan saham dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli sebelumnya. Hal inilah yang membuat investasi saham semakin dilirik oleh banyak kalangan.

Keuntungan yang akan didapatkan oleh para investor berasal dari selisih yang didapatkan dari harga jual dan beli atau sering disebut dengan istilah capital gain. Selain menawarkan keuntungan yang cukup signifikan, investasi saham pun menawarkan risiko yang besar saat penjualan saham mengalami penurunan. Oleh sebab itu lakukan pertimbangan sebelum membeli saham agar proses investasi dapat dilakukan secara optimal.

Pertimbangan Sebelum Membeli Saham

Seiring berjalannya waktu jumlah investor tanah air terus mengalami peningkatan secara signifikan. Hal positif ini terjadi karena masyarakat Indonesia sudah mulai terbuka untuk melakukan investasi dengan berbagai jenis instrumen yang ada. Apalagi kaum millennial sudah mudah mendapatkan investasi tentang investasi saham. Akan tetapi, sebelum mulai berinvestasi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu.

Baca juga:  6 Cara Efektif Memulihkan Keuangan Setelah Lebaran

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan sebelum membeli saham yang harus dilakukan oleh para investor agar pintar dalam membeli sebuah emiten.

Ketahui Harga Wajar Saham

Anda tentu saja perlu melihat harga dari sebuah emiten sebelum memutuskan untuk membelinya. Harga tersebut pastinya harus sesuai dengan anggaran yang dimiliki untuk berinvestasi saham. Tak hanya itu, Anda pun harus bisa membandingkan harga pasar dan membeli sesuai dengan harga yang wajar agar tidak terlalu mengeluarkan biaya yang mahal.

Pasalnya, bisa saja harga emiten tersebut memiliki harga yang masih tinggi atau sedang diskon. Maka dari itu, ketahui harga wajar emiten saham yang bisa dilakukan dengan melakukan perhitungan melalui Book Value Per Share terlebih dahulu. Dengan demikian harga saham yang dibeli tidak akan terlalu tinggi.

Potensi Perusahaan untuk Menghasilkan Keuntungan

Jika Anda hendak membeli sebuah emiten, tentu saja keuntungan menjadi tujuan utamanya. Selain nilai yang terus mengalami peningkatan dari capital gain, keuntungan lain juga bisa didapatkan dengan dividen. Akan tetapi, tidak semua perusahaan memberikan informasi mengenai dividen kepada para investor atau pemegang saham.

Dari hal ini para investor tentunya dituntut untuk selalu jeli dalam melihat perusahaan. Sebab mereka harus memilih perusahaan yang bisa memberikan keuntungan agar proses investasi berjalan secara optimal. Untuk melihat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan, Anda tentunya bisa melihat laporan tahunan mereka terlebih dahulu. Pastikan pelajari hal-hal secara detail tentang perusahaan yang akan Anda pilih.

Hutang yang Dimiliki Perusahaan

Pertimbangan sebelum membeli saham berikutnya adalah melihat berapa besar hutang yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Sebab, Anda harus menghindari perusahaan-perusahaan yang memiliki hutang besar. Pasalnya, perusahaan seperti itu belum tentu bisa memberikan keuntungan bagi para pemegang sahamnya.

Baca juga:  Jangan Salah, Ini 6 Tips Mengenalkan Investasi Kepada Anak yang Tepat!

Baca juga : Pentingnya Memahami Apa Itu Downtrend Saham untuk Menghindari Kerugian

Lantas, bagaimana caranya untuk menghindari perusahaan dengan hutang besar? Caranya adalah dengan melihat nilai Debt to Equity Ratio (DER) dari sebuah saham. Dengan demikian Anda pun bisa mengetahui besaran hutang yang dimiliki oleh suatu perusahan.

Besaran Market Cap Emiten

Kapitalisasi atau market cap merupakan besaran dana yang perlu dikeluarkan oleh para investor untuk membeli semua saham dari suatu perusahaan. Dengan demikian dana yang dikeluarkan akan disesuaikan oleh market cap suatu perusahan. Semakin besar market cap yang dimiliki, maka perusahaan tersebut sudah berkembang dengan baik.

Oleh sebab itu muncul beberapa istilah saham seperti saham first liner, saham second liner, dan saham third liner. Umumnya suatu perusahaan yang memiliki market cap besar akan berada di first liner. Biasanya saham pada perusahaan tersebut disebut dengan istilah bluechip.

Nah, itulah beberapa bahan pertimbangan sebelum membeli saham yang perlu Anda pelajari dengan baik. Sebab setiap investasi harus dilakukan secara optimal agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam investasi saham ada banyak hal yang perlu dipelajari untuk bisa mendapatkan keuntungan.

 

Tags: daftar pertimbangan sebelum membeli saham pertimbangan sebelum membeli saham

Berikan komentar